DI ATAS 5 TAHUN
24 Juni 2019

Psikolog Berikan Tips Agar Anak Semangat Kembali ke Sekolah Usai Libur Panjang

Peran orang tua penting agar anak bersemangat kembali ke sekolah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Liburan sebentar lagi usai, dan Si Kecil harus bersiap-siap untuk kembali ke sekolah. Moms mungkin mengerti bahwa bukan perkara mudah untuk mengembalikan suasana hati anak ketika esok hari ia pergi ke sekolah.

Karenanya, peran orang tua penting untuk membuat anak agar lebih bersemangat ke sekolah esok hari. Seorang psikolog klinis yang diwawancari Orami, Liza Marielly Djaprie, memberikan tips membangun semangat anak untuk sekolah setelah libur panjang.

"Sebenarnya bagaimana anak= berperilaku itu semua adalah hasil persiapan dan latihan. Oleh karena itu, berkaitan dengan membangun semangat anak setelah libur panjang, akan lebih baik jika di awal libur sudah dijelaskan kepada anak, berapa lama mereka libur," jelas Liza.

Baca Juga: A-Z Persiapan Hari Pertama Sekolah

Tips Agar Anak Bersemangat Masuk Sekolah Usai Libur Panjang

anak pergi ke sekolah

Liza memberikan tips dengan berdiskusi bersama anak, dan menggunakan kalender sebagai cara untuk menunjukkan secara visual kepada Si Kecil akan waktu liburannya.

"Diskusilah dengan menggunakan kalender dan tunjukkan melalui visual secara jelas, kapan liburan akan dimulai dan berakhir," ungkapnya.

Persiapan pun bisa kembali dilakukan ketika menjelang akhir liburan, "Sekitar satu minggu sebelum masuk sekolah, mulai lebih sering membahas dengan anak bahwa sebentar lagi mereka akan kembali bersekolah. Uraikan beberapa kegiatan favorit mereka di sekolah, kegiatan-kegiatan baru yang mungkin juga mereka lakukan di semester ini. Bahas dengan penuh semangat sehingga anak pun juga menjadi semangat," jelas Liza.

Bila anak terlihat enggan atau malas, Moms bisa menanyakan apa yang menyebabkan mereka malas.

"Mungkin ada kendala di sekolah yang menyebabkan mereka malas masuk sekolah lagi. Ada baiknya dibahas secara mendalam dan menyeluruh, sehingga anak bisa segera kembali semangat bersekolah," tutup Liza.

Baca Juga: Ketika Anak Sulit Berbaur dengan Teman Sekolahnya

Tips Menyiapkan Kebutuhan Sekolah Anak

Ada beberapa tips lain yang bisa Moms lakukan untuk membantu Si Kecil merasa bersemangat lagi pergi ke sekolah esok harinya. Berikut beberapa caranya, dikutip dari freedomtoteach.collins.co.uk.

1. Bantu Si Kecil Kembali ke Rutinitas Sekolah

tips persiapkan anak kembali ke sekolah

Kembalilah ke rutinitas 'normal' di minggu sebelum sekolah dimulai. Secara bertahap, buat waktu tidur sedikit lebih awal dan bangunkan anak di waktu-waktu ia bangun pagi seperti ia pergi ke sekolah.

Kembali latih Si Kecil bersiap-siap pada waktu tertentu, seperti berpakaian, mandi, sikat gigi, bahkan jika ia tidak ke mana-mana. Cara ini akan membantu dalam jangka panjang.

Sebaiknya Moms juga memberikan makan siang dan makan malam pada waktu yang sama dengan yang dilakukan anak di hari sekolah seperti biasanya.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Berbagai Area Permainan Anak di Sekolah

2. Dorong Sikap Positif pada Anak

Seperti yang dikatakan psikolog Liza, penting untuk berdiskusi dengan anak untuk membantu meningatkan semangatnya pergi ke sekolah.

Minta Si Kecil menceritakan kegiatan favorit mereka saat di sekolah, atau kegiatan-kegiatan baru yang mungkin juga akan dilakukan di semester baru yang tampak menyenangkan bagi anak.

Mungkin Moms bisa merasa khawatir di awal-awal memulai semester baru, tetapi anak akan cenderung lebih cemas jika mereka melihat Moms merasa cemas juga.

3. Pastikan Sudah Siap untuk Semester Baru

menyiapkan anak kembali ke sekolah

Hal ini termasuk menyiapkan keperluan sekolah seperti alat tulis, buku catatan, seragam. Pastikan anak memiliki cukup seragam lain jika seragam yang dikenakannya kotor.

Persiapkan juga peralatan makan, tas, botol air, dan jangan lupa diberikan label agar terhindar dari risiko tertukar atau hilang.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat anak kembali semangat bersekolah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait