3-5 TAHUN
31 Oktober 2020

3 Cara untuk Membuat Si Kecil Tetap Senang Selama di Rumah Aja

Yuk lakukan cara-cara di bawah ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dona Handayani
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Anjuran untuk berdiam di rumah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 bisa menjadi hal yang rumit untuk banyak keluarga.

Terlebih karena situasi yang tidak menentu, kewajiban untuk tetap di rumah terus diperpanjang hingga waktu yang tidak bisa ditentukan. Secara perlahan, Si Kecil akan mulai merasa bosan, bahkan stres.

Dikutip dari situs Medline Plus, stres pada Si Kecil mungkin bisa terjadi karena muncul respon terhadap perubahan yang negatif dalam hidupnya. Dalam tingkat yang rendah, stres bisa jadi hal yang baik. Akan tetapi, stres berlebihan bisa memberi dampak pada bagaimana cara Si Kecil berpikir, bertindak, dan merasakan.

“Untuk membantu anak menghadapi rasa stres tersebut, peran orang tua sangat dibutuhkan. Selalu sediakan waktu untuk anak. Semakin bertambahnya usia anak, quality time akan menjadi sangat penting,” tulis Steven Dowshen, MD, seorang dokter anak di Nemours duPont Pediatrics, Amerika Serikat.

Cara Agar Si Kecil Tidak Bosan saat #DiRumahAja

Sebelum Si Kecil merasa stres, mula-mula orang tua harus memikirkan cara yang baik agar Si Kecil tidak bosan saat #dirumahaja. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan Moms untuk membuat Si Kecil tetap senang.

1. Jaga Rutinitas Harian

cara buat si kecil senang dirumahaja 1.jpg

Foto: verywellfit.com

Buat jadwal baru bersama Si Kecil dengan melakukan kegiatan rutin setiap hari. Moms bisa tetap melakukan kebiasaan seperti bangun pagi, berpakaian, dan melakukan olahraga pagi bersama seluruh anggota keluarga.

Lakukan gerakan-gerakan yang mudah namun menyenangkan untuk Si Kecil. Lalu, bimbing Si Kecil untuk mengikuti pelajaran yang banyak disampaikan melalui media online.

Di saat ini, peran orang tua dibutuhkan untuk menjaga agar Si Kecil tetap bisa menikmati pelajarannya. Caranya, ikut terlibat langsung dalam proses belajar dan ambil peran sebagai teman Si Kecil di sekolah.

Baca Juga: 6 Aktivitas di Dalam Rumah Saat Pandemi Corona, Anti Bosan!

2. Atur Permainan yang Kreatif

cara buat si kecil senang dirumahaja 2.jpg

Foto: learning4kids.net

Ada begitu banyak permainan mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya yang bisa dilakukan Moms agar Si Kecil tidak bosan saat #dirumahaja.

Misalnya, Moms bisa ajak Si Kecil bermain petak umpet di rumah setelah Si Kecil menyelesaikan pelajaran sekolahnya.

Untuk balita, Moms bisa melatih sistem sensori dan juga motorik dengan media seperti air, pasir, tepung, atau beras. Selain menyenangkan, Si Kecil akan banyak belajar mengenali berbagai bentuk dan tekstur dari permainan sensori ini.

Baca Juga: 8 Ide Kegiatan agar Balita Tidak Bosan di Rumah, Coba Yuk!

3. Memasak Bersama

cara buat si kecil senang dirumahaja 3.jpg

Foto: positiveparentingsolutions.com

Anak-anak memiliki keingintahuan yang sangat tinggi dalam semua bidang, termasuk memasak. Ajak Si Kecil untuk masak makanan yang mereka sukai bersama.

Selain Moms bisa menghabiskan waktu bersama yang menyenangkan, nafsu makan Si Kecil pun akan meningkat karena ada rasa bangga dalam dirinya yang telah membuat makanan tersebut.

Menghabiskan waktu untuk #dirumahaja untuk jangka waktu yang panjang memang tidak mudah.  Terutama bagi orang tua yang bekerja dan perlu melakukan pekerjaannya dari rumah.

Akan tetapi demi kondisi yang cepat pulih, kita harus berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti aturan ini. Yang pasti, gali terus kreativitas Moms untuk membuat Si Kecil tetap senang selama #dirumahaja.

4. Mengajarinya Pekerjaan Rumah Tangga

agar si kecil tidak bosan saat #dirumahaja

Foto: Orami Stock Photos

Pekerjaan rumah tangga mungkin terkesan sepele. Lagi pula, sekarang Moms punya asisten rumah tangga dan yakin kelak Si Kecil juga sanggup mempekerjakan ART.

Eits, roda kehidupan bisa berputar, Moms. Menguasai pekerjaan rumah tangga penting, lho, untuk bekal anak saat dewasa nanti. Keterampilan tersebut akan sangat berguna saat ia ngekos, ART pulang kampung, atau bahkan setelah berumah tangga.

Ini beberapa kegiatan yang bisa Si Kecil lakukan dengan bantuan dan contoh dari Moms:

  • Beres-beres rumah: menyapu, membereskan mainan, mengelap meja, mencuci piring dan gelas plastik
  • Menyiapkan makanan: memotong makanan lunak, menuang bahan kue, mengaduk adonan
  • Merawat tanaman dan hewan peliharaan: menyiram tanaman, memberi makan hewan

Baca Juga: 5 Ide Kegiatan Akhir Pekan di Rumah, Anti Bosan!

5. Bercocok Tanam

anak bercocok tanam

Foto: Orami Photo Stock

Bercocok tanam agaknya menjadi kegiatan favorit banyak orang selama self quarantine selama ini. Daripada bercocok tanam sendiri, ajak Si Kecil juga akan seru lho Moms. Jangan berpikir anak hanya bisa mengganggu saja.

Jika kita bimbing dengan benar, pasti ia akan membantu. Jadi tunggu apalagi Moms?

Banyak sebenarnya kegiatan agar Si Kecil tidak bosan saat #dirumahaja di masa pandemi ini.

Dan tidak ada ruginya untuk meletakkannya sebentar pekerjaan untuk menghabiskan waktu dengan Si Kecil. Selain Si Kecil senang, menghabiskan waktu bersama juga bisa menjadi healing time yang baik untuk orang tua melepas stres dan agar si kecil tidak bosan saat #dirumahaja.

Artikel Terkait