KESEHATAN
23 September 2019

10 Cara Merawat Rambut Bagi Perempuan Berhijab

Ternyata merawat rambut yang tertutup jilbab juga membutuhkan usaha yang cukup ekstra
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Beberapa wanita berhijab pasti berfikir bahwa hidupnya akan sedikit lebih mudah dari wanita lain yang tidak menutup rambutnya dengan jilbab.

Pasti cukup banyak Moms berhijab yang berpikir bahwa dirinya tidak perlu lelah mendesain, memotong, mewarnai, dan melakukan perawatan rambut lainnya.

Meskipun mahkota ini tidak bisa dipamerkan lagi, setidaknya terkesan bahwa cara merawat rambut yang ditutup dengan jilbab akan lebih sederhana dari mereka yang tidak menggunakannya.

Padahal sama seperti bagian tubuh lainnya, mengerti cara merawat rambut yang tepat juga merupakan hal penting untuk dilakukan Moms yang berhijab.

Terlebih, bagi beberapa orang yang terbiasa menutup rambutnya hingga lebih dari 8 jam, dikarenakan padatnya aktivitas harian di luar rumah. Padahal rambut Moms juga membutuhkan sinar matahari agar bisa memperoleh vitamin yang penting.

“Rambut akan lebih kering dan lebih kasar dari biasanya. Ini membutuhkan banyak pelembap atau moisturizer agar terlihat tetap sehat,” kata Aidan Steele, Stylist Senior Toni & Guy Salon di Dubai.

Baca Juga: Intip Yuk Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya

Berikut adalah daftar tips cara merawat rambut yang sehari-hari ditutupi oleh hijab. Ini mudah dan penting karena meskipun berhijab, memastikan rambut terawat dengan sehat dan baik juga hal yang utama untuk dilakukan.

Biarkan Rambut Bernapas

Rambut Terurai

Cara merawat rambut yang pertama adalah membiarkannya menghirup oksigen. Tentu saja bisa dimengerti ketika Moms harus menjaga agar rambut di kepala tetap tertutup sepanjang hari, itu artinya rambut Moms akan terus diikat seperti sanggul dan disimpan di dalam kain tipis atau bandana lapisan jilbab.

Maka ketika Moms tiba di rumah, yang terbaik adalah membiarkan rambut moms terurai atau diikat longgar agar rambut dan kulit kepala bernapas.

Ketika di rumah, Moms harus tetap mengenakan jilbab karena tinggal dengan non-mahram, pastikan untuk mengenakan jilbab yang longgar.

Membiarkan rambut terkena matahari pada waktu-waktu tertentu juga baik agar dia mendapatkan vitamin yang dibutuhkan.

Jika tidak memungkinkan, Moms dapat membuka jendela dan menemukan tempat di rumah yang memberikan sinar matahari secara maksimal.

Pastikan untuk melakukan ini setidaknya 30 menit dalam seminggu sehingga rambut Moms bisa mendapatkan vitamin D.

Ketahui Jenis Rambut Moms

7 Tips Anti Aging untuk Menjaga Tampilan Rambut -3.jpg

Setiap orang memiliki jenis rambut yang berbeda. Apakah itu lurus, keriting atau bergelombang, dan sangat penting bagi Moms untuk memahami kebutuhan mahkota Moms tersebut.

Jenis rambut Moms akan menentukan seberapa sering Moms perlu mencucinya dan produk yang tepat untuk digunakan.

Bagi yang memiliki rambut lurus, mungkin bisa mencuci rambut setiap hari dan tentunya dengan memastikan tetap menggunakan kondisioner setiap empat atau lima hari.

Sementara Moms yang memiliki rambut keriting atau bergelombang, memiliki cara merawat rambut yang berbeda lagi.

Rambut bergelombang disarankan untuk dicuci tiga kali seminggu dan memberikan kondisioner setiap satu atau dua kali sehari.

Gunakan Sampo yang Tepat

shampoo

Cara merawat rambut yang terbaik bagi Moms yang berhijab adalah menggunakan kondisioner tanpa bilas agar rambut Moms menjadi lebih lembap.

Dokter Kulit Zoe D. Draelos, MD, FAAD, Profesor Konsultan di Sekolah Kedokteran Universitas Duke, Durham, mengatakan bahwa menggunakan sampo dan kondisioner secara teratur dapat memperbaiki penampilan rambut.

Sampo 2-in-1 mampu menghilangkan minyak dari kulit kepala serta membersihkan dan mengkondisikan rambut.

"Cari produk yang mengandung dimetikon, yang tersedia dalam sampo, kondisioner, spray, dan krim rambut. Bahan ini telah terbukti melembapkan serta meningkatkan kilau rambut," ujarnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Rambut Keriting

Jangan Ikat Terlalu Erat

ikat-rambut.jpg

Ternyata mengikat rambut terlalu erat bukanlah cara merawat rambut yang tepat karena menyebabkan kerontokan yang bisa terjadi untuk jangka panjang.

Penting juga untuk dicatat bahwa mengikat rambut Moms dengan cara yang sama setiap hari akan menyebabkan kerusakan rambut.

Alih-alih pengikat rambut atau aksesoris elastis, Moms bisa menggunakan aksesoris rambut scrunchies untuk meringankan ketegangan pada rambut.

Moms juga bisa mengikat lebih longgar atau setidaknya ikat longgar rambut Moms dalam jangka waktu satu hari dalam seminggu. Ini akan mencegah tegangnya akar rambut karena terus-menerus ditarik ke belakang.

Atur Waktu dan Cara Mencuci Rambut

yuk keramas yg benarhero banner magz (1510x849)

Ketika Moms tinggal di negara dengan iklim tropis atau panas seperti Indonesia, terus membungkus rambut dalam jilbab bisa membuat rambut gatal.

Moms sangat dianjurkan untuk tidak mencuci rambut setiap hari karena ini akan menghilangkan minyak alami di rambut dan menyebabkan rambut kering dan rapuh.

Selain itu, cobalah untuk menghindari mandi air panas dan sebaliknya gunakan air dingin.

Ternyata air dingin cukup disarankan sebagai salah satu cara merawat rambut, karena dapat menutup pori-pori rambut untuk sementara waktu dan meratakan folikel rambut Moms. Ini dapat membuat akar menjadi lebih kuat, sehingga mengurangi kerontokan rambut.

Trim Ujung Rambut

potong-ujung-rambut.jpg

Sampaikan salam perpisahan pada ujung rambut Moms yang bercabang. Cara merawat rambut dengan melakukan trim ini tidak perlu dilakukan dengan panjang yang signifikan karena tujuannya memang hanya memotong ujung rambut saja.

Lakukan setiap empat hingga enam minggu sekali untuk memastikan rambut Moms tumbuh dengan sehat.

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Dikonsumsi, Ini 7 Resep Masker Wajah Oatmeal

Keringkan Rambut Sebelum Mengenakan Jilbab

Keringkan Rambut

Apakah Moms sepakat bahwa sebelum mengenakan jilbab, tampaknya kita membutuhkan banyak langkah yang harus dilalui? Namun, itu bukan berarti Moms tidak perlu mengeringkan rambut.

Mengeringkan rambut sangat penting untuk mencegah kerusakan pada akar rambut terutama ketika Moms mengikat rambut pada saat basah. Ini hanya akan membuat rambut Moms lepek dan bau.

Draelos juga memberikan saran yang sama tentang cara merawat rambut ini, yaitu membiarkan rambut mengering jika memungkinkan.

"Saat menggunakan pengering rambut, jangan langsung menggunakan pengaturan panas tertinggi. Mulailah dari pengaturan panas terendah terlebih dahulu, kemudian secara bertahap meningkatkan panas," ujarnya.

Gunakan Produk dan Alat yang Tepat

cara cepat memanjangkan rambut - kondisioner

Produk alami sangat dianjurkan karena tidak mengandung bahan kimia buatan. Minyak alami seperti minyak argan dan minyak kelapa adalah produk alami yang bagus untuk menutrisi rambut Moms.

Minyak alami yang tepat untuk jenis rambut Moms akan memastikan kulit kepala tetap tenang dan lembap. Ini juga akan membuat rambut Moms bersinar alami.

Dr. Heather Woolery-Lloyd, Dokter Kulit asal Florida, mengatakan kelenjar minyak pada rambut seringkali menyusut seiring waktu. Ini berbanding terbalik dengan produksinya yang kurang efisien.

"Obat terbaik untuk kondisi ini adalah dengan mengoleskan minyak ke rambut Anda. Minyak argan sangat melembapkan dan dapat ditemukan di sejumlah produk rambut," ujarnya seperti dikutip dari huffpost.com

Selain itu juga gunakan sisir dan sikat alami karena akan lebih lembut pada rambut dan akan membantu mendistribusikan minyak alami rambut secara merata. Ini secara signifikan akan mencegah rambut rontok dan patah.

Bahkan menyisir rambut ternyata salah satu cara merawat rambut yang diperlukan karena dengan ini, Moms dapat meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala agar menjadi lebih sehat.

Gunakan Kain Sutra Saat Tidur

woman-bed-wearing-sleeping-mask_1303-13034.jpg

Ternyata membungkus rambut dengan syal sutra atau menggunakan sarung bantal sutra adalah salah satu cara merawat rambut yang banyak digunakan wanita berhijab.

Kain sutra dinilai dapat membantu mempertahankan kelembapan rambut Moms terutama jika rambut sudah rapuh. Syal sutra atau bantal sutra juga akan membantu mengendalikan sebum rambut.

Jika tidak, rambut Moms mungkin kehilangan kelembapan alami ketika tidur dan akhirnya menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbangi kehilangan tersebut.

Ini mungkin tidak dapat terlihat jelas dalam semalam, tetapi mengambil langkah-langkah konsisten jangka panjang bukanlah hal yang buruk.

Pilih Jilbab Terbaik

hero hal yang dialami hijaber

Cara merawat rambut untuk Moms yang berhijab adalah mewaspadai gaya dan bahan jilbab.

Penting untuk mencoba dan mencatat jilbab seperti apa yang terasa enak untuk Moms, mengingat banyak bahan jilbab ditemukan pada zaman modern ini seperti katun, sutra, satin dan jersey.

Moms akan membutuhkan sesuatu yang bisa membuat rambut tetap bernapas dan tidak terlalu kencang untuk mencegah kerontokan rambut.

Baca Juga: Gampang Dibuat, Ini 6 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak

(RIE/ERW)

Artikel Terkait