PROGRAM HAMIL
4 Desember 2019

3 Persiapan Sebelum Program Hamil, Ini yang Harus Dilakukan

Simak langkah-langkah penting yang Moms perlu lakukan sebelum memulai program hamil.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok persiapan sebelum melakukan program hamil ini, Moms.

Sebab, keinginan untuk punya momongan sebaiknya direncanakan. Perencanaan kehamilan yang baik akan berujung pada kehamilan yang sehat hingga hari persalinan tiba.

Oleh karena itu, Orami merangkum persiapan sebelum memulai program hamil untuk Moms karena ada baiknya Moms melakukan sejumlah langkah penting dalam rangka mempersiapkan tubuh menyambut kehamilan.

Lauren Roth, M.D., dokter spesialis endokrinologi reproduksi di Shady Grove Fertility's Harrisburg mengatakan, Moms berusia di bawah 35 tahun yang menjalani program hamil memiliki peluang untuk hamil sebesar 20 persen setiap bulannya.

Untuk memaksimalkan peluang 20 persen itu, berikut persiapan penting sebelum Moms memulai program hamil, dikutip dari Public Library of Science:

1. Miliki Berat Badan Ideal

3 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Program Hamil 01.jpeg

Foto: premier-dermatology.com

Berat badan berlebih atau kurang dari ideal dapat mempersulit peluang Moms untuk hamil karena kedua kondisi tersebut dapat mengganggu siklus menstruasi.

Jadwal menstruasi yang tidak teratur berarti ovulasi pun tidak rutin, sehingga sulit memprediksi peluang terjadinya kehamilan.

Menurut American Society for Reproductive Medicine, persiapan memangkas 5 hingga 10 persen berat badan berlebih sebelum Moms memulai program hamil dapat meningkatkan kesuburannya.

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Program Hamil?

2. Minum Vitamin Prakehamilan

3 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Program Hamil 02.jpg

Foto: thedoctorweighsin.com

Tujuan mengonsumsi vitamin prakehamilan adalah untuk mempersiapkan tubuh menyambut kehamilan yang sehat. Salah satu vitamin prakehamilan yang penting dikonsumsi adalah asam folat.

“Calon ibu hamil perlu mengonsumsi asam folat sejak sebelum hamil karena dapat membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf pada bayi,” ujar Roth.

Perkembangan tabung saraf pada bayi berlangsung di awal kehamilan.

Oleh karena itu, Moms perlu persiapan mengonsumsi vitamin prakehamilan sejak sebelum memulai program hamil.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Saat Menjalani Program Hamil

3. Penuhi Asupan Nutrisi Harian

3 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Program Hamil 03.jpeg

Mempraktikkan pola makan sehat dengan cara memenuhi asupan nutrisi harian juga penting agar tubuh Moms siap mengandung.

Moms perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi penting bagi kehamilan, seperti zat besi, vitamin D, protein, dan kalsium.

Tambahkan aneka sayuran, buah-buahan, ikan laut, lemak baik, ke dalam menu harian Moms. Kurangi konsumsi makanan berkadar gula atau lemak tinggi karena dapat memengaruhi kesuburan.

Moms juga perlu mengurangi kebiasaan minum kopi. Dikutip dari situs web Livescience, minum lebih dari 500 miligram kopi per hari diduga berkaitan dengan menurunnya kesuburan pada perempuan.

Selain ketiga langkah tersebut, ada satu hal yang tak kalah penting untuk Moms lakukan sebelum memulai program hamil, yaitu berkonsultasi dengan dokter kandungan.

“Lakukan kira-kira sebulan sebelum Moms memulai program hamil,” saran Paula Hillard, M.D., dosen bidang obstetri dan ginekologi dari Stanford University.

Kunjungan ini juga bertujuan memeriksakan kondisi kesehatan Moms secara menyeluruh.

Bila ternyata ada kondisi kesehatan khusus yang Moms alami, dokter dapat memberikan penanganan terlebih dahulu agar nantinya Moms dapat menjalani kehamilan yang sehat.

Itulah Moms, persiapan sebelum melakukan program hamil yang bisa Moms lakukan. Semangat ya, Moms!

Baca Juga: Ini Kekhawatiran yang Biasanya Dihadapi Pasangan Saat akan Memulai Program Hamil

(AN/DIN)

Artikel Terkait