KESEHATAN
6 November 2019

3 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Rajin Minum Air!

Dengan minum cukup air saja sudah bisa menjaga ginjal kita
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang harus diupayakan, sebab ginjal kita merupakan organ yang tidak terlalu besar. Masing-masing hanya seukuran kepalan tangan saja, tetapi mereka bekerja dengan baik. Mereka membuat tubuh tetap sehat dengan menjaga keseimbangan air dan zat-zat lain di dalam tubuh kita.

Ginjal kita berbentuk 2 organ berbentuk seperti kacang kemerahan yang terletak di kedua sisi tulang belakang dan di tengah punggung.

Baca Juga: Pentingnya Minum Air untuk Menghindari Batu Ginjal

Dilansir dari situs News in Health, tugas utama ginjal adalah menyaring darah. Setiap ginjal mengandung sekitar satu juta filter kecil yang dapat memproses sekitar 40 galon cairan setiap hari.

Sayangnya, jika ginjal mulai rusak, kita mungkin tidak menyadarinya untuk waktu yang lama. Penyakit ginjal biasanya tidak membuat kita merasa sakit hingga masalahnya menjadi semakin serius dan tidak dapat dipulihkan. Makanya, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal.

Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Simak di bawah ini yuk.

1. Melakukan Pengecekan Ginjal

menjaga ginjal tetap sehat

Foto: webmd.com

"Kebanyakan orang memiliki sedikit atau bahkan gejala yang tidak terlalu terlihat sampai penyakit ginjal kronis semakin parah," kata Dr. Andrew Narva, spesialis ginjal di NIH. makanya penting bagi kita untuk melakukan pengecekkan ginjal.

Tes urin memeriksa protein yang disebut albumin, yang tidak terdeteksi secara rutin ketika ginjal kita sehat. Tes darah memeriksa GFR (Glomerular Filtration Rate). GFR adalah perkiraan kemampuan penyaringan ginjal. GFR di bawah 60 adalah tanda penyakit ginjal kronis. GFR di bawah 15 digambarkan sebagai gagal ginjal.

Baca Juga: Macam-Macam Infeksi Saluran Kemih, Bisa Berpengaruh ke Ginjal!

"Saya memberi tahu pasien saya bahwa mereka harus tahu jumlah GFR mereka," kata Dr. Jeffrey B. Kopp, ahli ginjal NIH. Menurutnya kita biasanya tidak dapat menyembuhkan penyakit ginjal kronis, tetapi jika mengetahuinya lebih awal, dapat memperlambat keparahannya.

2. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

menjaga ginjal tetap sehat

Foto: medicinenet.com

Moms dapat mengambil banyak langkah untuk menghindari atau menunda mencapai gagal ginjal. Cara terbaik yang dapat kita lakukan adalah mengendalikan tekanan darah.

Gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik dan diet jantung sehat, dapat membantu menormalkan tekanan darah dan juga menjaga kesehatan ginjal.

“Kebanyakan orang Amerika makan lebih banyak natrium dan protein daripada yang dibutuhkan tubuh. Menjadi tugas ginjal untuk menyaring dan membuang sisa makanan 24 jam sehari, 7 hari seminggu,” kata Theresa Kuracina, ahli diet terdaftar.

Akan tetapi menurut Theresa Kuracina, bila mengalami kerusakan ginjal, terlalu banyak natrium dan protein dapat membawa efek negatif.

Baca Juga: Ketahui Gejala-Gejala Penyakit Batu Ginjal pada Wanita yang Bisa Menyerang Tiba-Tiba Ini

3. Minum Air yang Cukup

menjaga ginjal tetap sehat

Foto: healthline.com

Dilansir dari situs WebMD, air membantu menghantarkan nutrisi penting ke ginjal kita dan memindahkan sampah ke kandung kemih dalam bentuk urin.

Jika Moms tidak mengonsumsi minum yang cukup, saringan kecil di dalam ginjal bisa dihentikan dan menyebabkan batu ginjal dan infeksi.

Bahkan dehidrasi ringan dapat merusak ginjal jika terjadi cukup sering. Empat hingga enam cangkir air sehari biasanya sudah cukup, tetapi Moms mungkin membutuhkan lebih banyak jika sedang sakit atau cuaca terik.

Itu dia Moms beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan ginjal. Nah, Moms, selalu terapkan gaya hidup sehat agar kesehatan organ terjaga.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait