PERNIKAHAN & SEKS
3 September 2019

3 Pelumas Alternatif Alami yang Aman Digunakan Saat Berhubungan Intim

Lidah buaya murni aman digunakan sebagai pelumas alternatif yang alami
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Menggunakan pelumas saat berhubungan intim itu penting, terutama di usia yang tidak lagi produktif di mana cenderung mengalami kondisi vagina yang kering.

Namun, saat sedang asyik berhubungan intim, mungkin ada satu kondisi di mana tepat saat pelumas tidak ada. Beberapa pasangan mungkin akan menggunakan pelumas alternatif lain yang ada di sekitar.

Mengutip Bustle, penggunaan bahan tertentu dapat memberikan dampak dan risiko merugikan bagi vagina lho, Moms.

Penggunaan dengan minyak, misalnya, dapat menimbulkan korosi pada lateks kondom, menurut Pusat Informasi Bioteknologi Nasional. Hal ini dapat menyebabkan kondom menjadi kurang efektif dan bahkan robek selama hubungan seksual.

Begitu juga dengan produk lilin/wax seperti shea butter, beeswax, atau minyak jojoba, dapat merusak sel-sel kulit vagina.

Meskipun begitu, jangan khawatir, karena tanpa menggunakan pelumas komersial pun, Moms dan pasangan bisa menggunakan beberapa produk alternatif lain sebagai pelumas alami dan aman saat berhubungan intim.

Baca Juga: Cairan Berlebihan Keluar Dari Vagina Saat Berhubungan Intim, Wajarkah?

Pelumas Alternatif yang Alami

1. Lidah Buaya

lidah buaya

Moms tentu sudah tahu tentang banyaknya manfaat dari penggunaan lidah buaya ini. Selain dapat merawat kulit yang terbakar matahari, lidah buaya dapat menjadi alternatif yang bagus sebagai pelumas saat berhubungan.

Menurut ahli farmasi Joe Graedon dari The People's Pharmacy, lidah buaya sudah dikenal sangat lembut dan netral pada semua jenis kulit, jadi aman digunakan di sekitar vagina.

Namun, pastikan gel lidah buaya murni 100% dari lidah buaya, dan tidak mengandung bahan tambahan lainnya. Lidah buaya juga benar-benar aman digunakan pada kondom karena tidak mengandung minyak atau kandungan yang dapat memecah lateks.

Baca Juga: Mudahnya Menanam Lidah Buaya. Ini Caranya!

2. Putih Telur

putih telur

Ini mungkin merupakan cara yang mengundang pro dan kontra. Selain karena aroma telur yang mungkin berbau amis, banyak orang merasa khawatir tentang adanya risiko Salmonella.

Namun, menurut perawat kandungan Maureen Stephens, mengoleskan putih telur ke vagina (khusus untuk tujuan kesuburan) itu aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Selain itu, banyak wanita yang percaya akan ilmu homeopati (terapi alternatif) percaya pada hal-hal itu, dan menggunakannya tidak hanya sebagai pelumas, tetapi juga untuk hamil, karena dianggap baik untuk memastikan sperma menuju sel telur.

Tetapi bila tetap ingin mencoba menggunakan putih telur, gunakan putih telur pada suhu kamar dalam mangkuk, untuk menghindari pemakaian yang berantakan.

Baca Juga: Yuk Hilangkan Komedo Dengan Masker Putih Telur!

3. Minyak Nabati

minyak kelapa.jpg

Menurut terapis seks Brier Jirka, beberapa minyak nabati seperti minyak alpukat, minyak kelapa, dan minyak zaitun dapat digunakan sebagai pelumas alami.

Minyak nabati sangat baik untuk menstimulasi klitoris dan pijat vulva, tetapi ingat untuk jauhkan dari penggunaan kondom, karena bisa membuat kondom rusak.

Selain itu, minyak nabati lebih tahan lebih lama ketimbang menggunakan pelumas yang berbahan dasar air.

Minyak kelapa juga memiliki sifat anti-jamur yang membantu dalam menghindari infeksi ragi. Pastikan minyak kelapa tersebut murni dan tanpa tambahan gula.

(AP)

Artikel Terkait