TRIMESTER 2
26 April 2020

3 Penyebab Sering Kesemutan saat Hamil, Simak Penjelasannya ya Moms!

Rasa kesemutan ini akan semakin buruk di malam hari
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Mungkin ada yang berpikiran bahwa wanita yang sedang hamil, tidak mengalami rasa lelah dan nyaman-nyaman saja. Padahal calon ibu baru bisa mengalami beberapa gejala yang tidak terduga, terutama dalam bulan-bulan terakhir kehamilannya.

Faktanya, beberapa wanita hamil akan mengalami kesemutan dan pegal-pegal seperti ditusuk jarum. Bisa juga mengalami mati rasa dibagian tangan, jari, kaki, punggung, atau belakang badan.

Baca Juga: Ternyata Ini Cara yang Benar Mengatasi Kebas dan Kesemutan

Tidak hanya gejala-gejala ini yang dirasakan, mereka juga akan merasakan kesemutan dan ketidaknyamanan lainnya, yang membuat kita bertanya-tanya apa yang dialami oleh para ibu hamil?

Penyebab Sering Kesemutan saat Hamil

Gejala kesemutan saat hamil ini seringkali dirasakan. Apa sebenarnya penyebab kesemutan pada ibu hamil?

1. Suplai Darah Terputus

kesemutan saat hamil

Foto: todayparents.com

Dilansir dari laman The Sun, Moms akan mengalami kesemutan ketika suplai darah ke saraf terputus.

"Selama kehamilan, sebagian besar kasus kesemutan saat hamil merupakan risiko dari peningkatan volume cairan yang Moms bawa, lalu menekan sendi dan saraf," kata Michelle Lyne, penasihat profesional pendidikan di Royal College of Midwives.

Orang normal yang tidak hamil juga biasanya akan mengalami kesemutan di bagian lengan, tangan, dan kaki. Sensasinya bisa sangat halus atau bisa terasa seperti terbakar di tangan, kaki, dan lengan.

Baca Juga: Benarkah Makan Belimbing Saat Hamil Sangat Bermanfaat?

Rasa kesemutan saat hamil ini biasanya akan hilang dengan mudah ketika kita menurunkan berat badan tubuh, dan pasokan darah kembali ke saraf.

Moms dapat mencoba mempercepat proses dengan mengepalkan dan melepaskan tangan atau kaki, dan melepaskan pakaian apapun yang ketat.

2. Berat Bayi dalam Rahim

kesemutan saat hamil

Foto: verywellfamily.com

"Kesemutan saat hamil juga bisa disebabkan oleh berat bayi dan rahim yang membesar, ketika mereka tumbuh, juga akan meningkatkan tekanan pada sendi dan saraf," kata Michelle Lyne.

Karena adanya perubahan bentuk tubuh pada ibu saat hamil, maka hal ini mungkin akan menyebabkan kesemuta seiring dengan bertambahnya usia kandungan.

3. Cara Tidur Ibu Hamil yang Salah

kesemutan saat hamil

Foto: momjunction.com

Banyak ibu hamil tidak bisa tidur atau segera setelah tertidur, mereka akan terbangun karena merasa kesemutan, yang sangat mengganggu.

Baca Juga: Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Kesemutan saat hamil ini akan semakin buruk di malam hari, karena ada penumpukan cairan sepanjang hari dan distribusi berat ketika kita berbaring, sehingga memberikan tekanan pada punggung.

"Selain itu, berbaring diam tidak membantu sirkulasi kita. Pada siang hari, Moms akan bergerak lebih banyak, jadi kecil kemungkinannya untuk mengalami atau merasa kesemutan, "kata Michelle Lyne.

Itu dia beberapa penyebab kesemutan saat hamil. Apakah Moms yang sedang hamil sering merasakannya?

(AWD/DIN)

Artikel Terkait