GAYA HIDUP
6 Mei 2019

3 Jenis Olahraga yang Bisa Hilangkan Depresi

Hanya dengan jalan kaki saja ternyata bisa mencegah depresi lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kata siapa menghilangkan depresi membutuhkan cara yang luar biasa dan sulit? Nyatanya, untuk menghilangkan depresi maupun gejala-gejalanya yang perlu dilakukan hanyalah berolahraga, ya olahraga!

Olahraga dapat membantu seseorang melepaskan hormon endorfin atau lebih dikenal dengan hormon bahagia sehingga bisa memperbaiki mood dan mengurangi perasaan negatif.

Setidaknya itulah yang dikatakan oleh Hayley Jarvis, Head of Physical Activity organisasi amal kesehatan mental bernama Mind.

Baca Juga : Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Bukan hanya itu, olahraga juga bisa membantu seseorang menghilangkan pikiran-pikiran yang bisa memicu depresi.

Nah, olahraga atau aktivitas fisik seperti apa sih yang bisa menghilangkan depresi? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Cosmopolitan UK.

1. Jalan Kaki ke Luar Rumah

shutterstock_219757786.jpg

Foto : Shutterstock

Nyatanya, seseorang tidak perlu melakukan olahraga dengan tingkat kesulitan yang berat dan sebagainya. Padahal yang dibutuhkan adalah justru kebalikannya.

Olahraga berat pada dasarnya baik untuk menghilangkan depresi karena diketahui membantu pelepas hormon kortisol atau hormon stres.

Namun demikian, Kepala Kebugaran Anytime Fitness Inggris Marvin Burton justru merekomendasikan olahraga dalam bentuk lebih ringan seperti jalan kaki.

Mengapa jalan kaki? Menurut Marvin, jalan kaki di ruang terbuka bisa menjadi hal positif untuk melawan depresi. Dia juga 100% setuju dengan anggapan yang menyebut bahwa jalan kaki ke luar rumah bisa menjernihkan pikiran.

Pikiran yang jernih akan membawaa seseorang pada kesehatan fisik dan mental yang jauh lebih baik. Ujung-ujungnya depresi pun akan pergi menjauh.

Selain itu, segala warna, suara, dan bau yang ditemukan di area terbuka akan menstimulasi rasa seseorang. Kontak sosial dengan orang lain juga bisa dijadikan penyebab untuk meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi kesepian.

2. Lari

shutterstock_359568020 (2).jpg

Foto : Shutterstock

Lari adalah jenis olahraga yang mampu membuat seseorang mencapai level kebugaran maksimal. Hayley pun sangat menyarankan seseorang menjalankan olahraga ini bagi penderita depresi.

Bukan hanya itu, berlari juga bisa menjadi olahraga yang tepat untuk ‘kabur’ sejenak dari rutinitas harian. Berlari juga bisa menjadi sarana seseorang untuk lebih fokus berjuang meraih target personal.

Olahraga lari pun dapat dilakukan dengan mudah sehingga tidak memerlukan banyak persiapan. Sebelum lari hanya dibutuhkan sepatu yang aman dan nyaman serta niat dan tekad yang bulat.

Baca Juga : Olahraga Sederhana yang Bisa Anda Lakukan di Kantor

3.Olahraga Berkelompok

perempuan olahraga bersama

Foto : Shutterstock

Ketika depresi menyerang, seseorang akan cenderung menarik diri dari pergaulan dan bahkan mengisolasi dirinya dari dunia luar, bahkan keluarga dan teman-temannya.

Hal itu tentunya tidak disarankan. Olahraga secara berkelompok pun diyakini bisa menjadi cara agar seseorang tidak terjerumus ke dalam jurang depresi yang terlampau dalam.

Berolahraga secara berkelompok dapat menjadi sarana bagi seseorang yang terkena depresi berbicara dengan orang lain.

Baca Juga : Olahraga Ringan tapi Ampuh Meningkatkan Kesuburan

Selain itu, menjalin rasa sosial sambil berolahraga akan bisa memberikan manfaat yang besar untuk mereka para penderita depresi.

Di sisi lain, aktivitas kelompok tersebut akan mampu meningkatkan elemen sosial menjadi lebih kuat.

Jika seseorang telah merasa nyaman dan menyenangkan dalam menjalankan aktivitasnya maka kemungkinan dia akan mengulanginya akan sangat besar. Hal ini yang kemudian bisa menjadi cara untuk mengusir rasa depresi.

Itulah tiga olahraga yang bisa menghilangkan depresi. Yuk segera lakukan dan rasakan perbedaannya!

(TETI/CAR)

Artikel Terkait