BALITA DAN ANAK
9 Juli 2019

3 Manfaat Anak Berhitung Dengan Jari Saat Belajar Matematika

Jangan larang anak berhitung dengan jari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Sudah tahu belum Moms, kalau ada banyak manfaat baik berhitung dengan jari saat anak belajar matematika?

Sebagian guru sekolah dasar memang mulai membiasakan anak berhitung secara mental, namun berbagai hasil studi ilmiah justru menunjukkan kalau anak kelas 1 sampai 3 bisa belajar matematika dengan lebih baik saat mereka berhitung dengan jari.

Kira-kira, apa saja ya manfaat baik berhitung dengan jari? Silakan baca sampai selesai untuk tahu jawabannya ya, Moms.

1. Berperan sebagai Bantuan Visual

3 Manfaat Baik Berhitung Dengan Jari Saat Anak Belajar Matematika 1.jpg

Hindustantimes.com

Jangan percaya dengan mitos salah kaprah kalau berhitung dengan jari akan membuat anak kesulitan menguasai matematika di masa depan.

Seperti disebutkan dalam studi yang dilakukan oleh Profesor Matematika Jo Boaler dan Lang Chen, dikatakan kalau jari adalah alat bantu visual untuk belajar matematika yang paling alami dan efektif.

Kedua peneliti tersebut juga menyebutkan kalau melarang anak berhitung dengan jari sama saja dengan menghambat perkembangan kemampuan matematika anak.

Dengan stimulasi multisensori saat berhitung dengan menggunakan jari, manfaat baik berhitung dengan jari ini terutama akan dirasakan oleh anak dengan gaya belajar visual dan kinestetik.

Baca Juga : Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengajarkan Anak Membaca dan Berhitung?

2. Membantu Anak Memahami Konsep Matematika

3 Manfaat Baik Berhitung Dengan Jari Saat Anak Belajar Matematika 2.jpg

Marvelmama.net

Saat anak berhitung dengan jari, secara tidak langsung mereka menerjemahkan konsep matematika yang abstrak menjadi sesuatu yang bisa dilihat secara nyata.

Sebuah studi dalam jurnal Frontiers juga mengungkap kalau berhitung dengan jari akan memperkuat kemampuan anak dalam mengolah angka sekaligus mendukung perkembangan kompetensi numerik dasar dan kompetensi aritmetika.

Jadi tidak heran kalau dalam laporan yang dirilis oleh National Institute of Health disebutkan kalau anak yang mulai belajar matematika sambil berhitung dengan jari, cenderung memiliki nilai matematika yang lebih baik ketimbang anak yang tidak terbiasa melakukannya.

Boleh dicoba nih Moms, supaya Si Kecil gampang menghapalkan konsep matematika seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, hingga rumus yang lebih sulit.

3. Meningkatkan Persepsi Jari

3 Manfaat Baik Berhitung Dengan Jari Saat Anak Belajar Matematika 3.jpg

Verywellfamily.com

Moms harus tahu dulu, yang dimaksud dengan persepsi jari adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, dan terampil menggunakan jari.

Walau kelihatannya sepele, persepsi jari ternyata berkaitan sangat erat dengan kemampuan matematika anak.

Hal ini berhubungan dengan sebuah area otak bernama somatosensori, yang aktif saat anak merespon pada panas, tekanan, rasa sakit, dan menggunakan jari.

Nah, area otak tersebut akan aktif saat anak dihadapkan dengan persoalan matematika, bahkan saat dia sudah tidak lagi berhitung dengan jari saat belajar matematika.

Semakin rumit masalah matematika, maka akan semakin aktif pula somatosensori.

Manfaat baik berhitung dengan jari ini didukung oleh sebuah studi perilaku dan ilmu saraf dalam National Center for Biotechnology Information, yang menyebutkan kalau semakin baik persepsi jari seorang anak, maka akan semakin baik pula kemampuan matematikanya.

Nah, salah satu cara untuk meningkatkan persepsi jari adalah berhitung dengan jari saat anak belajar matematika.

Jadi biarkan saja dulu anak belajar matematika sambil berhitung dengan jari ya, Moms. Seiring dengan menguatnya kemampuan mental anak, dia juga akan semakin pandai berhitung tanpa harus menggunakan jari.

Apa Moms tahu aktivitas lain yang bisa meningkatkan kemampuan matematika anak?

Baca Juga : Ajak Anak Belajar Sains Lewat 3 Permainan Ini

(WA/CAR)

Artikel Terkait