KESEHATAN
26 Maret 2020

3 Olahraga Ibu Hamil yang Cocok di Musim Hujan

Dari jalan cepat hingga yoga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Yuk, tengok olahraga ibu hamil yang cocok di musim hujan.

Musim hujan telah tiba. Cuaca mulai terasa lebih dingin. Jalan kaki pagi dan sore terasa lebih berat karena kadang jalanan jadi becek sisa hujan. Ibu hamil jadi mager, deh.

Eits, tenang. Untuk Moms yang sedang hamil, ada solusi lain agar badan tetap bugar saat hamil.

Tentunya yoga untuk ibu hamil memang bagus, tapi bukan cuma itu.

Baca Juga: 7 Tanda Bahaya Bagi Kehamilan Moms saat Olahraga dan Senam Hamil

Olahraga Ibu Hamil di Musim Hujan

Percayalah, jika Moms mempertahankan rutinitas olahraga ibu hamil saat cuaca hujan, tubuh dan bayi akan berterima kasih.

Berikut ini adalah tipsnya.

1. Berjalan Cepat

3 Olahraga Ibu Hamil yang Cocok di Musim Hujan 01.jpg

Foto: babycentre.com

Olahraga ibu hamil bisa dilakukan jika memiliki treadmill. Tapi tidak punya pun masih bisa kok.

Moms bisa berjalan berkeliling rumah sekian putaran. Setidaknya lakukan selama 30 menit sampai dengan satu jam.

Atau jika cuaca di luar terlalu dingin dan basah, maka mesin sepeda treadmill, elips, atau stasioner adalah pilihan olahraga indoor yang bagus.

Jika keukeuh ingin berkeliaran di luar saat cuaca dingin, pastikan untuk memiliki alas kaki yang tepat.

Jangan sampai Moms tergelincir dan jatuh. Pakailah pakaian hangat dan tebal.

2. Naik-turun Tangga

3 Olahraga Ibu Hamil yang Cocok di Musim Hujan 02.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Tidak memiliki keanggotaan gym atau peralatan kebugaran di rumah? Cobalah berjalan di tempat atau naik turun tangga selama 20-30 menit.

Jika menaiki tangga, pastikan untuk memegang pegangan untuk dukungan dan hanya melakukan ini hingga 36 minggu kehamilan.

Lebih dari itu, perut Moms yang sedang tumbuh membuat keseimbangan semakin sulit.

Baca Juga: Bagi Wanita Hamil, Tahukah Sindrom Alkohol Janin Pada Bayi?

3. Yoga atau Pilates

3 Olahraga Ibu Hamil yang Cocok di Musim Hujan 03.jpg

Foto: corepoweryoga.com

Yoga untuk ibu hamil atau pilates prenatal adalah pilihan bagus untuk hari-hari ketika motivasi olahraga ibu hamil sedang rendah.

Moms bisa tetap bugar hanya dengan modal lihat tutorialnya di YouTube. Atau cobalah untuk menemui instruktur yang berspesialisasi dalam kebugaran prenatal.

"Tren yoga prenatal ini mulai populer dan saya perhatikan dalam praktik saya sendiri. Saya perhatikan pasien saya yang lebih aktif lebih bahagia dan lebih menikmati kehamilan mereka," kata Fares Diarbakerli, MD, seorang ob-gyn di wilayah New York / New Jersey.

Mengapa Tetap Harus Berolahraga di Musim Hujan?

Olahraga tidak hanya dapat membantu mempertahankan kenaikan berat badan yang sehat selama kehamilan.

Ia juga dapat membantu Moms tidur lebih baik, mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peregangan tubuh, dan dapat membuat proses melahirkan lebih mudah.

Namun, Moms juga harus memperhatikan tanda-tanda untuk berhenti berolahraga.

Jika terjadi perdarahan vagina, kontraksi teratur yang menyakitkan, atau bocornya cairan ketuban, maka berhentilah berolahraga dan periksakan diri ke dokter.

Menurut Alexandra DiMatteo, seorang obgyn di departemen Obgyn Boulder Medical Center di Boulder dan Longmont, Colorado, berhentilah berolahraga jika mengalami sakit kepala, pusing, atau nyeri dada.

Ketahuilah bahwa ketika otot Moms melemah selama latihan, risiko jatuh juga meningkat.

Jika Moms merasa otot melemah, kurangi intensitas latihannya atau hentikan saja lalu istirahat.

Yang penting adalah memastikan dokter untuk mengevaluasi rencana latihan Moms.

Pastikan bahwa Moms mengikuti batasan fisik yang direkomendasikan.

Baca Juga: Benarkah Ibu Hamil Makanan Empuk Bagi Nyamuk?

Jadi, itulah tiga jenis olahraga ibu hamil indoor yang bisa dilakukan saat cuaca sedang tidak baik. Yang mana favorit Moms?

Artikel Terkait