KESEHATAN
25 Mei 2019

3 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

Ternyata banyak makanan lain yang baik untuk mata!
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Wortel dikenal luas sebagai salah satu makanan yang paling baik untuk mata karena kaya vitamin A. Padahal, ada makanan lain yang kandungan betakarotennya lebih tinggi daripada wortel.

Selain vitamin A alias betakaroten, zat seperti lutein dan asam lemak omega 3 juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

Apa saja makanan yang tinggi kandungan betakaroten, lutein, dan asam lemak omega 3 untuk kesehatan mata?

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Penularan Sakit Mata

1. Sayuran Hijau

sayur bayam

Sayuran hijau kaya akan kandungan lutein yang memiliki nutrisi penting bagi kesehatan mata, terutama bagian lensa dan retina.

Lutein di sini memiliki fungsi sebagai pelindung mata dari bahaya sinar UV. Salah satu jenis sayuran hijau yang paling tinggi kandungan luteinnya adalah bayam.

2. Buah

buah apel serat

Retina mata memerlukan vitamin A untuk melihat di malam hari. Vitamin yang juga disebut betakaroten ini banyak terkandung dalam buah.

Apa saja buah yang bagus untuk mata? Buah yang mengandung vitamin A paling tinggi di antaranya melon, pepaya, semangka, markisa, dan apel.

Baca Juga: Bayi Ngeces, Tanda Gangguan Kesehatan?

3. Ikan

1 salmon

Ternyata ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk menormalkan sel retina yang lemah.

Upayakan mengonsumsi satu porsi salmon atau tuna setiap minggu untuk melengkapi kebutuhan asam lemak omega 3 agar mata Anda tetap sehat.

Menjaga kesehatan matapun bisa dilakukan dengan cara alami yang lebih bervariasi. Kalau Moms, bagaimana cara menjaga kesehatan mata selain dengan mengonsumsi makanan sehat?

(RIBJANE)

Artikel Terkait