PERNIKAHAN & SEKS
10 Juli 2019

3 Langkah Jitu Move On setelah Bercerai

Jangan terus berkutat pada kegagalan di masa lalu
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Akhir dari sebuah pernikahan tak pernah menjadi momen yang mudah. Tak peduli siapa yang memulai untuk mengakhirinya, masa depan hubungan yang berakhir dengan perceraian selalu terasa suram dan menakutkan. Betul tidak Moms?

Tapi kehidupan toh harus tetap berjalan dan banyak orang yang terbukti mampu bertahan dan melanjutkan hidup meski mengalami pahitnya perceraian.

Ada banyak hal yang dibutuhkan untuk tetap fokus di saat-saat sulit terlebih setelah bercerai dan menjalani berbagai perubahan yang mungkin belum dipersiapkan. Tapi, mau tak mau, kita harus tetap berusaha ikhlas dan menatap masa depan dengan optimis.

Seperti kebanyakan orang, setelah mengalami perceraian biasanya seseorang akan merasakan berbagai gejolak emosi yang tidak stabil. Kadang ada hari-hari di mana semua terasa mudah, ada juga hari-hari di mana semuanya terasa membebani dan menyusahkan.

Menurut Psikoterapis dan Founder Reconnection Club Tina Gilbertson LPC, BC-TMH, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mampu move on setelah bercerai.

Seperti apa langkah move on setelah bercerai? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Perceraian Membuat Anak jadi Pemalu, Benarkah?

1. Berhenti Memikirkan Perceraian sebagai Kegagalan Fatal

3 Langkah Move On Setelah Bercerai 1.jpg

Foto: tamaramendelson.com

Langkah move on setelah bercerai yang pertama adalah berhenti memikirkan perceraian sebagai kegagalan fatal. Pernikahan yang terpaksa harus berakhir bukan berarti hidup juga harus ikut berakhir kan Moms? Masih ada keluarga dan teman yang bisa menjadi support system di saat-saat genting setelah bercerai.

Ingat, butuh keberanian dan kegigihan untuk pada akhirnya memutuskan untuk bercerai dan merasakan pahit dalam pernikahan.

Alih-alih menganggap perceraian sebagai beban fatal, pikirkan bahwa perceraian adalah sebuah fase baru dalam hidup yang bisa memberikan kita kesempatan kedua agar tak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

2. Jangan Biarkan Emosi Menguasai Diri

3 Langkah Move On Setelah Bercerai 2.jpg

Foto: indydiamondbuyer.com

Langkah move on setelah bercerai yang selanjutnya adalah jangan membiarkan emosi menguasai diri. Marah dan benci terhadap mantan pasangan adalah hal yang wajar. Namun terus-terusan membenci mereka dan membiarkan amarah mengendalikan diri setiap hari bukanlah hal yang bijak.

Jangan mengambil keputusan hanya karena kita sedang dikuasai amarah karena dampaknya justru bisa fatal.

Usahakan untuk perlahan-lahan menurunkan gejolak amarah agar hati menjadi tenang dan pikiran juga bisa jernih untuk mengambil keputusan sehingga tak akan ada pihak yang dirugikan.

Baca Juga: Lakukan 5 Cara Ini untuk Membantu Teman yang Baru Bercerai

3. Mulai Pikirkan Diri Sendiri

3 Langkah Move On Setelah Bercerai 3.jpg

Foto: momjunction.com

Langkah move on setelah bercerai yang selanjutnya adalah mulai memikirkan diri sendiri. Terlebih jika sudah memiliki anak, perceraian juga bisa menjadi peristiwa yang akan terus mereka ingat. Jika yang anak-anak lihat dari diri kita adalah semua pengorbanan dan air mata ketidakberdayaan, mereka akan menerapkannya di hubungan mereka nantinya.

Jadilah orangtua yang terbaik dan tertangguh yang kita mampu. Penuhi kebutuhan diri sendiri terlebih dahulu agar kesehatan mental juga menjadi lebih baik.

Baca Juga: Perceraian Bukanlah Akhir dari Segalanya, Setidaknya Moms Terlepas dari 3 Hal Ini

Itulah langkah-langkah yang bisa Moms ambil untuk move on setelah bercerai. Satu hal yang perlu Moms ingat, kita semua sama-sama berharga, tak peduli segelap apa hubungan di masa lalu.

Jangan takut untuk move on setelah bercerai dan mulai membuka diri ya Moms!

(SN)

Artikel Terkait