PERNIKAHAN & SEKS
5 April 2019

3 Makanan yang Dapat Menurunkan Hasrat Seksual

Jangan sampai konsumsi makanan ini sebelum mulai seks
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Makanan dan seks memiliki sejarah panjang dan rumit. Selama bertahun-tahun telah dipercayai berbagai penelitian bahwa makan dapat memiliki efek seksual yang bekerja pada level psikosomatis dan fisiologis.

Hasrat seksual dikendalikan oleh apa yang dikenal sebagai libido. Kemudian, libido ditentukan oleh sejumlah faktor yang mencakup pengaruh sosiologis, psikologis, dan hormonal.

"Pada laki-laki dan perempuan, hormon testosteron mendorong banyak libido manusia," jelas Dr. Michael Hirt, pendiri Center for Integrative Medicine di San Fernando Valley, California, seperti dikutip dari Thedailymeal.com.

Menurutnya, jika testosteron rendah berarti gairah seks juga lebih rendah. Maka dari itu, ada baiknya Moms menghindari makanan berikut ini yang dapat mengubah hormon sehingga dapat menurunkan hasrat seksual.

Baca Juga: Hati-hati! 5 Kebiasaan Tak Terduga Ini Bisa Menurunkan Gairah Seksual

1. Makanan Olahan

libido rendah 01

foto: The Spruce Eats

Makanan olahan tak banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan seksual. Salah satu nutrisi seperti mineral dan zinc sangat penting bagi kesehatan reproduksi pria. Makanan olahan yang mengandung tepung putih sebaiknya dihindari.

Dibandingkan dengan tepung gandum atau tepung gandum, tepung serba guna memiliki zinc sekitar tiga perempat lebih sedikit.

Selain itu, makan tepung serba guna dalam jumlah besar tanpa protein dan lemak yang cukup dapat menyebabkan resistensi insulin yang berujung pada penyakit diabetes.

Diabetes dapat mempersempit arteri seseorang, meningkatkan risiko penyakit jantung, dan disfungsi ereksi. Maka pilihlah makanan yang mengandung serat tinggi.

Moms bisa mengganti dengan karbohidrat kompleks misalnya dengan beras merah atau roti gandum. Kurangi makanan berlemak dan olahan seperti fast food.

2. Buah-Buahan yang Tidak Bebas Pesitisida

libido rendah 02

foto: Food Revolution Network

Dari sudut pandang gizi, makan buah segar sangat bermanfaat. Banyak pula yang mengatakan jika makan buah secara langsung tanpa dikupas juga sehat. Tetapi beberapa buah yang bisa dimakan justru mengandung pestisida tinggi pada kulitnya.

Namun, jika Moms dapat menemukan buah beri organik yang bebas pestisida, Moms akan menemukan bahwa kandungan vitaminnya dapat membantu meningkatkan kehidupan seks.

Jadi sebisa mungkin Moms harus memastikan buah yang dikonsumsi aman dari bahan-bahan kimia ya! Moms juga harus memastikan buah-buah dicuci di bawah air mengalir agar aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Gairah Bercinta

3. Air dalam Kemasan

libido rendah 03

foto: Inhabitat

Ada banyak alasan untuk menghindari air kemasan konvensional, salah satunya menyangkut kejantanan dan kesuburan. BPA yang ditemukan dalam botol plastik adalah yang penyebab terbesar.

Bisphenol A, yang biasa disebut BPA, adalah komponen kimia yang ditemukan di banyak wadah makanan plastik yang dapat membahayakan tubuh Moms dengan lebih dari satu cara.

Sebaiknya Moms menghindari BPA ketika memilih botol air yang dapat digunakan kembali, terutama karena kandungan tersebut dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria.

Selain itu, sebuah penelitian di Slovenia yang diterbitkan dalam Fertility & Sterility menemukan hubungan yang signifikan antara konsentrasi BPA urin pada pria dan jumlah sperma, konsentrasi, dan vitalitas sperma yang lebih rendah.

Dalam sebuah studi Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard, ditemukan bahwa wanita yang memiliki kadar BPA yang lebih tinggi dalam tubuhnya menghasilkan 27 persen telur yang kurang layak.

Jadi tak hanya mengurangi hasrat seksual, hal ini juga bisa menganggu kesuburan.

Nah, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan hasrat seksual bahkan mengganggu kesuburan. Harus mulai dihindari ya Moms.

(GSA/AND)

Artikel Terkait