BALITA DAN ANAK
18 Mei 2020

10 Makanan yang Cocok untuk Masak Bareng Balita

Hidangan ini bisa dibuat dengan praktis dan mudah
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fitria Rahmadianti
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms pernah masak bareng balita? Kalau belum, Moms perlu mencobanya. Sebab, penelitian di jurnal Appetite edisi Agustus 2014 membenarkan bahwa melibatkan anak dalam pengolahan makanan bisa meningkatkan asupan sayuran.

Ada beberapa hidangan yang cocok dikerjakan bersama Si Kecil karena sangat mudah dibuat. Sebagian perlu dimasak, sedangkan sebagian lagi hanya perlu disusun.

Tentu, saat melibatkan Si Kecil dalam mengolah makanan, Moms perlu menyesuaikan dengan kemampuannya sudah sejauh mana.

10 Makanan yang Cocok Acara Masak Bareng Balita

Ini 10 makanan yang cocok untuk acara masak bareng balita, seperti disarikan dari situs web yummytoddlerfood.com dan childhood101.com:

1. Burger

burger, masak bareng balita.jpg

Foto: mali maeder from Pexels

Ada beberapa komponen yang perlu disiapkan untuk membuat burger, yakni roti burger, daging burger, sayuran seperti selada dan tomat, saus seperti mayonaise dan saus tomat, serta keju jika suka.

Cara paling gampang melibatkan balita saat membuat burger adalah mengoleskan saus ke roti serta menyusun burger.

Bagian Moms adalah memanggang roti dan daging burger sebentar di teflon serta mencuci dan memotong sayuran.

Baca Juga: 7 Burger Terenak di Jakarta

2. Chocolate Truffle

chocolate truffle, masak bareng balita.jpg

Foto: tookapic from Pixabay

Truffle dibuat dengan cara mencampurkan biskuit marie yang sudah dihancurkan, kental manis, serta cokelat bubuk. Semuanya lalu diaduk sampai rata.

Setelah itu, adonan dibulat-bulatkan, digulingkan dalam meses, dan disimpan di kulkas sampai mengeras. Chocolate truffle siap disajikan. Gampang, kan?

3. Easy Dessert Box

dessert box, masak bareng balita.jpg

Foto: andreas160578 from Pixabay

Dessert ini juga memakai biskuit, tapi ditambah whipped cream dan potongan buah.

Dalam sebuah wadah, Moms bisa mengajak Si Kecil menata whipped cream, biskuit, dan potongan buah secara berselang-seling. Mau berapa lapis, tergantung selera dan ketersediaan bahan.

Jika sudah selesai, dinginkan dulu di kulkas, baru nikmati dengan sendok. Yummy!

Baca Juga: 4 Rekomendasi Minuman dan Dessert Regal yang sedang Hits

4. Muffin

muffin, masak bareng balita.jpg

Foto: CHaLO from Pexels

Berbeda dengan cupcake, resep muffin umumnya tidak perlu di-mixer, cukup diaduk dengan spatula atau whisk. Moms bisa mengajak Si Kecil menakar bahan, menuang, dan mengaduk.

Dari resep dasar muffin, Moms bisa memvariasikannya dengan tambahan seperti chocochips, cinnamon, pisang lumat, dan lain-lain.

5. Pancake

pancake, masak bareng balita.jpg

Foto: Gratisography from Pexels

Ajak Si Kecil menakar serta mencampur tepung, baking powder, garam, dan gula. Lalu, minta ia menuangkan susu, mentega leleh, dan telur. Kemudian, ini bagian yang paling ia suka, yaitu mengaduknya!

Saat harus menuangkan adonan ke wajan datar serta membalik pancake, Moms perlu mendampinginya. Pancake yang sudah hangat siap disajikan bersama madu, es krim, potongan buah, atau apapun yang Si Kecil suka!

Baca Juga: Resep Pancake Lembut untuk Sarapan Si Kecil ala Breakfast Hotel

6. Pizza

pizza, masak bareng balita.jpg

Foto: Buonesia Carol from Pexels

Moms bisa menggunakan adonan roti pizza beku (pizza base) yang tersedia di supermarket agar lebih praktis. Ajak Si Kecil mengoleskan saus pizza serta menata topping yang ia suka di atas roti pizza.

Setelah selesai, Moms bisa memasukannya ke oven. Pizza yang sudah matang siap disantap oleh keluarga selagi hangat.

7. Roti dan Selai

roti selai, masak bareng balita.jpg

Foto: Steve Buissinne from Pixabay

Masak bareng balita yang satu ini mudah sekali Moms, karena sekaligus bisa mengajarkan Si Kecil untuk mandiri menyiapkan sarapannya sendiri.

Moms tinggal mengajarkan Si Kecil cara mengambil selai kesukaannya dan mengoleskannya ke selembar roti tawar. Rotipun siap dinikmati.

Baca Juga: Resep Selai Nanas untuk Teman Makan Roti

8. Salad

salad, masak bareng balita.jpg

Foto: Marianna OLE from Pexels

Ajak Si Kecil mencuci buah atau sayur, mengupas dan memotong-motongnya, lalu memasukkan semua bahan ke wadah. Buah lunak seperti pisang, stroberi, dan kiwi bisa dipotong dengan pisau plastik.

Tuangkan saus salad, aduk rata, dan salad siap dinikmati. Cara ini bisa membuat Si Kecil lebih tertarik kepada buah dan sayur, lo, karena ia yang menyiapkannya sendiri.

9. Cokelat Sereal

cornflake chocolate, masak bareng balita.jpg

Foto: tokopedia.net

Ini bisa jadi sajian untuk tamu yang hanya membutuhkan dua bahan, yakni cokelat leleh dan sereal sarapan.

Keduanya bisa diaduk rata, lalu disendokkan ke paper cup, dan didinginkan di kulkas. Wah, ini, sih, bisa langsung habis dicemili Si Kecil!

Baca Juga: Yuk Berkreasi Membuat MPASI Sereal dan Buah Untuk Si Kecil!

10. Smoothie Bowl/Smoothies

smoothie bowl, masak bareng balita.jpg

Foto: ratrvash from Pixabay

Potong buah dan sayur, masukkan ke blender, tuangi susu atau air dingin serta gula, lalu proses dengan blender. Si Kecil akan antusias melihat bahan-bahan tadi lumat dan menyatu dengan mesin “ajaib” yang disebut blender.

Smoothies bisa langsung dinikmati. Atau, jadikan smoothie bowl dengan menuangkannya ke mangkuk dan memberikan topping seperti irisan buah, kacang, biji-bijian, dan lain-lain.

Semoga bisa menginspirasi Moms untuk masak bareng balita, ya. Kira-kira, hidangan apa lagi yang cocok untuk acara masak bareng balita?

Artikel Terkait