PERNIKAHAN & SEKS
11 September 2019

10 Tanda Istri Selingkuh, Salah Satunya Mengubah Penampilan

Perselingkuhan adalah salah satu masalah yang paling menantang dalam rumah tangga
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Jika pasangan pulang larut malam dan berbau aroma orang lain, tentu saja itu pertanda ada yang salah. Namun seringkali, tanda-tanda kecurangan dalam hubungan atau perselingkuhan terlihat jauh lebih halus.

Esther Perel, Psikoanalisis dan Penulis The State of Affairs: Rethinking Infidelity, mengatakan bahwa pria kerap menanggung beban paling banyak dari tuduhan perselingkuhan.

Namun meskipun begitu, kebenarannya adalah bahwa jumlah perempuan yang dilaporkan tidak setia atau istri selingkuh telah meningkat sebesar 40% sejak tahun 1990.

Kenyataan tentang istri selingkuh, memiliki peluang dan kefatalan yang sama dengan suami yang selingkuh.

Tidak seperti rekan pria pada umumnya, perempuan begitu pandai mempertahankan kehidupan ganda yang sering kali hampir mustahil. Akhirnya, suami cukup sulit untuk membedakan istri selingkuh dan istri setia.

Baca Juga: 5 Drama yang Dibintangi Oh Yeon Seo, Aktris Korea yang Dituduh jadi Selingkuhan Ahn Jae Hyun

Bagaimana caranya tahu pasangan kita berselingkuh? Biasanya, jika suami telah mengajukan pertanyaan ini, artinya sudah ada kecurigaan bahwa dia adalah korban istri selingkuh atau setidaknya ada sesuatu yang salah dalam rumah tangganya.

Tanda-tanda perselingkuhan terlihat berbeda pada setiap hubungan. Namun, tentu saja ada beberapa benang merah yang bisa dicari atau dilihat oleh suami.

Ketika suami memiliki kekhawatiran singkat tentang perilaku baru atau sangat khawatir bahwa istrinya bisa berselingkuh. Ini dia beberapa tanda istri selingkuh:

Perubahan Penampilan

berias.jpg

Perubahan atau peningkatan penampilan bisa jadi tanda istri selingkuh yang pertama. Jika istri tiba-tiba terlihat mulai rajin berolahraga dan makan lebih sehat, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka berusaha ingin tampil lebih menarik bagi seseorang.

Istri selingkuh juga bisa melakukan perubahan lainnya seperti potong rambut, perawatan diri di salon, serta mengenakan pakaian dalam baru.

Namun, dia menunjukan perubahan-perubahan tersebut saat bekerja atau berada di lingkungan luar rumah secara signifikan. Sementara ketika di rumah, istri yang selingkuh biasanya hanya akan tampil biasa saja.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu untuk Kecantikan Wajah

Membersihkan Jejak Digital

jejak Digital

Apa yang ada pada benak suami ketika istrinya menghapus semua foto dan jejak digital kebersamaan mereka di media sosial? Hati-hati karena ini juga merupakan tanda istri selingkuh di belakang suami.

"Jika istri Anda membersihkan media sosialnya dari bukti hubungan Anda sebagai suami istri, itu bisa menjadi tanda bahwa dia secara jelas menyembunyikannya agar terlihat seperti lajang," kata Bethany Ricciardi, Seorang Pakar Seks dan Relationship, situs dewasa TooTimid.

Memutarbalikan Fakta

memutarbalikkan-fakta.jpeg

Ironisnya, cara mudah untuk mengetahui apakah seorang istri selingkuh atau setia adalah dengan melihat seberapa sering dia menuduh suaminya yang berselingkuh.

Istri selingkuh akan memproyeksikan kesalahannya sendiri pada sang suami dan yang kerap terjadi adalah bentuk permainan saling menyalahkan atau memutarbalikan fakta.

Ricciardi menjelaskan bahwa tuduhan-tuduhan tersebut sering kali merupakan pertanda rasa bersalah pada diri sendiri dan ini akan dikaitkan dengan pasangan.

Biasanya tuduhan ini dijadikan bahan pembelaan oleh istri, sehingga ia menjadi teralihkan dari kesalahannya.

"Ini cukup manipulatif, karena istri menjadi sangat marah ketika ada dalam percakapan ini. Suami mulai berpikir bahwa istrinya membenci selingkuh dan tidak akan pernah melakukannya, padahal pada kenyataannya mereka mungkin sudah melakukannya," ujarnya.

Meminta Hal-hal Baru di Kamar

3 Cara Menjaga Keintiman Hubungan Setelah Jadi Orangtua Baru 03.jpg

Para suami mungkin tidak berpikir dua kali ketika istrinya meminta untuk mencoba posisi baru di kamar tidur. Padahal, gerakan baru ini dapat menimbulkan kekhawatiran yang berhubungan dengan perselingkuhan.

"Istrimu bisa jadi mempelajari trik-trik baru ini dari seseorang dan jika orang itu bukan kamu, maka kemungkinan besar dia mendapatkan inspirasi dari pria lain," kata Don-David Lusterman, Ph.D. , penulis Infidelity: A Survival Guide.

Baca Juga: Merencanakan Kehamilan, Cek 10 Tanda Fisik Memasuki Masa Subur

Perubahan Kata Sandi Ponsel

password.jpg

Sebagian besar pasangan yang telah mencapai titik perkawinan, akan percaya satu sama lain untuk berbagi kata sandi pada akun pribadi masing-masing.

Jadi jika entah karena apa seorang istri mengubah kata sandinya dengan alasan takut diretas, maka ada kemungkinan terdapat sesuatu di akunnya yang dia tidak ingin dilihat oleh suami.

Sesuatu itu bisa jadi seperti pesan sensual untuk orang-orang yang bukan suaminya dan tentu saja ini adalah pertanda istri selingkuh.

Memperlakukan Suami Layaknya Teman daripada Kekasih

3 Manfaat Seks untuk Kecantikan, Luar Biasa!.jpg

"Jika interaksi suami dan istri sebagai pasangan menjadi kurang romantis, itu adalah tanda bendera merah istri selingkuh," kata Jonathan Bennett, seorang konselor dan pelatih kencan bersertifikat.

Jika suami melihat istrinya tidak lagi menggunakan kata-kata seperti "honey" atau "baby" dalam percakapan, misalnya, Bennett mencatat bahwa ini mungkin karena sang istri berusaha mendorong hubungannya dengan suami agar kembali pada zona pertemanan.

Tidak Jujur

bohong.jpg

Raffi Bilek, LCSW-C, Direktur Baltimore Therapy Center atau sebuah konselor perkawinan, mengatakan ketika hubungan pasangan suami istri tidak berhasil, salah satunya mungkin menemukan pasangannya akan semakin jarang berbagi atau bercerita. Tidak jujur atau terbuka satu sama lain juga bisa menjadi pertanda istri selingkuh.

"Berbagi adalah tanda kedekatan dan koneksi. Ketika itu memburuk, maka hal ini adalah pertanda bahwa hubungan Anda mulai terputus. Tentu saja jika seseorang dalam pasangan berbuat curang atau selingkuh, maka pasangan lainnya kemungkinan akan mendapatkan banyak keheningan dan kebingungan tentang apa yang sebenarnya mereka lakukan pada saat ini," katanya.

Selalu Membawa Ponselnya ke Manapun

handphone merusak kulit

Beberapa orang benar-benar tidak bisa pisah dengan ponsel mereka, sehingga terus membawanya karena terbiasa dan agar bisa membunuh kebosanan yang dialami.

Jika itu terjadi pada seorang istri, maka hal tersebut bukan berarti tanda istri selingkuh. Masalah muncul jika ini tiba-tiba terjadi dan merupakan hal baru yang dilakukan istri.

"Mereka tahu bahwa pesan dari pria lain bisa datang kapan saja," kata Ramani Durvasula, Ph.D., penulis buku Should I Stay or Should I Go?

Selain itu, jika istri menggunakan ponsel yang sama untuk berkomunikasi dengan kekasinya, maka ia akan memastikan dering atau suara ponsel tersebut berada dalam keadaan off. Ini untuk menghindari pertanyaan tentang panggilan atau SMS yang masuk.

Menghabiskan Banyak Waktu Masing-masing

phone.jpg

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh David C. Atkins, Ph.D., seorang psikolog klinis di Travis Research Institute, salah satu tanda peringatan awal perselingkuhan adalah menghabiskan banyak waktu secara terpisah.

Para suami dari wanita yang berselingkuh mencatat bahwa mereka tidak perlu melakukan hal apapun lagi ketika hubungannya sudah sampai pada titik pernikahan.

Hal ini akhirnya menyebabkan istri selingkuh karena mereka bebas berkeliaran dengan seseorang yang bersedia mengambil peluang yang ada.

Baca Juga: Ini Dia 5 Tempat Wisata di Bali yang Instagrammable Banget

Rasa Tidak Bahagia yang Diungkapkan

not-happy.jpg

Banyak suami tidak menganggap serius ketika istrinya mengatakan bahwa dia tidak bahagia. Sebuah jajak pendapat dilakukan oleh National Opinion Research Center dan melibatkan 544 orang dewasa yang berselingkuh.

Ditemukan bahwa wanita atau istri yang mengatakan mereka 'tidak terlalu bahagia' dalam pernikahan, hampir empat kali lebih mungkin untuk berselingkuh dibandingkan dengan wanita yang menggambarkan diri mereka 'sangat bahagia' dalam pernikahan.

Selain itu, hampir setengah dari wanita yang disurvei percaya bahwa perselingkuhan dapat diterima jika pernikahan nampak tidak bahagia.

(RIE/ERW)

Artikel Terkait