PROGRAM HAMIL
24 Oktober 2019

10 Penyebab Anovulasi (Tubuh Tidak Melepaskan Sel Telur) dan Cara Mengatasinya

Sangat mengganggu program hamil!
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Dalam program hamil, waktunya Moms berhubungan dengan Dads di saat yang tepat, yakni saat ovulasi atau tubuh mengeluarkan sel telur, tentu jadi pengaruh utama. Selain itu, kualitas sperma dan sel telur juga jadi faktor penting. Namun, ada pula masa ketika tubuh tidak mengeluarkan sel telur sama sekali sehingga menggagalkan program hamil. Keadaan ini disebut anovulasi.

"Anovulasi adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi terjadi, tapi tubuh tidak mengeluarkan sel matang sehingga tentunya menyebabkan kehamilan tidak bisa terjadi, atau keadaan infertilitas," kata Dr. David Mayndra Utama, Sp.OG dari Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.

Wanita yang mengalami kondisi ini biasanya mengalami gangguan siklus menstruasi, bisa lebih pendek dari 21 hari atau lebih panjang dari 36 hari.

Berikut ini adalah beberapa penyebab siklus anovulasi.

1. Obesitas

Obesitas

Penumpukan lemak di perut wanita obesitas diketahui dapat menghasilkan hormon laki-laki yang mencegah matangnya folikel dan menyebabkan anovulasi (penurunan ovulasi).

2. Gangguan Tiroid

tiroid3.jpg

Baik hipotiroidisme (kekurangan hormone tiroid) maupun hipertiroidisme (kelebihan hormone tiroid) dapat menyebabkan anovulasi.

Baca Juga: 4 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Hipotiroid

3. Hiperprolaktinemia

Jenis Baju Menyusui.jpg

Hiperprolaktinemia adalah kondisi ketika tubuh kelebihan hormon prolaktin. Fungsi prolaktin dalam tubuh adalah untuk meningkatkan produksi ASI setelah melahirkan, dan memengaruhi kadar hormon estrogen dan testosteron pada wanita dan pria. Jika terjadi gangguan hormon, anovulasi bisa terjadi.

4. PCOS

Pcos-Hero.jpg

Pada kondisi ini terdapat ketidakseimbangan kadar hormon antara hormon estrogen dan progesteron, sehingga bisa menyebabkan anovulasi

Baca Juga: Simak 5 Mitos Seputar PCOS yang Wajib Moms Ketahui

5. Perimenopause

Menopause dini.jpg

Merupakan kondisi transisi tubuh dari usia reproduksi aktif menuju usia menopause. Dalam kondisi ini, menstruasi bisa saja terjadi, namun tubuh tidak berovulasi.

6. Tumor Kelenjar Hipofisis, Kelenjar Adrenal, atau Ovarium

penyebab perut sebelah kanan sakit 3.jpg

Tumor kedua kelenjar tersebut dapat mempengaruhi keseimbangan hormon pada tubuh. Sementara itu, tumor ovarium mengganggu pelepasan sel telur itu sendiri.

7. Penggunaan Obat-Obatan Steroid

Penyakit Lupus - Mengonsumsi Obat Steroid.jpg

Steroid adalah jenis obat-obatan hormon yang dapat mengurangi peradangan. Kortison dan prednison adalah jenis steroid umum yang diresepkan untuk berbagai penyakit, seperti alergi, lupus, asma, dan banyak lagi. Namun, obat ini juga dapat mengganggu hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi.

Baca Juga: Membesarkan Otot dengan Steroid Anabolik, Pengaruhi Kesuburan Pria?

8. Penggunaan Pil KB

Pil KB - Shutterstock - vox.com.jpg

Pil KB mengandung hormon yang dirancang untuk menghentikan ovulasi dan mencegah kehamilan. Bisa termasuk bentuk sintetis dari hormon progesteron dan estrogen, atau hanya progesteron saja.

9. Stres Berat

Stres Bisa Jadi Penyebab Depresi pada Remaja-2.jpg

Stres berat bisa mengurangi dorongan hormon pelepas gonadotropin hipotalamus sehingga menyebabkan anovulasi.

10. Penyebab Lainnya

Hal-hal yang Harus Ditanyakan ke Dokter Seputar Hasil Cek Darah Rutin 02 .jpg

Untuk penyebab yang tidak diketahui, Moms perlu mengunjungi dokter untuk berkonsultasi.

Cara mengatasinya tentunya berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya, namun secara umum perbaikan gaya hidup dengan istirahat cukup, makan makanan yang bergizi, rajin berolahraga, dan menjaga berat badan ideal adalah cara yang paling lazim dan sangat efektif dalam mengatasi kondisi anovulasi ini.

Nah, sekarang Moms tahu penyebab anovulasi alias tubuh tidak mengeluarkan sel telur. Jadi, hindarilah penyebab tersebut selama program hamil.

(DIN)

Artikel ini dibuat bekerja sama dengan Klinik Fertilitas Bocah Indonesia.

Artikel Terkait