BALITA DAN ANAK
16 Juli 2019

3 Cara Siapkan Kondisi Emergensi saat Anak Alergi

Jangan panik, tetap berikan pertolongan pada anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Reaksi alergi pada anak tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi atau datang. Mereka dapat terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa kita tahu.

Alergi merupakan reaksi tubuh dalam melawan alergen yang berusaha menyerang sistem imun Si Kecil. Gejala yang ditimbulkan beragam, mulai dari gangguan pernapasan, timbul ruam-ruam merah pada kulit anak. Alergi ini bisa timbul karena alergi makanan, debu, ataupun perubahan cuaca.

Namun kasus alergi ini tidak boleh dianggap enteng ya Moms. Terkadang karena panik, Moms jadi lupa mengatasi alergi pada anak. Nah, agar tetap bisa menangani anak saat terkena alergi, ini beberapa hal yang bisa Moms lakukan. Dicoba ya Moms.

Baca Juga: Anak Alergi Susu Sapi, Apa Yang Harus Mama Lakukan?

1. Lihat Reaksi yang Ditimbulkan

3 Cara Siapkan Kondisi Emergensi saat Anak Alergi 01.jpg

Foto: abcnews.com

Agar dapat memberi penanganan yang tepat, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa reaksi alergi yang ditimbulkan. Apakah itu gatal-gatal pada kulit, timbul ruam-ruam merah, atau reaksi kulit lainnya.

Misalnya anak alergi karena makanan dapat menyebabkan diare, perut kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Tanda lainnya seperti mata dan hidung tersumbat, berair, hingga bengkak.

Reaksi alergi yang paling berbahaya adalah anafilaksis. Jika muncul hal ini, diperlukan bantuan medis untuk mengatasinya.

2. Obati Gejala Ringan

3 Cara Siapkan Kondisi Emergensi saat Anak Alergi 02.jpg

Foto: pbs.org

Bila gejala yang ditimbulkan adalah gejala ringan, Moms bisa coba mengobatinya dengan pengobatan di rumah. Misalnya antihistamin dan decongestan dapat mengatasi hidung tersumbat dan masalah pernapasan. Obat-obat ini biasanya berbentuk tablet, obat tetes mata, atau semprotan hidung.

Jika reaksi anak alergi yang ditimbulkan berupa kulit gatal-gatal, timbul ruam-ruam merah, hingga mengakibatkan pembengkakan, kompres dengan es saja sudah cukup kok.

Atau Moms bisa mengobatinya dengan mengoleskan krim khusus yang mengandung corticosteroids.

Baca Juga: Waspadai 5 Gejala Anak Alergi Makanan Berikut Ini

3. Hubungi Bantuan Medis

3 Cara Siapkan Kondisi Emergensi saat Anak Alergi 03.jpg

Foto: verywellhealth.com

Jika gejala alergi yang timbul bukan gejala ringan, melainkan gejala lain yang berbahaya, sebaiknya Moms segera hubungi bantuan medis untuk mendapatkan pertolongan pertama.

Bila gejala yang ditimbulkan mirip dengan anafilaksis, biasanya petugas medis akan memberikan resep epinephrine darurat untuk menolong anak. Meski tahu apa yang akan diberikan dokter, Moms jangan sesekali memberikan pada anak tanpa resep dokter ya. Hal terbaik yang bisa Moms lakukan saat anak alergi adalah membawanya ke dokter.

Baca Juga: Lingkungan Kotor Turunkan Risiko Alergi dan Asma pada Bayi?

Itu dia beberapa cara sederhana yang bisa Moms lakukan dalam mengatasi alergi pada anak, mulai dari gejala ringan hingga gejala berat. Jangan panik dan pastikan keselamatan anak ya, Moms.

Artikel Terkait