KESEHATAN
20 Juli 2019

10 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Tanpa harus berkeringat, tubuh bisa langsing. Let's try!
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh Dina Vionetta

Pernahkah Anda merasa ada hari-hari di mana Anda tidak berminat untuk olahraga? Tentu saja pernah dan hal itu wajar. Anda pasti berpikir harus menyediakan waktu khusus ke gym untuk menurunkan berat badan.

Eits, tunggu dulu. Para ahli di bawah ini memberi kita tips untuk menurunkan berat badan tanpa harus meluangkan waktu khusus untuk berolahraga, lho. Yuk, intip.

1. Konsumsi Protein

berbagai protein

"Protein membutuhkan 25% energi lebih besar untuk dicerna dibandingkan karbohidrat, sehingga memungkinkan untuk mengurangi asupan kalori tanpa mengurangi porsi makan," ungkap Jamie Sullivan, seorang personal trainer di California.

Tubuh Anda akan bekerja lebih keras untuk mencerna filet salmon dibanding semangkuk pasta, yang artinya Anda bisa makan lebih banyak porsi ikan dibanding mi instan yang akan membuat ukuran pinggang lebih besar.

Mengonsumsi protein juga menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon leptin, yang menyebabkan Anda merasa lebih kenyang sehingga Anda bisa mengurangi porsi makan.

2. Jangan Lewatkan Waktu Ngemil

Cegah Gemuk, Ini 6 Tips Agar Tak Ngemil Tengah Malam

Jika Anda melewatkan waktu ngemil, Anda malah akan berakhir dengan memakan makanan yang salah atau makan terlalu banyak saat waktu makan berikutnya. Jadi, siapkan camilan sehat di sekitar Anda, misalnya buah-buahan, oatmeal, rumput laut, atau yoghurt.

Baca Juga: 6 Camilan Ini Bersahabat Baik dengan Berat Badan, Lho!

3. Konsumsi Matcha

teh hijau-1.jpg

Matcha merupakan bubuk green tea yang asal muasal popularitasnya dimulai dari Jepang. Matcha mengandung epigallocatechin gallate atau EGCG yang membantu untuk menghentikan tumbuhnya sel-sel gemuk.

Matcha juga memiliki banyak keuntungan lainnya bagi kesehatan, misalnya meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, memerangi kanker, memperlambat penuaan, dan lain-lain.

4. Perbanyak Waktu Tidur

perbanyak waktu tidur

Saat Anda lelah dan begadang, Anda cenderung akan merasa lapar dan malah ngemil, yang menyebabkan bertambahnya berat badan. Kurang tidur akan berdampak pada hormon lapar dan kenyang--ghrelin dan leptin--yang malah menyebabkan Anda lebih sulit untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Tak Disangka, 5 Hal Ini Bisa Menyabotase Waktu Tidur Balita

5. Campur Garam Dalam Air

Soda dan Risiko Kanker yang Bisa Serang Tubuh - minum air putih.jpg

Agar tetap terhidrasi, Anda membutuhkan tambahan garam dalam air yang diminum. "Air membutuhkan elektrolit seperti sodium, potasium, dan klorida agar bisa diserap dengan baik," ucap Jenny Westerkamp, seorang ahli diet di Chicago. Inilah alasan mengapa ada kandungan garam dalam sports drinks.

Jenny merekomendasikan untuk menambahkan sedikit garam dalam air Anda sebelum diminum. "Elektrolit dalam garam akan mendorong air masuk ke dalam sel-sel yang seharusnya, daripada hanya membiarkan air tersebut 'lewat' hingga menyebabkan Anda harus buang air setiap menit." Pasokan energi Anda akan bertambah jika Anda terhidrasi, serta keinginan untuk makan pun akan berkurang.

6. Ayo, Bersih-Bersih!

Punya Perabot Berbahan Kayu Ini 4 Cara Membersihkannya -2.jpg

Manfaatkan energi Anda yang berlebih dengan merapikan barang-barang di sekitar Anda. Aktivitas ini akan mempercepat kerja metabolisme Anda dan membakar kalori. Begitu juga aktivitas seperti berbicara di telepon, bersih-bersih, dan menari sambil memasak.

7. Batasi Menonton Acara Memasak

6 Kesalahan Dasar Ini Sering Dilakukan Saat Moms Memasak Telur -3.jpg

Para wanita yang menyalin resep sambil menonton acara memasak memiliki berat badan lebih dibanding yang tidak, itulah yang ditemukan riset terbaru. Cukup salin saja resepnya. Untuk bersenang-senang, mungkin Anda bisa menonton acara kompetisi memasak saja.

8. Gunakan Transportasi Umum

gunakan transportasi umum

Riset juga membuktikan bahwa kalangan yang menggunakan transportasi umum memiliki berat badan yang lebih kecil dibanding kalangan yang berkendara sendiri. Hal ini dimungkinkan karena orang yang menggunakan transportasi umum harus berjalan kaki lebih banyak dan berdiri lebih lama saat naik kereta atau bis.

9. Stop Menargetkan Angka Timbangan

top image cara menurunkan berat badan pakai timbangan

Riset membuktikan bahwa Anda malah akan bertambah berat badan jika target Anda adalah menurunkan angka di timbangan. Jika Anda terlalu fokus pada angka yang mau dicapai, Anda malah akan tergoda untuk menyerah bahkan sebelum memulai.

Fokuslah saja untuk memiliki kebiasaan gaya hidup lebih sehat--gunakan ukuran pakaian atau selfie mingguan untuk pedoman jika Anda membutuhkannya--dan penurunan berat badan akan terjadi dengan sendirinya.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet? Pakai Timbangan Saja!

10. Buat Jurnal

1 jurnal

Tulis makanan apa saja yang Anda konsumsi setiap harinya dalam sebuah jurnal. "Anda akan lebih jujur pada diri sendiri mengenai apa dan seberapa banyak makanan yang Anda makan," ungkap Shoshana Werber, seorang ahli diet.

Survey dari sebuah aplikasi penurunan berat badan, Lose It! menemukan bahwa pengguna yang menuliskan makanan sehari-harinya lebih banyak mengalami penurunan berat badan dibanding yang tidak.

Anda akan benar-benar ingin makan sehat karena menulis "salmon panggang dengan brokoli dan nasi, ditambah dua cokelat dark chocolate untuk makanan penutup" lebih memuaskan dan membanggakan dibanding menulis "10 cookies" dan "15 kotak cokelat" di jurnal harian.

Sumber foto: sheknows, popsugar

Artikel Terkait