PERNIKAHAN & SEKS
1 November 2019

3 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Kecanduan Seks

Dukungan keluarga dan orang terdekat sangatlah penting
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Perilaku seksual kompulsif merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidak dapat mengelola perilaku seksualnya. Mereka terus berpikir soal seks dan hal tersebut mengganggu pekerjaan dan kegiatan sehari-hari.

Dilansir dari Medical News Today, disebutkan bahwa beberapa orang menyebut hal ini sebagai kecanduan seks, dan mencari cara pula untuk mengatasi kecanduan seks tersebut.

Namun, American Association of Sexuality Educators, Counselors and Therapist (AASECT) mengungkap bahwa kecanduan seks ataupun kecanduan pornografi bukanlah gangguan psikologis yang bisa didiagnosis, karena memang masih belum bisa dibuktikan.

Dari tinjauan tahun 2014, dilaporkan bahwa 3-6 persen orang Amerika mengalami perilaku seksual kompulsif.

Baca Juga: 5 Tanda Kecanduan Seks, Kenali Sebelum Terlambat

Dalam tulisannya, Janet Brito, PhD, LCSW, CST, seorang sex therapist profesional, menjabarkan tentang bagaimana perawatan terhadap mereka yang mengalami perilaku seksual kompulsif, atau yang sering disebut kecanduan seks ini.

Di artikel ini, sesuai yang ditulis dalam Medical News Today, Orami mencoba membantu merangkum apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan seks.

Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

3 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Kecanduan Seks

Foto: pexels.com/mentatdgt

Pengobatan, termasuk terapi merupakan hal yang disarankan untuk mengatasi kecanduan seksual.

Jenis terapi psikologis CBT ini membantu mereka yang mengalami perilaku seksual kompulsif akan mendapatkan terapi dengan teknik serta peralatan yang membantu individu mengubah perilaku mereka.

CBT dapat termasuk salah satu cara mengatasi kecanduan seksual yang membantu seseorang untuk mempelajari keterampilan baru untuk mengatasi masalah seksualnya. Dengan begitu, dorongan seksual yang tidak diinginkan pun akan berkurang.

Obat-obatan

3 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Kecanduan Seks

Foto: pixabay.com

Ada beberapa obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, untuk membantu mereka yang mengalami perilaku seksual kompulsif mengatasi kecanduan seksual.

Ini mungkin termasuk anti-androgen, seperti medroxyprogesterone (Provera), serta selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), dan juga fluoxetine (Prozac).

Meski dokter mungkin saja meresepkan deretan obat di atas untuk membantu mengurangi dorongan seksual, tapi Food and Drug Administration (FDA) masih belum menentukan obat apa yang sebenarnya tepat untuk mengatasi kondisi ini. Karenanya, obat ini harus dikonsumsi dengan bijak agar tak terjadi kesalahan penggunaan.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diketahui tentang Posisi Seks Amazon

Dukungan Keluarga dan Orang Sekitar

3 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Kecanduan Seks

Foto: pexels.com/Christina Morillo

Hal ini sangat penting bagi mereka yang mengalami perilaku seksual kompulsif untuk mengatasi kecanduan seks.

Perilaku ini mungkin akan sulit dipahami dan ditoleransi oleh orang lain. Namun, dukungan yang kuat akan membantu mengurangi perilaku seksual yang tak diinginkan, dan dapat pula mendukung terciptanya hubungan seksual yang sehat.

Untuk mengatasi kecanduan seksual memang tidak bisa dilakukan oleh mereka yang mengalami perilaku seksual kompulsif itu sendiri. Ada banyak faktor dari luar yang juga dapat mendukung mengatasi kecanduan seksual ini.

Baca Juga: Haruskah Menjadwalkan Aktivitas Seks?

Jika ada di sekitar Moms and Dads yang punya kecenderungan kecanduan seks, bantu mereka untuk tidak merasa berbeda.

(DEW)

Artikel Terkait