2-3 TAHUN
20 Mei 2020

3 Makanan Yang Harus Dihindari Balita Penderita Asma

Jauhkan balita penderita asma dari tiga jenis makanan ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Walau tidak dapat menyembuhkan, mengenali makanan untuk dihindari penderita asma rupanya cukup efektif mengurangi resiko kambuhnya asma pada balita lho, Moms. Terutama pada balita penderita asma yang memiliki alergi pada makanan tertentu.

Seperti dijelaskan dalam sebuah studi yang dilansir The British Medical Journal, pergeseran pola makan yang saat ini didominasi oleh makanan siap saji ternyata ada hubungannya dengan semakin meningkatnya kasus asma pada anak.

Makanan untuk Dihindari Penderita Asma

Yuk Moms, perhatikan dulu berbagai makanan yang sebaiknya dihindari oleh balita penderita asma berikut ini.

Makanan Pemicu Alergi

3 Makanan Yang Harus Dihindari Balita Penderita Asma 1.jpg

Foto: 3mcanada.com

Menurut The Asthma UK, yayasan amal untuk asma di Britania Raya, reaksi dari alergi makanan bisa dengan cepat memicu gejala asma, seperti mengi, batuk, dan sesak napas.

Jadi jika Moms tahu Si Kecil memliki alergi terhadap makanan tertentu, segera mulai hindari atau substitutsi dengan bahan lain untuk mengurangi resiko kambuhnya gejala asma.

Mengutip informasi dari healthline.com, sebagian besar kasus alergi makanan rupanya disebabkan oleh delapan jenis makanan, yaitu susu sapi, telur, kacang pohon, kacang tanah, udang, gandum, kedelai, dan ikan.

Baca Juga: Waspadai 5 Gejala Anak Alergi Makanan Berikut Ini

Makanan Cepat Saji

3 Makanan Yang Harus Dihindari Balita Penderita Asma 2.jpg

Foto: Freepik.com

Makanan olahan dan cepat saji termasuk dalam makanan untuk dihindari oleh penderita asma lho, Moms. Walau praktis dan biasanya disukai oleh balita, di dalamnya ada berbagai kandungan yang bisa memicu atau memperparah asma balita.

Salah satunya adalah bahan tambahan pangan bernama sulfit, yang biasanya digunakan sebagai pengawet dalam makanan atau minuman. Beberapa makanan yang mengandung sulfit di antaranya adalah makanan terfermentasi, buah kering, keripik kentang, udang beku, dan selai.

Baca Juga: Begini Cara Tepat Memberikan Fast Food kepada Anak

Gorengan dan Makanan Olahan

3 Makanan Yang Harus Dihindari Balita Penderita Asma 3.jpg

Foto: Freepik.com

Gorengan dan makanan olahan kemasan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans juga sebaiknya dihindari oleh balita penderita asma ya, Moms.

Menurut laporan dari healthcentral.com, sebuah hasil studi menunjukkan kalau fungsi paru-paru penderita asma dalam keadaan lebih buruk setelah mengonsumsi makanan berkandungan lemak tinggi.

Kondisi tersebut diduga karena sistem kekebalan tubuh mengenali lemak jenuh sebagai musuh yang harus disingkirkan, dengan cara melepaskan zat anti alergi yang membuat saluran pernapasan meradang. Akibatnya, otot yang melapisi saluran pernapasan menjadi sempit dan gejala asma pun muncul.

Baca Juga: Awas, Ini 5 Dampak Buruk Kalau Anak Terlalu Sering Makan Gorengan

Selain menjauhkan Si Kecil dari makanan untuk dihindari penderita asma di atas, menjalankan pola makan sehat yang kaya akan buah dan sayuran juga tidak kalah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah kambuhnya asma.

Apa Moms tahu, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh anak penderita asma?

Artikel Terkait