TRIMESTER 1
24 Maret 2020

10 Sumber Karbohidrat Kompleks untuk Ibu Hamil

Karbohidrat kompleks ternyata baik dikonsumsi untuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Karbohidrat menjadi nutrisi penting yang wajib ada pada setiap makanan yang Moms konsumsi sehari-hari.

Terutama bagi ibu hamil, kandungan karbohidrat dibutuhkan sebagai asupan tenaga dan menjaga stamina agar tidak mudah lemas.

Namun, berbicara tentang karbohidrat, sebaiknya Moms memilih jenis karbohidrat yang tepat.

Karbohidrat kompleks dinilai paling tepat untuk dikonsumsi ibu hamil sehari-hari. Karbohidrat kompleks lebih sehat dibandingkan karbohidrat sederhana.

Lantas, apa perbedaan keduanya? Makanan apa saja yang bisa jadi sumber karbohidrat kompleks untuk bumil?

Sumber Karbohidrat Kompleks untuk Ibu Hamil

10 Sumber Karbohidrat Kompleks untuk Ibu Hamil-2.jpg

Foto: barmethod.com

American Pregnancy Association mengungkapkan, setiap nutrisi yang Moms konsumsi selama hamil memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Lalu, setidaknya Moms membutuhkan ekstra 300 kalori setiap harinya selama hamil.

Nah, untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan, Moms harus makan dari berbagai jenis kelompok makanan, termasuk buah-buahan dan sayuran, roti, biji-bijian, sumber protein, dan produk olahan susu.

Adapun jenis karbohidrat kompleks yang sebaiknya Moms konsumsi saat hamil, yaitu:

  1. Roti gandum;
  2. Beras merah;
  3. Sereal atau gandum utuh;
  4. Kentang
  5. Pasta;
  6. Kacang-kacangan, seperti kacang polong, kacang hijau, dan kacang kedelai hitam;
  7. Ubi jalar;
  8. Jagung;
  9. Sayuran, seperti brokoli, lobak, wortel, tomat, asparagus, dan bayam;
  10. Buah-buahan, seperti apel, pir, jeruk, dan stroberi.

Baca Juga: 4 Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil, Wajib Tahu!

Nah, itu beberapa sumber karbohidrat kompleks yang bisa Moms konsumsi. Namun, tetap perhatikan tingkat kematangan dan kebersihan makanan yang dikonsumsi, ya.

Hindari mengonsumsi makanan setengah matang karena dapat meningkatkan kontaminasi bakteri di dalamnya.

Jika Moms memiliki alergi pada jenis makanan tertentu, sebaiknya juga hindari agar tidak mengganggu kesehatan selama hamil.

Perbedaan Karbohidrat Kompleks dan Karbohidrat Sederhana

10 Sumber Karbohidrat Kompleks untuk Ibu Hamil-1.png

Foto: parent24.com

Menurut studi yang dikembangkan oleh University of California, Los Angeles, perbedaan karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana (simpel) terletak dari kandungan gizi di dalamnya.

Karbohidrat kompleks tentunya lebih bernutrisi dan menjadi sumber vitamin yang baik. Makanan yang termasuk ke dalam karbohidrat kompleks juga berserat tinggi sehingga tidak membuat Moms mudah lapar.

Sedangkan, karbohidrat sederhana biasanya mengandung gula tertentu dan bernilai gizi yang sedikit.

Meskipun memang mengenyangkan, sebaiknya hindari mengonsumsi karbohidrat sederhana terlalu banyak karena nutrisi yang didapatkan lebih sedikit.

“Karbohidrat kompleks dinilai lebih baik untuk ibu hamil. Semakin banyak serat, maka semakin lambat tubuh ibu hamil menyerapnya. Hal ini dapat membantu kadar gula darah ibu hamil tetap terjaga dan konsisten,” ungkap Dr. Deborah Goldman, dokter kandungan dari Women & Infants Hospital di Rhode Island.

Untuk itu, jangan mengurangi jumlah karbohidrat kompleks selama hamil, ya, Moms.

Faktanya, sekitar setengah kalori Moms selama hamil seharusnya berasal dari karbohidrat. Lebih baik, pilih sumber makanan terbaik agar nutrisinya bisa dicerna dengan baik.

Baca Juga: 4 Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisinya!

Manfaat Karbohidrat Kompleks untuk Kesehatan

10 Sumber Karbohidrat Kompleks untuk Ibu Hamil-3.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, ada baiknya Moms memang mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk menunjang kesehatan. Manfaat yang bisa didapatkan di antaranya:

  • Menurunkan kadar kolesterol darah dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung;
  • Mengurangi risiko terjadinya konstipasi atau sembelit, serta gangguan pencernaan lainnya;
  • Dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal dan mencegah terjadinya obesitas. Alasannya, karbohidrat kompleks lebih berserat dan sehat;
  • Dapat mencegah diabetes dengan memperlambat masuknya gula ke dalam darah.

Baca Juga: 4 Makanan Sumber Zat Besi untuk Ibu Hamil

Itulah manfaat karbohidrat kompleks untuk kesehatan. Nah, sebaiknya selama hamil Moms memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi agar tetap bernutrisi dengan baik.

Artikel Terkait