2-3 TAHUN
22 April 2019

Lakukan 9+ Hal Ini Sebagai Cara Meninggikan Badan Anak yang Alami

Cara alami juga bisa bantu menambah tinggi badan anak lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Walau pola pertumbuhan dan tinggi badan diturunkan secara genetik, usia balita jadi waktu paling ideal untuk menambah tinggi badan anak agar bisa mencapai angka maksimal.

Eits, tapi bukan berarti Moms boleh menambah tinggi badan balita dengan memberikan obat-obatan atau memaksanya menggunakan alat bantu penarik tulang ya, Moms.

Cara meninggikan badan anak sebenarnya sangat sederhana dan mungkin sudah jadi bagian dari rutinitas kecil setiap hari. Untuk tahu lebih jelasnya, silakan baca sampai selesai ya, Moms.

Cara Menambah Tinggi Badan Anak

Apa saja yang harus Moms lakukan sebagai cara meninggikan badan anak? Yuk coba beberapa cara berikut ini, Moms.

1. Berikan Makanan yang Tepat

moms, lakukan 4 hal ini untuk menambah tinggi badan balita secara alami 1

Foto: coach.nine.com.au

Dikutip dari laman UPMC Children’s Hospital of Pittsburgh, human growth hormone (HGH) yang diproduksi oleh kelenjar pituitari ternyata berperan penting dalam menentukan tinggi badan balita.

Dengan makanan yang tepat, Moms bisa menstimulasi fungsi HGH untuk memperbesar peluang anak tumbuh 3-8 cm lebih tinggi dari tinggi badan yang diturunkan secara genetik. Ini bisa menjadi cara meninggikan badan anak yang patut dilakukan.

Selain makanan tinggi protein yang penting untuk tumbuh kembang otot dan jaringan halus, tubuh balita juga butuh berbagai jenis mineral, vitamin, karbohidrat, serta asam lemak omega-3 dan omega-6.

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa Moms tambahkan pada pola makan Si Kecil sebagai cara menambah tinggi badan anak yang alami:

  • Susu, yogurt, keju, dan produk olahan susu lain tinggi akan kalsium, protein, serta vitamin A, B, D, dan E yang membantu pertumbuhan sel tubuh.
  • Telur mengandung protein, kalsium, vitamin B12, dan riboflavin, juga mengurangi resiko stunting hingga 47 persen bila dimakan rutin setiap hari.
  • Fillet dada ayam tanpa kulit dan daging merah tanpa lemak.
  • Kacang kedelai, biji-bijian, serta berbagai jenis kacang-kacangan lain.
  • Pisang, pepaya, jeruk, semangka, mangga, apel, dan aprikot.
  • Sayuran berdaun hijau.
  • Oatmeal dan gandum utuh.

Baca Juga: 6 Nutrisi Penting Untuk Anak Tumbuh Tinggi

2. Olahraga Setiap Hari

Rutin melakukan olahraga yang dapat meregangkan otot dan tulang belakang seperti yoga dan berenang juga menjadi cara meninggikan badan anak yang alami lho, Moms.

Balita juga bisa melakukan permainan yang melibatkan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari untuk menstimulasi HGH, menguatkan tulang belakang, dan mendukung perkembangan otot yang penting untuk menambah tinggi badan.

3. Cukup Tidur

moms, lakukan 4 hal ini untuk menambah tinggi badan balita secara alami 3

Foto: happyfamilyorganics.com

Tahukah Moms, kalau growth spurts atau percepatan pertumbuhan terjadi saat balita tidur?

Agar tubuhnya dapat memproduksi hormon yang dibutuhkan untuk tumbuh tinggi, pastikan balita tidur berkualitas selama 10 sampai 13 jam setiap malamnya.

Selain memastikan balita tidur siang, jangan lupa jalankan rutinitas tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari untuk menyetel jam biologisnya sebagai cara meninggikan badan anak ya, Moms.

4. Jaga Postur Tubuh

Menjaga postur tubuh yang baik juga penting untuk mendukung balita tumbuh tinggi dengan maksimal. Ini juga menjadi cara meninggikan badan anak yang bisa dilakukan.

Selain dengan rutin berolahraga dan melakukan aktivitas fisik, postur tubuh balita juga perlu dijaga dengan kebiasaan duduk dan berdiri yang baik.

Postur tubuh yang baik membuat tulang belakang berada dalam posisi ideal untuk tumbuh dengan maksimal.

5. Latihan Peregangan

moms, lakukan 4 hal ini untuk menambah tinggi badan balita secara alami 2

Foto: Yogauonline.com

Latihan peregangan, meskipun sederhana, dapat berdampak besar pada tinggi badan anak Moms. Memperkenalkan anak pada latihan peregangan sejak usia muda akan memudahkan proses pertumbuhan tinggi badan.

Peregangan membantu memanjangkan tulang belakang dan juga meningkatkan postur tubuh anak Moms setiap saat. Lakukan peregangan sebagai cara meninggikan badan anak.

Latihannya bisa sederhana. Buat dia berdiri di atas jari-jari kakinya dengan punggung menempel ke dinding dan regangkan otot di kakinya sambil meraih ke atas secara bersamaan.

Latihan sederhana lainnya untuk peregangan melibatkan anak duduk di lantai dengan kaki terbuka lebar, dan menyentuh jari-jari kaki dengan kedua tangan.

Baca Juga: Apakah Ada Cara untuk Menambah Tinggi Anak?

6. Ajak Anak untuk Menggantung

Menggantung telah direkomendasikan selama beberapa dekade, untuk orang tua yang ingin anak-anak mereka lebih tinggi. Bergantung pada jeruji juga membantu tulang belakang memanjang, yang merupakan bagian penting untuk menjadi lebih tinggi.

Selain gantung biasa, cara meninggikan badan anak juga bisa dengan mendorong anak untuk melakukan pull-up dan chin-up. Keduanya membuat otot lengan dan punggung lebih kuat dan merupakan latihan yang bagus untuk membantunya tetap bugar.

7. Pose Yoga

cara meninggikan badan anak

Foto: parenting.firstcry.com

Latihan yoga kuno melibatkan banyak peregangan dan keseimbangan, sehingga ideal bagi anak-anak untuk membuat mereka lebih tinggi. Beberapa pose yoga sangat bermanfaat sebagai cara meninggikan badan anak yang alami.

Pose 'Surya Namaskar' membuat seluruh tubuh bekerja, meregangkan otot lengan, punggung, dan bahkan kaki dalam satu gerakan yang mengalir.

Asana bermanfaat lainnya adalah Chakrasana, yang melibatkan anak Moms berbaring telentang. Kemudian, dia harus membuat punggungnya melengkung ke atas dan menopang tubuhnya menggunakan lengan dan kakinya, untuk mempertahankan bentuk U.

Cobalah pertahankan bentuk ini selama mungkin, agar efektif.

Baca Juga: Si Kecil Malas Bergerak? Ini Tips Agar Anak Suka Olahraga

8. Lakukan Skipping

Ada beberapa latihan seperti skipping yang membantu melatih seluruh tubuh. Dikenal karena efeknya yang luar biasa pada jantung, ini juga merupakan olahraga yang bagus untuk dilakukan jika ingin anak Moms menjadi lebih tinggi.

Skipping dapat menjadi cara meninggikan badan anak karena tubuhnya meregang seluruhnya saat seseorang melompat, sehingga mendorong pertumbuhan vertikal pada anak.

Ini juga merupakan latihan kardio yang luar biasa, dan pasti akan membuatnya tetap bugar dan aktif.

9. Coba Berenang

cara meninggikan badan anak

Foto: Orami Photo Stock

Berenang adalah kebiasaan sehat lainnya, yang membantu anak Moms tetap aktif dan menikmatinya juga. Berenang adalah olahraga seluruh tubuh, artinya olahraga ini melatih semua otot di tubuh dengan efek yang luar biasa.

Berenang dalam waktu lama dapat membantu anak menghilangkan lemak berlebih yang ada, membuatnya lebih sehat secara keseluruhan dan menjadi cara meninggikan badan anak.

Latihan ini melibatkan banyak peregangan ke depan, yang memperkuat tulang belakang dan meletakkan dasar bagi tubuh yang tinggi dan sehat.

Berenang juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, tidak ada anak yang pernah mengatakan tidak untuk bermain di air!

10. Tidur

Pentingnya tidur tidak pernah cukup ditekankan, tidak hanya untuk anak-anak - untuk orang dewasa juga. Melewatkan tidur sesekali tidak memengaruhi pertumbuhan anak dalam jangka panjang.

Namun, Moms harus memastikan bahwa anak tersebut mendapatkan tidur yang nyenyak selama minimal 8 jam hampir setiap malam, agar dia menjadi lebih tinggi dan lebih kuat.

Ini karena hormon pertumbuhan pada anak-anak, HGH, dilepaskan hanya saat anak tidur. Ini memainkan peran langsung dalam membuat anak Moms lebih tinggi, jadi melewatkan tidur terus-menerus jelas merupakan ide yang buruk.

Baca Juga: Ini Tips Berjemur Matahari Pagi untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

11. Dapatkan Sinar Matahari

cara meninggikan badan anak

Foto: theconversation.com

Sinar matahari merupakan sumber Vitamin D. Jenis vitamin ini membantu pertumbuhan otot dan tulang yang akan membantu menjadi cara meninggikan badan anak yang alami.

Vitamin D juga membantu tubuh dalam menyerap kalsium dari makanan dan membantu memperkuat tulang kita.

Menurut jurnal Vitamin D and Bone Health; Potential Mechanisms, vitamin D adalah hormon sekosteriod penting untuk penyerapan kalsium dan mineralisasi tulang yang berhubungan positif dengan kepadatan mineral tulang (BMD).

Sudah terbukti bahwa kekurangan vitamin D yang berkepanjangan dan parah menyebabkan rakhitis pada anak-anak dan osteomalacia pada orang dewasa.

Jadi doronglah anak untuk meninggalkan video game-nya dan berjalan di bawah sinar matahari dan bermain.

Ingatlah untuk menjaga anak di dalam ruangan selama jam-jam terhangat sepanjang hari dan buat dia memakai tabir surya untuk melindungi kulitnya dari sinar UV matahari yang berbahaya.

Sumber vitamin D lainnya termasuk ikan berlemak dan makanan laut, jamur, dan kuning telur.

Nah, itu dia Moms beberapa cara meninggikan badan anak yang alami. Apakah Moms pernah mencoba cara alami menambah tinggi badan balita lainnya?

Artikel Terkait