FASHION & BEAUTY
17 Maret 2018

10 Tata Cara Keramas Mudah Untuk Dapatkan Rambut Cantik

Dapatkan rambut yang sehat dan bercahaya!
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Tahukah Moms, dengan keramas di rumah saja, Moms sudah bisa mendapatkan rambut cantik dan bercahaya?

Moms tidak perlu datang ke salon untuk melakukan perawatn rutin. Rambut indah juga tergantung dengan pola dan cara keramas.

Yuk cari tahu bagaimana mendapatkan rambut cantik dan indah hanya dengan 10 tata cara keramas ini!

1. Sesuaikan intensitas keramas dengan jenis rambut

Fungsi keramas memang untuk membersihkan rambut. Namun, bukan berarti Moms harus keramas setiap hari. Sesuaikan intensitas keramas dengan jenis rambut Moms karena semakin sering keramas bisa membuat kulit kepala dan rambut menjadi kering.

Untuk rambut kering, keramaslah 1-2 kali seminggu dan rambut normal sebaiknya keramas 2-3 hari sekali. Adapun untuk rambut berminyak, sebaiknya keramas setiap hari.


2. Perhalus rambut dengan sisir sebelum dicuci

Agar rambut lebih lembut, pastikan Moms menyisir rambut terlebih dahulu sebelum membasahinya. Membiarkan rambut kusut saat keramas akan membuat rambut Moms mengalami kerontokan.

3. Buka pori-pori kulit kepala sebelum menggunakan shampoo

Membasuh rambut dengan air hangat terlebih dahulu bisa membantu membuka pori-pori kulit kepala serta membantu membersihkan kulit kepala dari kotoran dan debu.

Keramas dengan air hangat sangat berguna untuk rambut berminyak karena air hangat dapat membantu mengurangi kandungan minyak di kepala.

4. Usapkan shampoo mulai dari ujung lalu ke akar
Untuk mengaplikasikan shampoo, pastikan Moms meletakkannya ke telapak tangan sebelum mengusapkannya ke kepala.

Mulailah dari ujung rambut ke akar rambut untuk menghindari penumpukan shampoo yang dapat menyebabkan munculnya ketombe.

5. Conditioner dapat menghaluskan ujung rambut

Setelah memakai shampoo, jangan lupa bilas kembali menggunakan air hangat. Moms bisa memakai conditioner di ujung rambut untuk menjaga kelembutannya dan menghindari ujung rambut kering, rapuh serta bercabang.

6. Tutup pori-pori setelah menggunakan shampoo

Setelah didiamkan beberapa menit, basuh kembali rambut dengan menggunakan air hangat yang diikuti dengan air dingin.

Air dingin berguna untuk menutup kembali pori-pori kulit kepala Moms yang telah dibersihkan menggunakan shampoo dan menyerap berbagai formula dari produk shampoo, sekaligus menjaga kelembapan rambut.

7. Keringkan dengan handuk mulai dari akar

Untuk mengeringkan rambut dengan handuk, pastikan Moms memulainya dari akar rambut lalu menuju ke ujung rambut.

Jangan menggosok-gosok rambut dengan kasar dengan menggunakan handuk karena bisa menyebabkan rambut kering, rapuh serta bercabang. Lebih baik, tepuk perlahan rambutmu dengan handuk.

8. Gunakan vitamin sebelum mem-blow rambut

Untuk tatanan yang lebih rapih, menggunakan blow rambut akan membuat penampilan Moms lebih maksimal.

Namun, usahakan untuk tidak menggunakan blow rambut lebih dari dua kali seminggu karena akan membuat rambut mudah kering. Jangan lupa pakai vitamin agar rambut tidak kering akibat panas dari hair dryer.

9. Perhatikan jarak hair dryer tidak kurang dari 15cm

Saat menggunakan hair dryer, pastikan kamu tidak meletakannya lebih dekat dari 15cm karena akan membuat rambut menjadi kering dan juga pecah-pecah.

10. Mulai blow dari bagian belakang

Mem-blow rambut memang ada triknya. Untuk hasil yang maksimal, pastikan Moms membagi rambut dengan beberapa bagian dan mulailah mem-blow dari bagian belakang ke depan.

Mudah kan, Moms? Yuk, segera coba di rumah dan dapatkan hasilnya!

presented by shopback
Artikel Terkait