KESEHATAN
29 November 2019

3 Cara Mengatasi Nyeri Otot setelah Berolahraga

Tidak perlu khawatir saat mengalami nyeri otot setelah berolahraga, Moms bisa mengatasinya dengan cara berikut ini, ya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Moms yang sering nyeri otot setelah berolahraga, simak penjelasan di bawah ini, yuk.

Tidak perlu diragukan lagi bahwa olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membuat berat badan tubuh Moms tetap ideal.

Namun, sebaiknya selalu lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga. Hal ini untuk mengurangi gejala nyeri otot yang bisa dirasakan setelah berolahraga.

Dikutip dari jurnal US National Library of Medicine National Institutes of Health, nyeri otot setelah berolahraga disebut juga DOMS (delayed onset muscle soreness). DOMS biasanya terjadi setelah melakukan olahraga dengan intensitas tinggi.

Selesai melakukan olahraga yang intensif, maka bisa terjadi kerusakan pada jaringan otot dan membran sel yang menyebabkan inflamasi.

Menurut Pete McCall, ahli fisiologi olahraga dari San Diego juga mengungkapkan penyebab seseorang mengalami nyeri setelah berolahraga karena mencoba jenis olahraga atau jarang berolahraga.

“Ketika kamu menggunakan otot dengan cara baru atau jarang melakukan olahraga, maka ini menyebabkan tekanan otot yang lebih besar atau tidak ada disiapkan sebelumnya. Hal ini akhirnya yang menyebabkan nyeri otot,” ujar Pete, yang juga jadi pembawa acara podcast All About Fitness.

Moms dapat merasakan nyeri pada otot 24-48 jam setelah waktu olahraga. Kondisi ini hanya berlangsung sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Setelah nyeri otot ini, biasanya otot akan lebih kuat dan bisa menangani beban olahraga yang lebih berat.

Nyeri otot setelah berolahraga berbeda dengan cedera otot, ya, Moms. Nyeri otot umumnya berkurang secara bertahap di hari berikutnya.

Namun, apabila rasa nyeri tidak berkurang hingga 5 hari dan menyebabkan tubuh sulit bergerak, maka itu adalah cedera otot. Segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ternyata Sebabkan Nyeri Perut Sebelah Kanan

Cara Tangani Nyeri Otot setelah Berolahraga

Nyeri Otot Setelah Berolahraga 01.jpg

Foto: verywellfit.com

Obat terbaik dari nyeri otot setelah berolahraga adalah membiarkannya karena memang bisa sembuh dengan sendirinya secara bertahap.

Namun, tentunya Moms dapat merasa tidak nyaman dengan rasa nyeri yang ditimbulkan sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala nyeri otot, di antaranya:

1. Tetap Lakukan Gerakan Ringan

Nyeri Otot Setelah Berolahraga 02.jpg

Foto: openfit.com

Sebaiknya saat mengalami nyeri otot, Moms tetap melakukan gerakan-gerakan ringan dan bukan hanya beristirahat saja. Mungkin rasanya tidak nyaman, ya, namun tubuh harus dipaksa untuk bergerak.

“Tetap beraktivitas bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan memberikan nutrisi ke otot. Tetap melakukan gerakan-gerakan ringan bisa mengurangi gejala dari nyeri otot itu sendiri dan mempercepat proses penyembuhan,” ujar Joel Seedman, ahli fisiologi olahraga di Atlanta.

Moms tidak perlu melakukan olahraga yang intensif jika otot masih terasa nyeri. Cukup lakukan gerakan ringan seperti jogging, bersepeda, berjalan-jalan untuk menjaga kekuatan otot lebih baik.

Baca Juga: Hati-hati, Sepatu High Heels Bisa Tingkatkan Risiko Cedera Otot dan Persendian

2. Menggunakan Ice Pack atau Mandi Air Hangat

Nyeri Otot Setelah Berolahraga 03.jpg

Foto: pinterest.com

Es dapat membantu mengurangi pembengkakan yang disertai rasa nyeri dan sakit. Nah, untuk meredakan gejala nyeri otot pada beberapa bagian tubuh, Moms bisa menggunakan ice pack atau alternatifnya menggunakan kain yang dibungkus dengan es.

Cara lainnya untuk meredakan nyeri otot setelah berolahraga adalah mandi menggunakan air hangat. Hal ini membantu untuk menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar.

3. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Nyeri Otot Setelah Berolahraga 04.jpg

Foto: bbc.co.uk

Selalu pastikan tubuh terhidrasi dengan baik karena nyatanya dehidrasi bisa meningkatkan rasa sakit pada nyeri otot.

Air membantu menyaring racun yang keluar dari tubuh dan bisa membuat Moms lebih semangat di dalam bergerak. Hal ini membantu mengurangi nyeri otot dan mempercepat proses penyembuhannya.

Selain cara-cara di atas, nyatanya pola makan Moms juga memengaruhi tingkat ketahanan tubuh saat mengalami nyeri otot.

Sebaiknya konsumsi makanan mengandung protein untuk mencegah rasa sakit yang berulang ke depannya. Jaga kesehatan agar olahraga yang dilakukan dapat bermanfaat, ya!

Baca Juga: Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

(DG/DIN)

Artikel Terkait