2-3 TAHUN
22 April 2019

Moms, Lakukan 4 Hal Ini Untuk Menambah Tinggi Badan Balita Secara Alami

Cara alami juga bisa bantu menambah tinggi badan anak lho, Moms
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani


Walau pola pertumbuhan dan tinggi badan diturunkan secara genetik, usia balita jadi waktu paling ideal untuk menambah tinggi badan anak agar bisa mencapai angka maksimal.

Eits, tapi bukan berarti Moms boleh menambah tinggi badan balita dengan memberikan obat-obatan atau memaksanya menggunakan alat bantu penarik tulang ya, Moms.

Cara alami menambah tinggi badan balita sebenarnya sangat sederhana dan mungkin sudah jadi bagian dari rutinitas kecil setiap hari. Untuk tahu lebih jelasnya, silakan baca sampai selesai ya, Moms.

1. Berikan Makanan yang Tepat

moms, lakukan 4 hal ini untuk menambah tinggi badan balita secara alami 1

Coach.nine.com.au

Dikutip dari laman UPMC Children’s Hospital of Pittsburgh, human growth hormone (HGH) yang diproduksi oleh kelenjar pituitari ternyata berperan penting dalam menentukan tinggi badan balita.

Dengan makanan yang tepat, Moms bisa menstimulasi fungsi HGH untuk memperbesar peluang anak tumbuh 3-8 cm lebih tinggi dari tinggi badan yang diturunkan secara genetik.

Selain makanan tinggi protein yang penting untuk tumbuh kembang otot dan jaringan halus, tubuh balita juga butuh berbagai jenis mineral, vitamin, karbohidrat, serta asam lemak omega-3 dan omega-6.

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Moms tambahkan pada pola makan Si Kecil sebagai cara alami menambah tinggi badan:

  • Susu, yogurt, keju, dan produk olahan susu lain tinggi akan kalsium, protein, serta vitamin A, B, D, dan E yang membantu pertumbuhan sel tubuh.
  • Telur mengandung protein, kalsium, vitamin B12, dan riboflavin, juga mengurangi resiko stunting hingga 47 persen bila dimakan rutin setiap hari.
  • Fillet dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak.
  • Kacang kedelai, biji-bijian, serta berbagai jenis kacang-kacangan lain.
  • Pisang, pepaya, jeruk, semangka, mangga, apel, dan aprikot.
  • Sayuran berdaun hijau.
  • Oatmeal dan gandum utuh.

Baca Juga: 6 Nutrisi Penting Untuk Anak Tumbuh Tinggi

2. Olahraga Setiap Hari

moms, lakukan 4 hal ini untuk menambah tinggi badan balita secara alami 2

Yogauonline.com

Rutin melakukan olahraga yang dapat meregangkan otot dan tulang belakang seperti yoga dan berenang juga menjadi cara alami menambah tinggi badan balita lho, Moms.

Balita juga bisa melakukan permainan yang melibatkan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari untuk menstimulasi HGH, menguatkan tulang belakang, dan mendukung perkembangan otot yang penting untuk menambah tinggi badan.

3. Cukup Tidur

moms, lakukan 4 hal ini untuk menambah tinggi badan balita secara alami 3

Happyfamilyorganics.com

Tahukah Moms, kalau growth spurts atau percepatan pertumbuhan terjadi saat balita tidur? Agar tubuhnya dapat memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk tumbuh tinggi, pastikan balita tidur berkualitas selama 10 sampai 13 jam setiap malamnya.

Selain memastikan balita tidur siang, jangan lupa jalankan rutinitas tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari untuk menyetel jam biologisnya ya, Moms.

Baca Juga: Apakah Ada Cara untuk Menambah Tinggi Anak?

4. Jaga Postur Tubuh

moms, lakukan 4 hal ini untuk menambah tinggi badan balita secara alami 4

Schoolscreener.chriscoyne.co.uk

Menjaga postur tubuh yang baik juga penting untuk mendukung balita tumbuh tinggi dengan maksimal.

Selain dengan rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik, postur tubuh balita juga perlu dijaga dengan kebiasaan duduk dan berdiri yang baik.

Postur tubuh yang baik membuat tulang belakang berada dalam posisi ideal untuk tumbuh dengan maksimal.

Nah, apa Moms pernah mencoba cara alami menambah tinggi badan balita lainnya?

(WA/AND)

Artikel Terkait