BALITA DAN ANAK
26 Maret 2020

Berikut 3 Cara Mengobati Sakit Maag pada Anak

Bisa dilakukan dengan beberapa cara
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tahukah Moms jika Si Kecil sering mengeluhkan sakit di dada, sebenarnya ia mengalami sakit maag? Mungkin banyak orang beranggapan bahwa yang bisa menderita sakit maag hanyalah orang dewasa saja. Namun nyatanya banyak juga anak kecil yang mengalami sakit maag.

Berdasarkan Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition, maag pada anak lebih sering disebabkan oleh infeksi bakteri H. pylori. Selain maag, kuman ini bisa menyebabkan tukak lambung, tukak usus dua belas jari, hingga kanker lambung.

Baca Juga: 4 Penyakit Ini Ternyata Muncul karena Gangguan Asam Lambung

Maag pada anak sering menimbulkan perasaan seperti terbakar yang tidak nyaman di belakang tulang dada. Hal ini tidak ada hubungannya dengan hati, tetapi berhubungan langsung dengan perut dan kerongkongan.

Beberapa gejala yang menunjukkan Si Kecil terserang sakit maag adalah mengalami beberapa gejala seperti mual dan muntah secara berulang, perut seperti kembung, buang air besar tidak lancar, tidak nafsu makan, dan sering buang angin pada malam hari. Hal ini terjadi karena maag adalah gangguan pencernaan yang menyerang lambung.

Cara Mengobati Sakit Maag pada Anak

cara mengobati sakit maag

Foto: momjunction.com

Berdasarkan jurnal artikel dalam National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, ada beberapa cara mengobati sakit maag pada anak yang bisa dilakukan. Bergantung pada keparahan gejala yang dialami oleh anak, dokter dapat merekomendasikan beberapa cara.

1. Perubahan Gaya Hidup

Dalam banyak kasus, cara mengobati sakit maag pada anak bisa dilakukan dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Bicarakan dengan dokter anak tentang perubahan yang dapat dilakukan.

Baca Juga: Sedentary Lifestyle, Gaya Hidup Malas yang Berbahaya untuk Kesehatan

Kurangi makanan-makanan yang dapat memicul timbulnya maag pada anak. Buah-buahan dan sayuran seperti bayam dan buah persik sangat membantu dalam menyeimbangkan asam lambung, jadi pastikan anak mengonsumsinya setiap hari.

Cobalah untuk membuat anak makan secara teratur, namun tidak terlalu banyak. Jangan sampai Si Kecil melewatkan makan. Selain itu, lebih banyak berolahraga, minum lebih banyak air dan mengurangi stres adalah cara yang baik.

2. Obat-Obatan

Dokter anak mungkin meresepkan obat-obatan untuk membantu lambung lebih baik. Ada obat-obatan yang membantu mengurangi jumlah asam lambung. Jenis obat ini tentunya mengurangi mulas yang dikaitkan dengan asam lambung.

  • H2-blocker, obat ini mengurangi jumlah asam lambung kita dengan memblokir hormon histamin. Histamin membantu meningkatkan asam lambung.
  • Inhibitor pompa proton, yang membantu menjaga perut kita dari menghasilkan asam. Mereka melakukan ini dengan menghentikan pompa asam lambung agar tidak berfungsi.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Maag pada Anak

3. Hindari Makanan Pemicu Maag

Cara mengobati maag anak selanjutnya adalah dengan membantu anak menghindari makanan asam, berminyak, pedas, dan minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan soda.

Kafein dapat merangsang untuk mengeluarkan asam lambung dan memperburuk gejala yang muncul. Jadi sebaiknya Moms memberikan Si Kecil makanan bertekstur lunak agar ia tidak semakin merasakan nyeri.

Artikel Terkait