2-3 TAHUN
4 September 2019

3 Bahan Alami untuk Pertolongan Pertama Sakit Gigi Anak

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja. Tua, muda, dewasa, bahkan anak-anak. Jika sakit gigi menyerang anak kita, bagaimana mengatasinya?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Biasanya, sakit gigi anak disebabkan konsumsi makanan yang mengandung gula. Maklum, anak-anak suka sekali makanan manis.

Nah, timbunan makanan manis yang ada di sela-sela gigi ini yang kadang menumpuk dan membuat bakteri berkembang biak pada gigi.

Bakteri gigi mengurai gula menjadi asam, dan merusak lapisan email gigi.

Kalau hal ini yang terjadi, bakteri penghancur akan menjalar melalui saluran hingga ke syaraf yang kemudian menimbulkan peradangan.

Akibatnya, sakit berdenyut-denyut pun terjadi pada gigi.

Tapi, ada lagi pemicu sakit gigi anak selain makanan bergula.

Yaitu penyakit yang lain, dan ini biasanya luput dari perhatian orang tua.

Contoh penyakit yang dapat memicu terjadinya sakit gigi antara lain adalah sinusitis, angina, polip dan radang gusi.

Sementara itu, serangan sakit gigi akibat penyakit ini umumnya bersifat relatif.

Sebab, ada sebagian anak yang hanya merasakan ngilu saja pada giginya dan sebagian lainnya merasakan sakit gigi yang begitu menyiksa dan disertai dengan sakit kepala.

Bila kondisi ini terjadi, Moms sebaiknya segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Namun, bagaimana kalau sakit gigi menyerang anak kita di saat tak terduga. Tengah malam misalnya.

Berikut pertolongan pertama pada sakit gigi anak yang bisa membantu meredakan nyeri dengan cepat menurut Weston A. Price, dokter gigi penulis buku Nutrition and Physical Degeneration yang banyak meneliti tentang kesehatan gigi di populasi-populasi Amerika pada tahun di tahun 1920-an.

Baca Juga: Ini Dia 5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi Akibat Berlubang

1. Es Batu

Es Batu untuk Sakit Gigi Anak

"Berikan pijatan es batu. Pemberian es batu akan membantu meredakan rasa sakit yan diderita anak, sebab bagian tubuh yang diletakan es batu akan menimbulkan efek mati rasa sehingga rasa sakit bisa diredam," ucap dr Price.

Selain itu, biasanya anak suka dengan yang dingin-dingin. Jadi, sepertinya tidak akan ada penolakan dari anak untuk menggunakannya.

Baca Juga: Gigi Bungsu Bikin Sakit, Apa Harus Dioperasi?

2. Bawang

Bawang untuk Sakit Gigi Anak

Foto: shutterstock.com

Sselain dapat dijadikan sebagai bumbu untuk makanan, ternyata bawang merah dan bawang putih juga ampuh mengobati sakit gigi anak. Selain itu, bahan alami ini akan dengan mudah dijumpai di dapur.

Cara menggunakannya mudah. Ambil satu siung bawang merah dan bawang putih, keprek kemudian letakan pada gigi anak yang terasa sakit. Saripati dari bawang akan mampu meredakan rasa sakit yang diderita anak.

3. Garam

Garam untuk Sakit Gigi Anak

Foto: rd.com

Selain bawang merah dan bawang putih yang mduah dijumpai di dapur, garam-pun menjadi bahan masakan yang paling mudah dijumpai di dapur. Pemberian garam ternyata ampuh dalam mengobati sakit gigi.

"Bukan rasa asinnya yang dapat meredakan sakit gigi, melainkan kandungan yodium pada garam yang begitu tinggi dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi," jelas dr. Price.

Itulah dia beberapa cara untuk mengobati sakit gigi anak. Cara di atas bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama ketika anak mengalami sakit gigi pada kondisi yang tidak terduga.

Itulah dia beberapa cara untuk mengobati sakit gigi anak. Cara diatas bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama ketika anak mengalami sakit gigi pada kondisi yang tidak terduga.

Baca Juga: Belum Perlu Ke Dokter, Ini 5 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami dengan Bahan Dapur

(RYO/DIN)

Artikel Terkait