3-12 BULAN
11 November 2019

3 Penyebab Bayi Sering Menggigil, Apa Sajakah?

Menggigil tidak menandakan bahwa Si Kecil kedinginan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Penyebab bayi sering menggigil ada beraneka rupa. Namun, tahukah Moms bahwa sampai sekitar usia enam bulan bayi tidak bisa menggigil karena kedinginan?

Meskipun bayi sering terlihat bergerak menyentak lengan dan kaki yang tidak berbahaya, gerakan yang terlihat seperti menggigil ini juga bisa menjadi tanda sesuatu yang jauh lebih serius.

Profesor Paul Colditz, Presiden Pediatri dan Kesehatan Anak di Royal Australasian College of Physicians, menjelaskan bahwa ketika anak-anak bertambah besar mereka akan menggigil sebagai cara untuk menghasilkan panas, tetapi bayi memiliki jenis lemak tertentu yang disebut jaringan adiposa coklat (lemak coklat) itu dibakar, yang membantu mereka tetap hangat.

Baca Juga: Tak Hanya Karena Suhu Lingkungan Rendah, Ini 6 Penyebab Lain Anda Merasa Kedinginan

Sampai kira-kira enam bulan, lemak pada anak inilah yang merupakan metode yang akan digunakan bayi untuk tetap hangat.

“Namun bayi pasti akan mulai menggigil setelah enam bulan,” kata Profesor Colditz. Lalu jika bayi kita suka menggigil, apa yang menyebabkannya?

1. Karena Terlalu Bersemangat

bayi menggigil

Foto: momjunction.com

Hal ini tidak berarti bahwa bayi yang baru lahir tidak akan membuat gerakan menggigil, hanya saja ada alasan lain yang terjadi saat bayi sering menggigil.

“Karena kontrol otot berkembang perlahan-lahan, bayi akan sering bergidik, sehingga saat bersemangat, anggota tubuh mereka juga menginginkan sesuatu atau bergerak dengan cara apa pun,” kata Dr. Daniel Golshevsky, dokter anak.

Baca Juga: Mengenali Gangguan Saraf pada Anak agar Tidak Terlambat Ditangani

Ia juga mengatakan bahwa gerakan si bayi juga sangat lamban dan tidak mulus, yang kadang-kadang bisa disalahartikan sebagai kejang.

2. Bayi Mulai Bangun dari Tidur

bayi menggigil

Foto: babycentre.com

“Saat lain yang sangat umum untuk mengamati gerakan bayi yang sering menggigil yang tidak biasa adalah ketika bayi tertidur dan ketika mereka mulai bangun. Gerakan-gerakan ini disebut myoclonus, yang berasal dari bahasa latin myo, yang berarti otot, dan clonus, yang berarti sensor on / off yang cepat,” jelas Dr. Daniel Golshevsky.

Gerakan bayi menggigil seperti tersentak ini bisa sangat menakutkan jika dilihat oleh beberapa orang tua.

3. Karena Cedera dan Hal Lainnya

bayi menggigil

Foto: kidshealth.com

Moms perlu mulai merasa khawatir jika bayi menggigil sedikit-sedikit, dalam jangka waktu 20 detik sekali.

Baca Juga: Anak Gemar Olahraga, Ini 5 Cara Mencegah Agar Tidak Cedera

Menurut Dr. Daniel Golshevsky, hal ini bisa berhubungan dengan cedera, penyakit tertentu, demam, kehilangan kesadaran, gerakan mata yang tidak biasa atau jika pernapasan jika ada masalah pernapasan pada bayi.

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh American Academy of Pediatrics bahkan menyebutkan bahwa bayi juga bisa menggigil karena kurang vitamin D.

Itu dia Moms beberapa kemungkinan penyebab bayi sering menggigil. Jadi bukan karena dingin ya, bisa jadi karena hal lainnya.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait