BALITA DAN ANAK
29 Mei 2020

10 Inspirasi Nama Anak Laki-Laki dari Bahasa Yunani

Nama anak dari bahasa Yunani akan menjadi nama yang unik, modern, namun kaya akan sejarah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, punya nama yang berunsur klasik dan unik bisa menjadi salah satu daya tarik bagi Si Kecil, lho. Nama yang tidak umum dan berbeda dari yang lain menjadi keuntungan karena bisa lebih mudah diingat orang.

“Berkreasilah dengan banyak variasi nama, pilihlah nama yang mencerminkan arti dan makna yang baik serta berisi harapan untuk mereka,” kata Sherri Suzanne, seorang konsultan nama bayi dan pendiri My Name For Life.

Ide Nama Anak Laki-Laki Yunani

Nama-nama anak dari bahasa Yunani dikenal dengan arti dan makna yang penuh sejarah dan budaya, karena keindahan negaranya.

Mitologi Yunani banyak menginspirasi nama-nama bayi, begitu pula Yunani kuno yang menjadi tempat kelahiran budaya demokrasi, filsafat, dan kedokteran.

Nah, berikut ini ide nama anak laki-laki Yunani yang klasik dan unik yang bisa Moms dan Dads berikan pada Si Kecil yang akan lahir nanti.

1. Lucas

Ide Nama Anak Laki-Laki Yunani 1.jpg

Foto: Unsplash.com

Ide nama anak laki-laki Yunani yang pertama ialah Lucas. Nama ini berasal bahasa Latin yang berarti “Pembawa Cahaya.”

Nama ini juga merupakan turunan dari bahasa Latin Loukas. Nama Lucas menjadi nama yang sangat populer di beberapa negara-negara Latin, Yunani termasuk salah satunya.

2. Alexander

Nama Alexander berarti “laki-laki yang membela.” Nama ini berasal dari nama Yunani Alexandros, yang terdiri dari unsur-unsur “alexein”, yang berarti pertahanan dan “aner” berarti manusia. Cocok diberikan pada Si Kecil yang diharapkan menjadi orang yang berani, Moms.

Baca Juga: 5 Ide Tema Pesta Ulang Tahun Anak Laki-Laki

3. Sebastian

Ide Nama Anak Laki-Laki Yunani 2.jpg

Foto: Unsplash.com

Moms, ingin punya nama anak laki-laki yang terdengar modern tapi tetap punya unsur klasik? Sebastian bisa jadi pilihan tepat. Sebastian berasal dari bahasa Latin yang berarti “Orang dari kota kuno Sebastia.”

Nama Sebastian merupakan nama yang bersejarah, karena digunakan untuk nama karakter dari karya dari beberapa seniman seperti Twelfth Night dari Shakespeare dan Brideshead Revisited karya Evelyn Waugh.

4. Theodore

Theodore adalah nama turunan dari bahasa Latin, yang merupakan variasi dari nama Yunani Theodoros.

Jika ingin memberikan nama yang religius, nama ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki arti yang mendalam yaitu “hadiah dari Tuhan.” Nama Theodore cukup populer di negara seperti Prancis dan Swedia.

Baca Juga: 10 Nama Bayi Laki-Laki Berawalan X Yang Unik Untuk Si Kecil

5. Elias

Ide Nama Anak Laki-Laki Yunani 3.jpg

Foto: Unsplash.com

Moms, nama yang satu ini memiliki arti kuat dan karismatik. Nama ini berasal dari bahasa Yunani kuno.

Variasi nama lain yang serupa yaitu Elijah dan Eli juga tak kalah populer. Nama ini banyak digunakan oleh orang-orang Inggris pada abad 18 karena dinilai memiliki makna bersejarah.

6. Nicholas

Ingin Si Kecil menjadi pemenang? Nama ini mungkin bisa menjadi pilihan, Moms. Nicholas memiliki arti “orang-orang yang menang”, yang berasal dari bahasa Yunani yaitu Nikolaos.

Nama Nicholas juga merupakan nama klasik yang populer di tahun 90-an karena memiliki arti “kuat dan filosofis.”

7. Jason

Ide Nama Anak Laki-Laki Yunani 4.jpg

Foto: Pixabay.com

Nama Jason pernah menjadi nama yang populer di tahun 1970-an, lho. Nama ini memiliki arti “menyembuhkan.”

Popularitas nama Jason masih bertahan hingga saat ini, mengingat bahwa Jason adalah nama Yunani klasik untuk anak laki-laki.

8. Damian

Nama Damian sangat populer digunakan di Inggris dan Irlandia. Ide nama anak laki-laki Yunani yang satu ini punya arti “menaklukkan.”

Nama Damian mulai banyak digunakan sejak 1950-an dan hingga saat ini masih menjadi salah satu nama teratas yang paling populer.

Baca Juga: Unik! Ini 11 Inspirasi Nama Bayi Laki-laki dari Bahasa Turki

9. Peter

Ide Nama Anak Laki-Laki Yunani 5.jpg

Foto: Pixabay.com

Nama Peter boleh jadi nama yang tidak umum. Hal inilah yang membuatnya menarik. Peter ini berasal dari bahasa Yunani yaitu Petros yang berarti “batu.” Anak dengan nama Peter diharapkan bisa memiliki kepribadian yang kuat.

Nama Peter juga dikenal sebagai nama yang religius karena banyak digunakan oleh tokoh-tokoh penting dalam agama Kristen, seperti Santo Petrus, Sang Penjaga Gerbang Surga.

10. Stephen

Moms, Nama Stephen merupakan salah satu nama klasik yang sangat disukai. Nama ini juga populer di Irlandia, lho. Stephen berasal dari bahasa Yunani yang berarti “mahkota.”

Meski nama Stephen merupakan nama yang sangat umum di Yunani, nama ini bisa menjadi ide yang bagus karena mengandung harapan sang anak bisa menjadi pemimpin dan bersinar seperti mahkota.

Moms, bagaimana ide nama anak laki-laki Yunani di atas? Sudah cukup memberikan inspirasi nama sang buah hati nanti? Apapun nama yang diberikan, pastikan nama tersebut memiliki arti dan makna yang baik, ya!

Artikel Terkait