BALITA DAN ANAK
21 April 2020

3 Cara Ampuh Mencegah Flu pada Anak, Yuk Coba!

Segera praktikkan tips berikut agar Si Kecil tidak lagi mudah sakit flu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Influenza atau flu memang bukan penyakit yang berbahaya. Tetapi, flu sangat mudah menular, Moms.

Selain itu, anak yang sakit flu daya tahan tubuhnya melemah sehingga ia menjadi rentan terserang penyakit lain.

Menurut H. Bernstein, D.O., dosen kesehatan anak di Dartmouth Medical School di Hanover, New Hampshire, anak mudah terserang virus flu karena mereka belum paham benar tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan.

Anak-anak adalah kelompok yang paling mudah terserang virus flu, sekaligus yang paling gampang menularkan virus tersebut.

Cara Mencegah Flu pada Anak

Agar Si Kecil tidak mudah terserang virus flu, Moms dapat mempraktikkan saran dari para ahli berikut.

Baca Juga: Mengenal Virus Influenza dan Cara Pencegahannya dengan Vaksin

1. Rajin Cuci Tangan

Tips melindungi si Kecil dari serangan virus flu (3).jpg

Cara mencegah flu pada anak yang pertama adalah rajin mencuci tangan. Langkah ini dianggap yang paling efektif dalam melindungi diri dari virus flu.

“Rajin mencuci tangan, terutama setiap mau makan, adalah cara paling baik untuk melindungi diri dari kuman apa pun,” kata Bridget Boyd, M.D., direktur kamar bayi baru lahir di Loyola University Health System di Chicago.

2. Perkuat Daya Tahan Tubuh

Tips melindungi si Kecil dari serangan virus flu (1).jpg

Cara mencegah flu pada anak yang selanjutnya adalah perkuat daya tahan tubuhnya. Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh balita. Contohnya, memberikan asupan bergizi melalui konsumsi buah dan sayuran dan memastikan anak tidur cukup.

“Bila anak lebih banyak mengonsumsi makanan tidak bergizi seperti junk food, ia akan lebih mudah sakit,” kata Dr. Tanya Altmann, juru bicara American Academy of Pediatrics dan penulis buku Baby and Toddler Basics.

Selain itu, Moms juga bisa membawa Si Kecil ke dokter untuk mendapatkan vaksinasi influenza.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Balita Terkena Flu, Mana Saja yang Sudah Moms Lakukan?

3. Ajari Cara Bersin yang Benar

Tips melindungi si Kecil dari serangan virus flu (2).jpg

Cara mencegah flu pada anak yang selanjutnya adalah ajari cara bersin yang benar. Tahukah Moms cara bersin yang benar dan tidak menularkan virus flu kepada orang lain?

Menurut Dr. Shilpa Patel, dokter spesialis anak di Rockleigh, New Jersey, etika bersin yang baik bukanlah dengan cara menutup wajah dengan kedua tangan, melainkan bersin pada siku atau lengan baju.

Bila ada orang lain yang bersin atau batuk, minta Si Kecil untuk menutupi wajahnya atau menjauh dari orang tersebut agar tidak tertular.

Bila Si Kecil sudah positif terserang flu, sebaiknya ia beristirahat saja di rumah dan izin tidak masuk sekolah.

“Anak yang sakit flu dapat menularkan virus flu kepada orang lain. Lebih baik biarkan mereka beristirahat di rumah,” kata dr Patel.

Baca Juga: Apa Penyebab Flu Pada Balita dan Cara Mengatasinya?

Si Kecil dapat kembali masuk sekolah bila dalam 24 jam ke depan jika ia tidak mengalami demam, muntah-muntah, atau diare.

Tetapi, bila menurut Moms Si Kecil masih terlihat lemas, sebaiknya biarkan ia beristirahat dulu di rumah. Bila Moms melihat Si Kecil menunjukkan gejala lain di luar flu, segera periksakan ke dokter.

(AN)

Artikel Terkait