BALITA DAN ANAK
7 Juni 2020

10 Ide Nama Anak Laki-laki Jawa Kuno

Cek pilihannya di sini, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bagi Moms dan Dads yang berasal dari suku Jawa, tentu memberikan calon buah hati nama Jawa merupakan hal penting. Selain menjaga tradisi, pemberian nama Jawa pada anak juga dipercaya akan membawa peruntungan bagi calon anak kelak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta, nama bagi masyarakat Jawa lebih dari sekadar simbol tetapi juga memiliki makna yang dalam. Nama menjadi kekuatan jiwa yang juga diharapkan menyatu dengan karakter sang anak. Nama dalam budaya Jawa juga merupakan harapan dari orang tua untuk anak.

Ide Nama Anak Laki-laki Jawa Kuno

Moms dan Dads yang belum memiliki ide nama anak laki-laki Jawa kuno untuk calon buah hati, jangan khawatir. Berikut ini rangkuman Ide nama anak laki-laki Jawa kuno yang unik dan tentu saja memiliki makna yang bagus. Yuk, mari disimak!

1. Abiseka

Abiseka memiliki arti dinobatkan, dijunjung, dan diangkat. Anak dengan nama Abiseka diharapkan menjadi sosok yang diangkat derajatnya dan memiliki kedudukan yang baik, serta selalu dihormati oleh orang-orang sekitarnya karena sifatnya yang mengayomi.

Baca Juga: 7 Inspirasi Nama Anak Laki-Laki Islam dalam Alquran

2. Baskara

Ide Nama Anak Laki-laki Jawa Kuno 1.jpg

Foto: pixabay.com

Baskara dalam bahasa Jawa memiliki arti penerang. Anak dengan nama ini diharapkan tumbuh menjadi anak yang selalu bersinar. Nama Baskara menjadi salah satu nama penyanyi indie yang mulai naik daun dengan lagu hits-nya yang berjudul “Secukupnya.”

Tentunya hal ini bisa menjadi inspirasi bahwa nama Baskara dapat mendatangkan keberuntungan lho, Moms. Tertarik menggunakan nama yang satu ini, Moms?

3. Candrakanta

Candrakanta bermakna anak laki-laki yang memiliki keindahan seperti rembulan atau permata yang indah. Anak dengan nama ini diharapkan akan tetap bersinar dalam keadaan sesulit apapun. Semoga anak dengan nama ini benar-benar seindah bulan ya, Moms.

4. Dewandaru

Ide Nama Anak Laki-laki Jawa Kuno 2.jpg

Foto: pixabay.com

Dewandaru memiliki arti Tuhan yang memberikan wahyu dan kebahagian. Anak laki-laki dengan nama ini dipercaya sebagai utusan Tuhan yang amanah dan mampu memberikan kebahagiaan bagi orang tua maupun orang-orang disekitarnya.

5. Hardinata

Ide nama anak laki-laki Jawa kuno selanjutnya adalah Hardinata. Hardinata memiliki arti yang tidak kalah keren, Moms, yakni setinggi gunung. Anak dengan nama Hardinata diharapkan memiliki kedudukan yang tinggi karena sesuatu dalam dirinya.

Bagi Moms dan Dads yang pecinta alam, nama ini cocok untuk diberikan untuk Si Kecil agar kelak nantinya ia juga dapat mencintai dan turut melestarikan keindahan alam.

Baca Juga: 10 Nama Anak Laki-laki Terinspirasi dari Alam

6. Jaladra

Ide Nama Anak Laki-laki Jawa Kuno 3.jpg

Foto: pixabay.com

Moms dan Dads yang menginginkan nama anaknya berawalan huruf J dan unik bisa menggunakan nama ini. Jaladra berarti laki-laki yang menyejukkan keluarga.

Anak dengan nama ini diharapkan dapat menjadi penenang yang senantiasa berbakti kepada orang tua dan tidak panik dalam menghadapi masalah.

7. Lingga

Lingga adalah nama anak laki-laki dari bahasa Jawa dan juga berasal dari bahasa Sansekerta. Dalam agama Hindu, Lingga adalah patung untuk pemujaan atau sembahyang. Sedangkan dalam bahasa Jawa, Lingga memiliki arti lambang kesuburan dan kekuasaan.

Anak dengan nama ini diharapkan tumbuh menjadi seseorang yang memiliki kekuasaan dan amanah dalam menggunakan kekuasaannya. Seseorang dengan nama Lingga diharapkan menjadi pemimpin yang bijak dalam menjalankan tugasnya dan peduli terhadap sesama.

8. Tarachandra

Ide Nama Anak Laki-laki Jawa Kuno 4.jpg

Foto: pixabay.com

Bagi Moms dan Dads penggemar astronomi tetapi ingin menamai anak laki-lakinya dengan nuansa Jawa, maka Tarachandra adalah pilihan yang cocok.

Tarachandra berarti anak yang lahir di bawah sinar bulan dan bintang. Anak dengan nama ini dipercaya akan selalu bersinar dalam kegelapan dan menghiasi kebahagian orang tuanya seperti bulan dan bintang.

9. Pamungkas

Apabila Moms dan Dads sedang menantikan anak terakhir dan menginginkan nama Jawa kuno, maka nama ini adalah pilihannya. Sebab, nama Pamungkas memiliki arti yang terakhir.

Nama ini cocok menjadi pilihan nama depan, tengah dan belakang karena mudah digabungkan dengan nama-nama lain.

Baca Juga: 15 Inspirasi Nama Unik Bayi Laki-Laki Berawalan Huruf B

10. Yagami

Ide Nama Anak Laki-laki Jawa Kuno 5.jpg

Foto: pixabay.com

Moms dan Dads menginginkan nama anak laki-laki bernuansa Jawa dengan awalan Y dan modern? Nama Yagami adalah pilihan tepat. Nama ini bermakna “mengingatkan pada Tuhan.”

Anak dengan nama Yagami diharapkan menjadi anak yang soleh dan selalu ingat pada Tuhannya serta selalu berada di jalan yang benar. Nama yang indah ya, Moms!

Baik dari suku Jawa atau bukan, nama sebenarnya merupakan sesuatu yang penting karena berisi doa dan harapan orang tua pada anaknya. Semoga ide nama anak laki-laki Jawa kuno di atas dapat membantu Moms dan Dads dalam memilih nama bagi si buah hati, ya!

Artikel Terkait