PROGRAM HAMIL
26 Maret 2019

3 Cara Mencegah Berat Badan Turun di Trimester Pertama Kehamilan

Berat badan turun di trimester pertama tidak berbahaya tapi tetap harus dilawan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat hamil, Moms tentu berharap angka di timbangan akan merayap naik. Tapi alih-alih berat badan naik, Moms malah kehilangan beberapa kilogram berat badan. Tentu saja ini membuat Moms panik.

Tapi sebenarnya, berat badan turun di trimester pertama adalah hal yang normal, terutama jika Moms menderita morning sickness yang cukup parah.

Para ahli kehamilan dari situs parents.com berkata bahwa 80 persen calon Moms mengalami mual di awal kehamilan, yang dapat membuat mereka tak mampu memasukkan makanan ke dalam perut.

Lalu, bagaimana dengan perkembangan si kecil di dalam perut? Yakinlah bahwa kehilangan beberapa kilogram pada tahap ini tidak akan berdampak pada perkembangan bayi Moms.

Pun, Pooja Shah, MD, seorang dokter obgyn dari Amerika Serikat, berkata bahwa bagaimanapun juga, hal ini tetap harus dilawan agar berat badan bayi tidak kurang nantinya.

Dikatakannya lagi, untuk memastikan penurunan berat badan ini tidak berlangsung terus-menerus sepanjang kehamilan, inilah beberapa hal yang bisa Moms lakukan.

1. Lawan Morning Sickness

herbal tea during pregnancy

Foto: momjunction.com

Jangan biarkan morning sickness membuat Moms malas makan dan mengonsumsi apapun.

Moms bisa mengatasi rasa mual yang berlebihan ini dengan minum air jahe, menghindari pemicu mual, dan miliki kualitas tidur yang cukup.

Moms juga bisa mengonsumsi bubur kacang hijau yang mengandung vitamin B1 dan B2, yang membantu mencegah dan mengatasi morning sickness.

Baca Juga: 6 Olahraga yang Aman Selama Trimester Pertama

2. Perbanyak Istirahat

601697993 h

Foto: parenting.firstcry.com

Hamil memang membuat Moms lebih cepat merasa lelah. Terlebih kalau Moms punya banyak aktivitas yang menguras energi.

Hal ini juga bisa memicu terjadinya penurunan berat badan saat hamil. Mulai sekarang, ada baiknya untuk mulai mengurangi kegiatan yang tidak terlalu penting.

Pilihlah hanya kegiatan yang memang diprioritaskan. Selebihnya, Moms harus memperbanyak istirahat untuk mengurangi dampak kelelahan.

Baca Juga: Naik Pesawat di Trimester Awal, Perhatikan 6 Hal Ini

3. Asupan Makanan Bergizi

613494896 h

Foto: parenting.firstcry.com

Makanan yang tak bergizi juga bisa memicu penurunan berat badan.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein, kalsium, asam folat serta zat besi yang bermanfaat untuk perkembangan janin.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Mual Saat Hamil Trimester Pertama

Itulah yang bisa Moms lakukan untuk mencegah berat badan turun di trimester pertama. Yuk, kita ikuti agar janin senantiasa sehat.

(VA)

Artikel Terkait