KELUARGA
26 Juli 2019

3 Cara Mengatasi Ketakutan untuk Menjalin Hubungan

Kenali penyebab dan gejalanya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Pertanyaan yang hingga saat ini masih belum memiliki jawaban pasti, “Kenapa ada hubungan yang tak bisa bertahan lama?”

Jawabannya ada bermacam-macam. Entah kita sadar atau tidak, kebanyakan orang selalu merasa takut dan ngeri untuk jatuh cinta di awal-awal hubungan.

Terlalu banyak faktor yang dipikirkan sehingga membuat seseorang menjadi pemilih dan pada akhirnya tak mampu menjalin hubungan romantis dengan seseorang.

Jatuh cinta dengan seseorang bisa menjadi pengalaman yang mendebarkan dan juga menakjubkan, tapi untuk beberapa orang jatuh cinta bisa menjadi pengalaman yang menyusahkan dan bikin repot.

Jika Anda adalah tipe orang yang susah jatuh cinta, jangan buru-buru menutup diri. Karena ketakutan untuk menjalin hubungan dengan seseorang ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang tepat.

1. Jujur dan terima kekurangan diri sendiri

3 Cara Atasi Ketakutan untuk Menjalin Hubungan 1.jpg

Foto: bustle.com

Coba sesekali tanyakan pada diri sendiri, apa yang sebenarnya kita takuti dalam hidup.

Menurut relationship coach Ellen Bolin sebagaimana dikutip dari zoosk.com, kita harus selalu bertanya pada diri sendiri tentang deretan penyebab kenapa kita menganggap komitmen adalah sesuatu yang menakutkan.

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang akan terjadi jika kita berkomitmen dengan seseorang? Apakah kita akan merasa lebih baik?

Kejujuran terhadap diri sendiri adalah langkah pertama untuk memulai hubungan yang baik dan mengatasi ketakutan untuk menjalin hubungan dengan seseorang.

Setelah mampu menerima diri sendiri, kita akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain karena kita mengerti apa saja kekurangan yang harus kita isi.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta tentang Hubungan Percintaan

2. Mungkin penyebabnya orang lain, bukan kita

3 Cara Atasi Ketakutan untuk Menjalin Hubungan 2.jpg

Foto: themodernman.com

Menurut dating expert James Anderson, sebagaimana dikutip dari zoosk.com, beberapa orang memang takut terhadap komitmen dan beberapa hanya takut berkomitmen terhadap orang dengan karakter tertentu.

Kita perlu bercermin dan memutuskan karakter seperti apa yang kita inginkan di dalam diri pasangan.

Sehingga jika suatu saat kita memutuskan untuk dekat dengan seseorang, kita sudah tahu apa yang kita cari dalam diri orang tersebut.

Tapi jika kita memang takut terhadap komitmen dan segala macam yang berhubungan dengan komitmen, mungkin kita perlu menggali lebih dalam penyebabnya, philophobia misalnya.

Philophobia adalah ketakutan akan cinta atau menjalin komitmen emosional terhadap orang lain.

Philophobia bukan termasuk social anxiety disorder, meskipun beberapa orang dengan philophobia juga memiliki social anxiety disorder.

Jenis fobia ini lebih sering ditemui di orang-orang yang memiliki trauma masa lalu.

Menurut Scott Dehorty, seorang Licensed Certified Social Worker-Clinical, sebagaimana dikutip dari healthline.com, ketakutan ini akan berulang kembali dan jika tak diatasi maka akan mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Jangan Pertahankan Hubungan Anda karena Alasan Ini

3. Semua butuh waktu, bersabarlah

3 Cara Atasi Ketakutan untuk Menjalin Hubungan 3 (1).jpg

Foto: bustle.com

Memang, susah untuk langsung jujur dan terbuka dengan orang lain. Terkadang kita terlalu memaksa diri sendiri untuk tetap kuat dan mampu menghadapi masalah, padahal sebenarnya menjadi rapuh itu bukan hal yang memalukan.

Jika sedang dekat dengan seseorang dan kita menginginkan mereka tetap ada, jangan menutupi kenyataan bahwa kita memiliki kekurangan dan ketidakmampuan untuk mencintai seseorang dengan sempurna.

Pasangan kita nantinya akan menjadi partner terbaik dan membantu kita di saat-saat terendah kita. Bersabarlah dan jangan terburu-buru untuk memperbaiki semua kekurangan diri sendiri. Semua butuh waktu.

Jadi mulai sekarang, yuk perlahan buka kembali hati dan atasi ketakutan dalam menjalin hubungan.

(SN)

Artikel Terkait