DI ATAS 5 TAHUN
23 Juni 2019

3 Keuntungan Membawa Anak ke Pameran Seni, Coba di Weekend Ini

Ini hal positif yang bisa terjadi saat membawa anak ke pameran seni.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Banyak orangtua yang tidak memilih pameran seni sebagai tempat menghabiskan waktu bersama anak. Pameran seni dianggap sebagai tempat yang sulit dipahami dan tidak cocok untuk anak kecil. Kalaupun kita harus mengunjunginya, pasti tanpa membawa anak.

Wah, mengapa ya Moms?

Padahal saat ini, keberadaan pameran seni sudah banyak yang dimodifikasi dan berubah menjadi tempat yang menyenangkan, terutama jika membawa Si Kecil. Apalagi jika melihat keuntungannya, membawa anak ke pameran seni justru akan menambah kreativitasnya.

Banyak hal positif lain yang akan dirasakan bagi anak saat membawa mereka ke pameran seni. Inilah beberapa di antaranya.

1. Belajar Bersosialisasi

3 Keuntungan Membawa Anak ke Pameran Seni, Coba di Weekend Ini 01.jpg

Foto: artonacademy.com

Untuk merangkul pengunjung usia muda, saat ini banyak pameran seni yang mengikutsertakan komunitas kesenian. Menurut para ahli di Organisasi Kids in Museum, Inggris, membawa anak ke pameran seni akan membantu mereka terlibat dengan orang-orang di komunitas seni, dan membiarkan mereka melihat nilai dari sebuah karya kreatif.

Ini juga akan memberi Si Kecil kesempatan untuk terlibat dan mengeksplorasi seni kreativitas mereka sendiri, yang merupakan sesuatu yang tidak dapat dilakukan banyak orang. Selain itu, di sana juga anak akan bertemu dengan sesama pengunjung, petugas, bahkan kenalan baru seusianya. Anak akan belajar berani.

Baca Juga: Sulit Bersosialisasi, Terkadang 5 Zodiak Ini Dicap Paling Introvert

2. Memberi Pengalaman Baru

3 Keuntungan Membawa Anak ke Pameran Seni, Coba di Weekend Ini 02.jpg

Foto: worcesterart.org

Saat ini banyak anak yang terpaku melihat layar gadget mereka ketimbang bermain di luar. Membawa anak ke pameran seni dapat memberikan anak kesempatan untuk menjelajahi tekstur lukisan dari dekat, tirai menggantung dari patung marmer, dan skala kanvas besar.

Ini akan menjadi pengalaman baru bagi Si Kecil yang biasanya hanya bisa melihat di ponsel atau laptop. Mereka bisa menjelajahi seluruh sudut pameran seni, memperkaya pemikiran mereka, dan bahkan dapat menjadi inspirasi saat mencoba membuat karya seni.

Baca Juga: 7 Manfaat untuk Masa Depan Anak Jika Terbiasa Menggabungkan Seni Saat Belajar di Usia Dini

3. Membantu Meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas

3 Keuntungan Membawa Anak ke Pameran Seni, Coba di Weekend Ini 03.jpg

Foto: detoung.famsf.org

Dikutip dari Sim K, penulis perkembangan anak dari Sekolah Tutorsfield, Australia, seni akan meningkatkan imajinasi anak-anak, hasil belajar dan kemampuan untuk terhubung dengan masyarakat dan komunitas mereka. Saat berada di pameran seni, Si Kecil akan tergerak pemikirannya untuk menanyakan sesuatu yang menarik perhatiannya saat melihat sebuah karya seni. Hal ini juga akan memancing kreativitasnya, karena saat di pameran seni, mereka disibukkan dengan melihat dan mengamati benda-benda seni.

Tanpa terduga, membawa anak ke pameran seni akan membantunya tampil cemerlang di sekolah. Anak-anak yang terlibat langsung dengan kegiatan seni, menunjukkan hasil akademik dan sosial yang positif. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian terbaru.

Baca Juga: 5 Penyanyi Indonesia Ini Menurunkan Bakat Seninya ke Anak

Bagaimana, sudah menjadikan pameran seni sebagai tempat hangout bersama Si Kecil? Jangan lupa ajak Si Kecil untuk mengisi hari liburnya weekend ini yuk Moms.

(FAR)

Artikel Terkait