KESEHATAN
30 September 2019

3 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus E. Coli, Simak di Sini!

Tak main-main, penyakitnya berbahaya lo!
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Tak hanya virus yang menyebabkan suatu penyakit. Tetapi juga dari bakteri yang berada di sekitar kita.

Salah satu bakteri yang menyebabkan penyakit adalah Escherichia coli atau yang dikenal sebagai E. coli.

E. coli adalah sekelompok bakteri yang biasanya hidup di usus manusia dan hewan dan membantu menjaga usus kita tetap sehat. Namun, beberapa jenis bakteri kadang-kadang dapat menyebabkan penyakit parah, menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Jenis E. coli yang menyebabkan sebagian besar infeksi berbahaya di Amerika Serikat, menghasilkan racun yang disebut Shiga, dan secara tepat disebut E. coli penghasil racun Shiga (STEC atau Shiga-toxin-producing E. coli).

Di Amerika Utara, jenis STEC yang paling umum adalah E. coli O157: H7 atau yang biasa disingkat menjadi E. coli O145.

CDC memperkirakan bahwa 265.000 orang Amerika terine.colifeksi STEC per tahun, menghasilkan sekitar 3.600 rawat inap dan 30 kematian.

E. coli salah satu penyebab paling umum dari banyak infeksi bakteri dan infeksi klinis lainnya. Lalu, apa saja penyakit yang disebabkan oleh E. coli?

1. Meningitis

1 - 3 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus E Coli.jpg

Foto: maxliving.com

Sebagian besar kasus meningitis neonatal disebabkan oleh infeksi streptokokus E. coli. Bahkan, wanita hamil memiliki risiko kolonisasi yang lebih tinggi!

Pada orang dewasa, jarang ditemui kasus meningitis E. coli ini, tetapi hal ini bisa terjadi setelah mendapat trauma tubuh atau prosedur bedah saraf.

2. Infeksi Saluran Kemih

2 - 3 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus E Coli.jpg

Foto: 360integrativemedicalcentre.com

Saluran kemih adalah tempat paling umum infeksi E. coli dan lebih dari 90% kasus yang terjadi, dari semua infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri E. coli.

Dilansir dari mayoclinic.org, infeksi saluran kemih biasanya terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai berkembang biak di kandung kemih.

Bahkan, infeksi saluran kemih umum terjadi terutama pada wanita.

3. Gastroenteritis

3 - 3 Penyakit yang Disebabkan oleh Virus E Coli (1).jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Sejumlah bakteri bisa memicu terjadinya gastroenteritis, yakni radang saluran pencernaan. Salah satu bakteri yang berperan di dalamnya adalah bakteri E. coli.

Dikutip dari healthline.com, gastroenteritis dapat disebabkan oleh kebersihan yang buruk. Infeksi juga dapat terjadi setelah kontak dekat dengan hewan atau mengonsumsi makanan atau air yang terkontaminasi bakteri (atau zat beracun yang dihasilkan bakteri).

Jika Moms mulai kehilangan selera makan, mual dan muntah, diare, sakit perut atau kram, dan demam, mungkin telah terkena penyakit yang satu ini. Segera hubungi dokter untuk mendapat perawatan yang tepat.

(SA)

Artikel Terkait