DI ATAS 5 TAHUN
19 Desember 2019

3 Permainan untuk Mengajari Anak Membaca sebelum Masuk SD

Mengajari anak membaca dapat dilakukan melalui ketiga permainan seru ini!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Si Kecil sebentar lagi masuk sekolah dasar (SD)? Berarti sudah saatnya Moms mengajari anak membaca.

Sebab saat ini banyak sekolah dasar (SD) yang mensyaratkan calon murid kelas 1 sudah memiliki kemampuan membaca. Oleh karena itu, salah satu persiapan yang perlu orang tua lakukan adalah mengajari anak membaca.

Biasanya, anak yang mengikuti kegiatan di prasekolah atau taman kanak-kanak (TK) sudah mengenal huruf dan angka. Sebagian anak mungkin bahkan sudah mampu membaca kata-kata pendek.

Nah, untuk memantapkan kemampuan membaca si Kecil agar proses masuk SD-nya lebih lancar, Moms dapat mengajari anak membaca.

Berikut beberapa cara seru yang dapat Moms coba untuk mengajari anak membaca.

Baca Juga: 6 Cara Mengajak Si Kecil Kembali Membaca Buku Usai Screen Time

Permainan untuk Mengajari Anak Membaca Sebelum Masuk SD

1. Berburu Kata

3 Permainan untuk Mengajari Anak Membaca sebelum Masuk SD 01.jpg

Foto: youngparents.com.sg

Perkenalkan si Kecil dengan “pasangan kata”. Misal, “adik-kakak”, “buku-tulis”, “rumah-makan”, dan sebagainya.

Tuliskan tiap-tiap kata tersebut pada sebuah kartu dan sembunyikan kartu-kartu tersebut di beberapa tempat di dalam rumah.

Kemudian, minta si Kecil mencari kartu-kartu kata tersebut dan satukan tiap kata dengan pasangannya.

Baca Juga: Tidak Disangka, Ternyata Ini 4 Manfaat Membaca Komik Bagi Anak

2. Bermain Tebak-tebakan

3 Permainan untuk Mengajari Anak Membaca sebelum Masuk SD 02.jpg

Foto: todaysparent.com

Mengajari anak membaca bisa dilakukan dengan bermain tebak-tebakan, lho!

Pertama-tama, buat dadu dari kertas, lalu tempelkan kata “siapa”, “apa”, “kapan”, “di mana”, dan “kenapa” pada tiap sisi dadu (biarkan satu sisi kosong).

Pilih satu cerita pendek, lalu baca bersama anak. Setelah itu, lemparlah dadu yang tadi. Bila sisi atas menunjukkan kata “siapa”, misalnya, Moms bisa minta si Kecil menyebutkan siapa tokoh-tokoh dalam cerita tadi.

Bila sisi atas menunjukkan kata “di mana”, Moms bisa minta si Kecil menceritakan lokasi kejadian dalam cerita tersebut, dan seterusnya.

3. Potret, Cetak, Tulis

3 Permainan untuk Mengajari Anak Membaca sebelum Masuk SD 03.jpg

Foto: greatschools.org

Permainan ini tak kalah seru untuk mengajari anak membaca. Saat sedang bepergian dengan si Kecil, minta ia memilih objek-objek yang menarik untuk dipotret.

Cetak hasil foto tersebut dan tempelkan di buku gambar atau scrapbook. Kemudian, minta si Kecil melihat foto-foto itu dan menuliskan apa yang ia lihat di tiap-tiap foto.

Moms dan Dads perlu memahami bahwa kemampuan tiap anak untuk bisa membaca berbeda-beda.

“Otak manusia tidak ‘dirancang’ secara khusus untuk bisa membaca pada usia tertentu, seperti halnya kemampuan berbicara atau mendengar,” terang Bev Brenna, dosen ilmu pendidikan di University of Saskatchewan yang menguasai kekhususan pada pendidikan literasi.

Lagipula, dikutip dari jurnal Early Child Development and Care, kemampuan membaca anak juga dipengaruhi oleh kebiasaan orang tua sehari-hari di rumah.

Senada dengan Brenna, Carol Leroy, direktur Pusat Membaca dan Bahasa di University of Alberta mengatakan, melek huruf adalah kemampuan yang diperoleh seseorang melalui proses yang bertahap.

Jadi, Moms tak perlu khawatir bila saat si Kecil hendak masuk SD ia belum bisa membaca, sedangkan teman sebayanya sudah lancar membaca. Moms dapat mengajari anak membaca dengan melakukan ketiga permainan seru di atas.

Baca Juga: 7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Mengajari Balita Membaca

(AN)

Artikel Terkait