DI ATAS 5 TAHUN
30 September 2018

3 Anak Disekap Ibu Asuh di Makassar, Begini Perjuangan Mereka untuk Kabur

Kecerdikan anak-anak ini membuat mereka berhasil kabur dari rumah penyekapan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

foto: kronologi.id

Meski masih sangat kecil, kecerdasan ketiga anak yang masing-masing berinisial AW (11), DF (2,5) dan US (5) ini patut diapreasiasi. Pasalnya, mereka bertiga yang menjadi korban penyekapan oleh ibu asuhnya, Meilania Detaly alias Memey berhasil melarikan diri dari dari sebuah ruko berlantai 3 di Panakukang, Makassar tempat mereka disekap.

Berhasil Kabur Setelah 2 Tahun

5ba0fe8966d1f dua anak yang diduga menjadi korban penyekapan di makassar sulawesi selatan 665 374

foto: viva.co.id

Setelah mengalami penyekapan selama 2 tahun lamanya, ketiga anak yang disiksa oleh ibu angkatnya ini berhasil kabur. Hal ini bermula dari kecerdasan anak tertua untuk mencoba mencongkel pintu rumah menggunakan besi yang biasa digunakan Memey untuk memukuli mereka. Setelah berhasil membuka pintu dan kabur, sang kakak lalu bergegas meminta pertolongan ke sebuah Gereja di di Jalan Toddopuli, Makassar.

Setelah mendapatkan bantuan, para warga langsung mendatangi ruko tersebut dan menyelamatkan kedua adiknya yang masih ditinggal di sana.

Ketiga anak tersebut kemudian diserahkan ke Dinas Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A). Sedangkan ibu angkat mereka juga akhirnya menyerahkan diri pada pihak yang berwajib.

Selama disekap, rupanya ketiga anak ini sering melambaikan tangan dari balik jendela ruko seraya memegang perut mereka yang menjadi isyarat bahwa mereka kelaparan dan membutuhkan makanan.

Para warga memang menyadari hal tersebut, namun mereka tak dapat berbuat apa-apa karena rumah tersebut selalu terkunci. Tak hanya itu, Memey juga selama ini tak pernah terlihat bergaul dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Viral Pria Tendang Anak di Mal, Seperti Apa Etika Bermain di Tempat Umum?

Mengalami Penganiayaan

spiritriau 3 bocah kelaparan di makassar diduga disekap bersama anjing dan ular

foto: okezone.com

Rupanya mereka bertiga tak hanya disekap tetapi juga menjadi korban penganiayaan. Setelah ditangani oleh DP3A Makassar, petugas menemukan bekas luka bakar bekas sundutan rokok. Belum lagi bekas pukulan yang juga sering dilakukan oleh Memey.

Tak hanya itu hal yang lebih mengenaskan lagi adalah ketiga anak tersebut hanya tidur beralaskan tikar dan tidur bersama hewan peliharaan dari mulai kucing, anjing hingga ular. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Memey, rupanya ia sebelumnya juga pernah terlibat dengan lembaga ini.

Namun kala itu, Memey merupakan seorang korban kekerasan yang dilakukan oleh suaminya. Hal ini jelas amat disayangkan bahwa sekarang ia malah menjadi pelaku tindak kekerasan.

Baca Juga: Dititipkan ke Teman Ibunya, Anak Malah Disiksa Hingga Disiram Air Panas

Bertemu Walikota

efa28ede 0ecb 4870 852f e7de5da3da15 169

foto: detik.com

Setelah berhasil diselamatkan, ketiga anak tersebut dijenguk langsung oleh Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto. Ia mengaku begitu prihatin dengan apa yang dialami ketiga anak tersebut. Saat bertemu mereka bertiga, Danny juga langsung memeluk anak yang paling kecil.

Sementara untuk langkah selanjutnya untuk menangani masalah ini adalah melakukan indentifikasi terhadap orang tua kandung ketiga anak tersebut. Hal terpenting adalah kini mereka akan diasuh oleh negara agar dapat bersekolah lagi serta disembuhkan dari trauma yang mereka rasakan.

(MDP)

Artikel Terkait