BAYI
10 Juni 2020

Begini 3 Langkah Membersihkan Hidung Bayi yang Aman Menurut Dokter Anak

Bisa menjadi momen yang mendebarkan untuk orang tua baru
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Cara membersihkan hidung bayi perlu diketahui oleh para ibu, terutama karena Si Kecil belum bisa menggunakan jari-jari mungilnya untuk membersihkan hidungnya sendiri.

Namun, sebagai orang tua, mungkin Moms merasa was-was saat membersihkan hidung bayi. Apalagi lubang hidungnya juga masih sangat kecil dan perlu dilakukan dengan hati-hati.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui cara membersihkan hidung bayi yang disarankan berikut ini ya, Moms.

Cara Membersihkan Hidung Bayi

Menurut Raising Children, Moms dapat membersihkan mata, telinga, dan hidung bayi saat ia dimandikan. Hindari menggunakan sabun, karena kulit bayi masih sensitif, dan sabun bisa membuat kulitnya kering.

Naser Danan, MD, dokter anak di UH Rainbow Babies & Children, Northeast Pediatrics, memberikan langkah-langkah tentang cara membersihkan hidung bayi berikut ini, mengutip situs University Health.

Baca Juga: Begini Cara Membersihkan Pusar Bayi yang Harus Moms Tahu

1. Gunakan Tetes Hidung dan Alat Hisap

cara membersihkan hidung bayi-3.jpg

Foto: momlovesbest.com

Teteskan satu atau dua tetes hidung di setiap lubang hidung bayi untuk membantu melonggarkan lendir kering. Lalu, gunakan bulb syringe untuk mengeluarkan kotoran.

Untuk menggunakannya, tekan bulb syringe terlebih dahulu. Lalu dengan lembut, masukkan ujung bola ke lubang hidung.

Secara perlahan, lepaskan dan biarkan lendir yang tersumbat masuk ke dalam bola tersebut. Ulangi pada lubang hidung lainnya.

"Anda mungkin ingin menggunakan obat tetes hidung sebelum makan untuk membantu bayi bernapas lebih mudah saat makan," kata Dr. Danan.

Baca Juga: 5 Tips Memandikan Bayi dengan Aman dan Nyaman

2. Naikkan Kelembapan Ruangan

cara membersihkan hidung bayi-2.jpg

Foto: guguguru.com

Menambahkan kelembapan udara dapat mencegah lendir mengering di dalam hidung Si Kecil. Jadi, langkah ini juga penting sebagai cara membersihkan hidung bayi ya, Moms.

Moms bisa menggunakan alat humidifier, letakkan di kamar bayi di dekat tempat tidur bayi, tetapi jauh dari jangkauan Si Kecil. Jangan lupa bersihkan alat secara teratur untuk mencegah bakteri atau jamur tumbuh.

"Anda juga bisa mencoba memandikan bayi dengan air hangat, dan duduk di kamar mandi bersama bayi sambil ia menghirup udara yang hangat dan berkabut," kata Dr. Danan.

Baca Juga: 4 Masalah Kulit Bayi Saat Suhu Lembap dan Cara Mengatasinya

3. Singkirkan Sisa Kotoran

cara membersihkan hidung bayi-4.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Jika sudah dibersihkan dengan alat hisap, cara membersihkan hidung bayi selanjutnya adalah dengan menyingkirkan kotoran yang tersisa di hidung Si Kecil.

Gunakan kapas basah untuk menyeka lendir lengket yang mungkin menghalangi lubang hidung bayi. Dengan membersihkan sisanya, dapat membuat Si Kecil bernapas dengan lebih baik.

Itulah cara membersihkan hidung anak dengan benar dan nyaman menurut petunjuk dokter, Moms. Jadi, ikutilah jika anak membutuhkannya, ya!

Artikel Terkait