KELUARGA
28 Juni 2019

3 Financial Planner yang Rajin Sharing tentang Keuangan Keluarga

Penting agar kita bisa menyiapkan dana pendidikan untuk anak
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengatur keuangan adalah tugas yang penting, termasuk keuangan keluarga. Biasanya untuk pengaturan keuangan keluarga, Moms yang menyusunnya. Memasukkan uang dalam pos-pos tertentu yang dibutuhkan, hingga membuat budget untuk pengeluaran dalam satu bulan.

Hal ini bisa dikategorikan sebagai hal yang sulit, apalagi tugas seorang ibu juga banyak, harus mengurus anak dan suami. Belum lagi seorang Ibu yang bekerja, lebih banyak tugas dan kewajiban yang harus dijalankan.

Namun Moms sudah tidak perlu khawatir lagi. Moms bisa mencari informasi dari berbagai financial planner yang sudah mulai banyak ditemui di sekitar kita. Nah, financial planner ini kerap kali membagikan tips-tips berguna dalam mengatur keuangan, termasuk keuangan keluarga. Apa saja itu? Simak penjelasan di bawah ini ya.

Baca Juga: Gaya Mengatur Keuangan Berdasarkan Zodiak Anda

1. Jouska

jouska

Foto: apps.apple.com

Jouska adalah sebuah jasa perencana keuangan bagi personal maupun korporasi. Jouska ini sebenarnya berfokus pada pengaturan keuangan untuk anak muda atau millenials.

Misalnya ada sebuah kasus di mana seorang anak muda dengan penghasilan yang cukup baik, tetapi ia tidak memiliki tabungan, melainkan utang. Tentu ada yang salah dengan kasus ini.

Meski fokusnya pada keuangan remaja, Jouska juga sering sekali membahas dan memberikan tips-tips tentang mengatur keuangan keluarga yang baik. Biasa Jouska akan membagikan tips ini melalui Instagram Story, lalu disimpan dalam highlight, agar mereka yang belum membaca, bisa mengetahui informasinya juga.

2. Andhika Diskartes

keuangan keluarga, financial planner

Foto: diskartes.com

Andhika Diskartes merupakan seorang praktisi dunia keuangan yang sekaligus juga adalah blogger dengan fokus pada dunia investasi dan ekonomi.

Dalam akun Instagramnya @andhika.diskartes, ia banyak membagikan tips-tips tentang investasi, saham, dan keuangan lainnya. Namun diantaranya, ia juga banyak membahas, tentang dana pensiun misalnya, dana pendidikan untuk anak, dan banyak lagi.

Bahkan untuk Moms yang doyan ikut arisan, hal ini juga dibahas oleh Andhika Diskartes dilihat dari sudut pandang keuangan.

Baca Juga: Tips Keuangan Wanita Di Usia 30 – 40 Tahun

3. Ligwina Hananto

keuangan keluarga, financial planner

Foto: instagram.com/mrshananto/

Untuk mendapatkan informasi mengenai financial planner, Moms juga bisa merujuk pada Ligwina Hananto. Ia adalah seorang perencana keuangan independen sekaligus pemilik QM Finansial, sebuah perusahaan jasa financial planner.

Ligwina Hananto bahkan telah menerbitkan sebuah buku yang pastinya banyak membahas keuangan, termasuk di dalamnya keuangan keluarga.

Buku ini juga menghadirkan berbagai contoh kasus nyata yang sering dihadapi oleh banyak keluarga. Menunjukkan bagaimana menghadapi masalah keuangan tersebut, serta membuat rencana keuangan untuk dana pendidikan dan dana pensiun.

Tidak hanya melalui buku, ia juga sering membagikan tips-tips keuangan yang bisa sangat membantu Moms melalui akun Instagramnya @mrshananto.

Itulah beberapa pakar yang sering membahas tentang financial planner, yang bisa membantu Moms merencanakan keuangan keluarga. Ingat mengatur keuangan keluarga dengan baik itu sangat penting lho Moms, agar terhindar dari utang dan masalah keuangan lainnya.

Artikel Terkait