PROGRAM HAMIL
14 Agustus 2019

3 Fakta Unik seputar IVF yang Belum Banyak Diketahui

Seperti apa fakta-fakta unik seputar IVF di seluruh dunia?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Keberhasilan pertama metode in vitro fertilization (IVF) pada 1978 membuka mata dunia bahwa ada alternatif lain untuk mewujudkan kehamilan selain melalui cara tradisional (alami, tanpa bantuan atau intervensi apa pun).

Lebih dari 40 tahun setelah momen bersejarah tersebut, banyak fakta unik seputar IVF yang terjadi.

Dikutip dari situs web ABC News, International Committee Monitoring Assisted Reproductive Technologies menyatakan bahwa per 2019, lebih dari 8 juta bayi telah dilahirkan melalui IVF.

Kini, IVF merupakan solusi utama bagi pasangan yang mengalami masalah infertilitas. Yuk, simak beberapa fakta unik seputar IVF yang belum banyak diketahui.

Baca Juga: Selain IVF, Ini Cara Hamil Buat Penderita PCOS

1. Penemu IVF Memperoleh Penghargaan Nobel Kedokteran

x fakta unik seputar IVF (1).jpeg

foto: mirror.co.uk

IVF merupakan terobosan bersejarah dalam bidang kesuburan. Salah satu penciptanya, Robert Geoffrey Edwards, mendapat Penghargaan Nobel Kedokteran pada 2010 berkat keberhasilan metode tersebut dalam membantu banyak pasangan untuk dapat memiliki keturunan.

Dua orang pencipta yang lain, Patrick Steptoe dan Jean Purdy tidak mendapatkan penghargaan yang sama karena pada tahun penganugerahan keduanya sudah meninggal.

Edwards merupakan ahli fisiologi asal Inggris, Steptoe seorang dokter spesialis ginekologi, sedangkan Purdy adalah ahli embriologi.

2. Manusia Pertama yang Lahir melalui Prosedur IVF

x fakta unik seputar IVF (1).jpg

Foto: huffingtonpost.com

Pada 10 November 1977, seorang perempuan bernama Lesley Brown menjalani prosedur yang kini dikenal dengan IVF yang dikembangkan oleh Steptoe, Edwards, dan Purdy. Sebelumnya, Lesley telah berusaha untuk hamil selama sembilan tahun, namun belum membuahkan hasil.

Pada 25 Juli 1978, berkat prosedur IVF, Lesley berhasil melahirkan anak pertamanya melalui operasi Caesar yang diberi nama Louise Joy Brown. Keberhasilan tersebut dianggap sebagai mukjizat.

Louise pun mendapat julukan “bayi tabung pertama”. Saat ini Louise berusia 41 tahun dan telah mempunyai dua anak laki-laki yang ia lahirkan secara normal.

Baca Juga: Adakah Risiko Komplikasi pada Program IVF?

3. Lebih dari Sekali Mencoba

x fakta unik seputar IVF (2).jpg

Foto: squarespace.com

Fakta unik seputar IVF yang lain adalah tentang peluang keberhasilannya. Walaupun Lesley Brown berhasil melahirkan anak pertamanya pada tindakan IVF pertama, namun, sebagian besar pasangan justru harus mencoba beberapa kali sebelum berhasil.

Data dari NHS pada 2010 menyebutkan tingkat kesuksesan perempuan berusia di bawah 35 tahun yang berhasil hamil melalui IVF dan melahirkan secara normal adalah 32,2 persen. Bagi perempuan berusia di atas 44 tahun, peluangnya menurun tajam menjadi 1,9 persen.

“Banyak pasangan yang harus menjalani prosedur IVF lebih dari sekali untuk mendapatkan embrio yang dapat ditransfer. Hasilnya pun berbeda-beda antara upaya satu dan yang lain,” ujar Shannon DeVore, M.D. dari Langone Fertility Center. Devore mengatakan, pasangan yang menjalani IVF memang memerlukan kekuatan dan kesabaran untuk dapat melewati proses tersebut.

Baca Juga: Sebagai Pejuang Program IVF, Saya Bangga Karena Bisa Punya Hati yang Penuh Sabar

Itulah beberapa fakta unik seputar IVF yang belum banyak diketahui. Apakah Moms tertarik juga menjalani prosedur IVF?

Bila Moms mempunyai hal seputar IVF yang perlu ditanyakan, Moms bisa bergabung di WhatsApp Group Orami Moms Community, lho.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga akan bertemu dan bisa berbagi pengalaman dengan sesama ibu yang sedang menjalani program hamil lainnya, lho. Moms pun tidak akan merasa sendirian dalam menghadapi berbagai masalah seputar kehamilan.

orami wag

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(AN)

Artikel Terkait