KEHAMILAN
16 September 2019

3 Persiapan Mental yang Wajib Moms Siapkan Sebelum Proses Persalinan

Mempersiapkan mental sebelum melahirkan juga sangat penting, Moms!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Tidak bisa dipungkiri Moms, setiap orang yang baru melakukan sesuatu untuk pertama kalinya pasti memiliki rasa takut. Hal yang serupa juga dialami oleh calon ibu baru yang sedang menanti kelahiran Si Kecil. Terlebih ketika waktu kelahiran semakin dekat.

Namun, jangan jadi stress, ya, Moms. Untuk mengurangi kekhawatiran Moms, berikut ini persiapan mental yang bisa dilakukan mendekati kelahiran Si Kecil.

Menurut Association for Improvement Maternitiy Service (AIM), selain mempersiapkan perlengkapan yang harus dibawa saat proses persalinan, mempersiapkan kesiapan mental tidak kalah wajib, Moms.

Tingkatkan Pemahaman Tentang Kelahiran

3 Persiapan Mental Wajib yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Proses Persalinan

Foto: parents

Moms harus membekali diri dengan banyak informasi seputar persalinan dan kelahiran. Walaupun Moms sudah merencanakan proses persalinan dilakukan di rumah sakit dan dengan dokter andalan.

Moms bisa memahami lebih banyak tentang pilihan persalinan yang bisa dipilih, seperti persalinan normal, caesar, atau water birth .

Pelajari masing-masing kelebihan dan kekurangan persalinan tersebut. Pengetahun itu akan membantu Moms merasa lebih percaya diri dalam membuat keputusan tentang proses persalinan yang akan dijalani.

Jangan merasa takut atau malu menanyakan sesuatu yang masih bingung dan dikhawatirkan. Dengan bertanya Moms bisa menjawab kekhawatiran yang dirasakan diri sendiri.

Baca Juga : XX Tips Untuk Suami: Semangat Menemani Proses Melahirkan

Persiapkan Pikiran

3 Persiapan Mental Wajib yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Proses Persalinan

Foto: NPR

Selain memperbanyak informasi seputar persalinan, Moms juga harus mempersiapkan pikiran. Lebih tepatnya jauhkan segala hal-hal negatif yang terbayang tentang persalinan. Usahakan untuk tidak mendengarkan cerita menyeramkan tentang persalinan.

Tidak usah takut jika Moms tidak bisa melahirkan normal seperti ibu lain. Sebab setiap wanita berbeda, tubuh berbeda, bayi Moms berbeda, jadi memang tidak ada yang sama. Cobalah untuk selalu mengingat kalau persalinan Moms akan menjadi sebuah pengalaman positif yang bisa diceritakan kepada Si Kecil nanti.

Walau terlihat sulit, coba terus untuk berpikir positif ya, Moms!

Baca Juga : Segera Lakukan Hal Ini Saat Kontraksi Agar Proses Melahirkan Berlangsung Cepat

Berlatih Teknik Pernapasan

3 Persiapan Mental Wajib yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Proses Persalinan

Foto: parents

Selain itu, Moms juga bisa berlatih teknik pernapasan yang dapat membantu menenangkan saraf menjelang dan selama persalinan. Berlatih pernapasan juga membantu tubuh Moms mengendalikan rasa sakit.

Moms bisa berlatih beberapa teknik pernapasan untuk melihat mana yang paling membuat diri merasa nyaman. Sekali lagi, jangan membandingkan atau memakai teknik yang nyaman dipakai orang lain, karena belum tentu yang pas dilakukan oleh orang lain juga pas untuk Moms.

Baca Juga : 8 Pemanis Alami yang Aman Untuk Persiapan Kehamilan

(NA/KM)

Artikel Terkait