GAYA HIDUP
21 Agustus 2019

10 Bahan Rahasia untuk Atasi Gigitan Serangga secara Alami

Tidak hanya gatal, gigitan nyamuk terkadang membuat setres. Coba atasi dengan bahan natural agar tidak melulu menggunakan cream berbahan kimia
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Musim panas bisa dibilang menjadi waktu terbaik bagi serangga seperti tungau, nyamuk, semut api, dan serangga jenis lainnya untuk menyerang.

Namun yang sangat menyebalkan dari gigitan serangga dan nyamuk adalah bagaimana mereka meninggalkan bekas luka yang menggelembung disertai gatal sebagai bentu reaksi alergi kecil dari apa yang mereka bawa.

"Gejala-gejala seperti rasa sakit, gatal, bengkak, adalah karakteristik dari reaksi alergi yang terlokalisir," kata David Cutler, MD, family medicine doctor at Providence Saint John's Health Center, dikutip dari womenshealthmag.com.

Namun perlu diingat, bahwa jika gigitan serangga berubah menjadi ruam gatal yang sangat mengganggu di seluruh tubuh, itu adalah tanda adanya respons yang lebih dari sistem kekebalan tubuh dan bisa memerlukan perhatian medis.

Kulit yang gatal karena gigitan serangga atau yang oleh dokter disebut pruritus, bisa terasa tidak nyaman dan membuat frustrasi. Untungnya, banyak pengobatan alami dan rumahan dapat membantu meredakan sakit.

Menurut National Eczema Association (NEA), orang yang sering mengalami gatal kulit mungkin mengalami kesulitan tidur dan mungkin menjadi depresi atau cemas. Mereka juga dapat menggaruk kulit mereka sehingga menyebabkan luka menjadi pecah dan rentan terhadap infeksi.

Meskipun rasa gatal adalah bagian tak terhindarkan dari gigitan serangga, Moms tidak harus menderita Karena harus memikirkannya. Cobalah salah satu dari pengobatan rumahan ini untuk mendapatkan pertolongan sementara pada gigitan serangga.

Baca Juga: 3 Penyebab Balita Sering Digigit Nyamuk, Salah Satunya Familiar!

1. Madu

madu

Foto: deagonbulkmeats.com.au

Dokter Kulit bersertifikat Whitney Bowe MD, menjelaskan jika tidak keberatan dengan keadaan yang sedikit lengket, madu adalah anti-inflamasi yang dapat membuat rasa gatal sedikit berkurang.

2. Susu dan Air

Campuran susu skim dengan air merupakan kombinasi yang pas untuk membantu mengurangi gatal dari gigitan serangga. Moms hanya perlu mencelupkan kain tipis seperti saputangan ke dalam campuran kombinasi tersebut dan mengoleskannya ke kulit yang gatal.

Protein dari susu pada kombinasi tersebut bisa meringankan gatal pada kulit yang terserang gigitan serangga.

3. Pasta Gigi

pasta gigi

Foto: gizmodo.com

"Kebanyakan pasta gigi memiliki rasa mint atau peppermint, dan bahan mentol yang bisa menciptakan sensasi dingin pada kulit," kata Dr. Neal Schultz MD, dokter kulit di New York.

Menurutnya, otak manusia akan lebih cepat menangkap perasaan atau sensasi tersebut dibandingkan sensasi gatal. Selain itu, sifat pasta gigi yang astrigen juga membantu mengurangi pembengkakan.

4. Minyak Lavender

Dr. Schultz mengatakan mengoleskan beberapa tetes minyak lavender ke gigitan serangga yang gatal atau menyakitkan dapat membantu menghilangkan sensasi gatal tersebut dan membantu menahan diri untuk tidak menyentuh dan menggaruknya.

Tetapi, perlu diingat, minyak dari merek yang berbeda mungkin memiliki tingkat keasaman berbeda dari yang lain. Jadi, pastikan untuk mengencerkannya dengan setetes atau dua tetes air terlebih dahulu.

5. Menggunakan Es

Ice cube

Foto: waterfactorytx.com

The American Academy of Dermatology menyarankan bahwa cara yang baik untuk meringankan kulit gatal adalah memberikan rasa dingin. Menggunakan kain basah atau menggunakan es pekat pada daerah yang terkena selama 5-10 menit bisa membantu meringankan gatal hasil gigitan serangga.

Pendinginan membantu mengurangi peradangan yang mungkin berkontribusi pada gatal. Pilihan lain yang bisa dilakukan adalah menaruh krim dan lotion pelembab di dalam lemari es. Ini akan memastikan mereka memiliki efek pendinginan langsung ketika seseorang menerapkannya pada kulit.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Menghilangkan Bekas Gigitan Serangga yang Menghitam di Kulit Balita

6. Oatmeal

Moms mungkin memiliki bahan ini pada suatu tempat di dapur, tetapi tidak pernah terpikir bahwa menggunakannya di kulit bisa mengatasi gatal karena gigitan serangga. Padahal ternyata, oatmeal memberikan sifat penyembuh, pelembab, dan antioksidan untuk kulit.

Amy Lawhorne, Vice President for the pest control company Mosquito Squad, mengatakan bahwa oatmeal dapat mengurangi rasa gatal dan mengurangi pembengkakan yang mirip ketika tersengat serangga.

"Cukup campur oatmeal dengan air untuk membuat pasta dan oleskan langsung ke gigitan serangga. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan," katanya.

7. Lidah Buaya

lidah buaya

Foto : prevention.com

Tumbuhan ini terkenal dengan banyak manfaatnya untuk rambut, tetapi hanya sedikit orang yang menyadari bahwa tumbuhan ini juga dapat meredakan sengatan dan gatal akibat gigitan serangga.

Maureen Roland, RN, clinical education specialist and outreach coordinator at Banner Poison and Drug Information Center, mengatakan ketika sebagian besar serangga menggigit atau menyengat, tubuh akan menghasilkan reaksi histamin terhadap area tersebut.

"Gel lidah buaya yang dapat diperoleh dari bagian dalam daun dan dioleskan langsung ke tempat gigitan atau menyengat, memiliki sifat antibakteri, karena salisilat alaminya," ujarnya seperti dikutip rd.com.

8. Cuka Apel

Selama berabad-abad, cuka sari apel telah digunakan secara alami untuk mengobati banyak kondisi medis, dari infeksi hingga masalah glukosa darah.

Jika Moms digigit oleh serangga, oleskan setetes cuka pada hasil gigitan tersebut. Cuka dapat membantu mengurangi sensasi yang menyengat dan membakar. Ini juga dapat bertindak sebagai desinfektan alami jika Moms terlalu sering menggaruk.

Jika Moms membutuhkan lebih banyak bantuan karena terganggu oleh gigitan serangga, cobalah merendam handuk dalam air dingin dan cuka apel lalu oleskan pada gigitan atau rasa gatal tersebut. Jika Moms memiliki banyak gigitan pada kulit, encerkan 2 gelas cuka dalam bak mandi hangat dan berendam selama 20 menit. Perlu diingat, apabila mengalami iritasi kulit karena ramuan ini, maka hentikan perawatan tersebut.

9. Bawang Putih

Bawang Putih

Foto: stylesatlife.com

Mengoleskan bawang putih pada gigitan serangga yang menjengkelkan adalah pengobatan rumahan yang mudah untuk mengatasi gigitan nyamuk atau serangga.

Tetapi sebelum mengiris bawang putih dan mengoleskannya pada luka gigitan serangga yang Moms terima, ketahuilah bahwa mengoleskan bawang putih langsung ke luka atau gigitan kulit dapat menyebabkan rasa terbakar yang menyengat.

Untuk mengakalinya, cincang bawang putih segar dan aduk dengan lotion tanpa aroma atau minyak kelapa. Salep atau krim ini akan membantu mengurangi potensi pedihnya bawang putih tetapi masih memungkinkan mendapatkan bantuan dari efek anti-inflamasi dan antibakteri alami dari bawang putih.

Baca Juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Gigitan Kutu Kasur pada Balita

10. Teh chamomile

Chamomile adalah obat alami yang umum untuk banyak penyakit. Saat dioleskan ke kulit, teh ini bisa mengurangi peradangan, meringankan iritasi kulit, dan mempercepat penyembuhan.

Rendam kantong teh yang diisi dengan bunga Chacomolie kering tersebut dan biarkan selama 30 menit. Kemudian peras kelebihan air dari kantong teh, dan oleskan langsung ke gigitan serangga tersebut. Biarkan selama 10 menit dan bersihkan area tersebut dengan lap basah.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi gatal karena gigitan serangga. Selamat mencoba Moms!

(RIE/ERN)

Artikel Terkait