BALITA DAN ANAK
3 Juni 2020

10 Bahan Makanan untuk Menambah Berat Badan Anak

Pastikan asupan makanan sehari-hari Si Kecil dipenuhi gizi seimbang agar ia bisa tumbuh optimal
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tantangan terbesar seorang ibu adalah memastikan Si Kecil menerima nutrisi yang tepat setiap harinya.

Tapi, bagaimana jika Si Kecil memiliki masalah pada berat badannya ya, Moms? Salah satu caranya adalah memberikan makanan untuk menambah beratnya.

Dilansir dari NHS Digital, untuk membantu menambah berat badan Si Kecil cobalah menambah ukuran porsi mereka pada waktu makan, terutama makanan yang berbahan dasar tepung seperti roti, nasi, pasta, dan kentang.

Bahan Makanan untuk Menambah Berat Badan Anak

Jika Si Kecil kesulitan makan dalam porsi yang besar, cobalah untuk meningkatkan kepadatan energi dari makanannya, agar mereka mendapatkan berat badan yang sehat.

Memantau kelengkapan gizi pada makanan yang Si Kecil konsumsi adalah cara terbaik untuk mendukungnya. Berikut 10 bahan makanan untuk menambah berat badan anak.

1. Telur

10 Bahan Makanan untuk Menambah Berat Badan Anak 1.jpeg

Foto: Unsplash.com

Selain sehat dan kaya akan protein, telur juga dapat mengatur berat badan Si Kecil, karena bisa membantu membangun otot-otot pertumbuhan dalam jaringan tubuh anak.

Telur harus direbus dengan matang dan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat agar dapat berfungsi optimal. Dikemas dengan banyak nutrisi seperti fosfor, protein, seng dan kalsium, telur adalah makanan super untuk Si Kecil lho, Moms.

2. Ayam

Ayam adalah makanan tinggi kalori dan protein untuk Si Kecil. Ayam juga kaya akan fosfor, yakni mineral penting yang mendukung gigi dan tulang anak-anak. Selain itu, ayam juga bermanfaat untuk ginjal, hati dan menjaga kesehatan sistem saraf pusat.

Baca Juga: Resep: Penne Ayam Lemon

3. Salmon

10 Bahan Makanan untuk Menambah Berat Badan Anak 2.jpeg

Foto: Unsplash.com

Salmon mengandung asam lemak omega-3, vitamin B12, selenium, dan kolin yang mendukung fungsi otak, fungsi kognitif, dan kesehatan neurologis pada Si Kecil. Karena itu, memasak hidangan salmon yang sehat dan enak untuk Si Kecil bisa menjadi ide yang bagus, Moms.

4. Tahu

Tahu serta produk kedelai lainnya mengandung banyak protein dan asam amino esensial, zat besi nabati, kalsium, mangan, fosfor, dan selenium. Tahu adalah makanan padat nutrisi dengan protein tinggi dan lemak sehat. Kedua kandungan tersebut ideal untuk membantu pertumbuhan Si Kecil.

5. Susu

10 Bahan Makanan untuk Menambah Berat Badan Anak  3.jpg

Foto: Pixabay.com

Susu adalah sumber protein yang baik untuk anak-anak. Jika Si Kecil tidak toleran laktosa, cukup satu gelas susu setiap hari dapat membantu menjaga pola makan yang sehat. Susu mengandung lemak, kalsium, dan vitamin esensial yang membantu membangun tulang yang kuat.

Baca Juga: Anak Alergi Susu Sapi, Apa Yang Harus Mama Lakukan?

6. Pisang

Pisang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, buah ini dikemas dengan nutrisi yang membantu melancarkan pencernaan Si Kecil.

Pisang tinggi akan serat, kalium, magnesium, dan vitamin B6, yang menjadikannya salah satu makanan berkalori tinggi terbaik untuk anak-anak. Buah ini juga sangat ideal untuk menambah berat badan Si Kecil, Moms.

7. Kacang-kacangan

10 Bahan Makanan untuk Menambah Berat Badan Anak 4.jpeg

Foto: Unsplash.com

Rata-rata, setiap 100 gram kacang mengandung hampir 300 kalori. Kacang juga merupakan sumber serat larut yang sangat baik serta baik untuk mengatur gula darah. Jika Si Kecil pemilih makanan, cobalah memberinya kacang yang dimasak dengan gaya favorit mereka.

8. Yoghurt

Hampir setiap anak menyukai yoghurt karena rasanya yang asam, manis, dan menyegarkan. Ternyata kalsium dan kalium yang terdapat pada yoghurt dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Yoghurt merupakan sumber bakteri baik atau biasa disebut “prebiotik” yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan penyerapan gizi yang tepat untuk tumbuh kembang Si Kecil.

Baca Juga: Resep Salad Buah Saus Yoghurt

9. Oatmeal

10 Bahan Makanan untuk Menambah Berat Badan Anak 5.jpeg

Foto: Unsplash.com

Makanan seperti oatmeal juga banyak disukai anak-anak, Moms. Banyak kreasi makanan yang dapat dibuat dengan bahan dasar oatmeal, seperti cookies oatmeal, tim oatmeal, atau bubur oatmeal.

Selain itu, oatmeal mengandung karbohidrat, protein, dan pati yang menjadikannya pilihan makanan yang baik untuk Si Kecil. Oatmeal juga kaya akan serat tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan Si Kecil.

10. Madu

Selain menjadi alternatif pemanis makanan selain gula, madu terdiri dari 17% air dan 82% karbohidrat, yang dapat membantu menambah berat badan Si Kecil.

Pemanis alami ini memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga tidak menambah kadar gula tinggi dalam tubuh anak-anak. Moms bisa menambahkan sesendok madu ke dalam makanan yang biasa dikonsumsi Si Kecil.

Moms, itulah 10 bahan makanan untuk menambah berat badan anak yang bisa dicoba di rumah. Dengan asupan makanan harian yang sehat, Si Kecil akan lebih mudah menambah berat badannya.

Pastikan Si Kecil mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh sesuai dengan usianya agar ia bisa tumbuh secara optimal.

Artikel Terkait