SELEBRITI
11 Februari 2020

3 Rekomendasi Film dari Sutradara Bong Joon-Ho, Tidak Kalah Seru dari Parasite!

Meski tidak seterkenal Parasite, karya-karya Bong Joon Ho lainnya sudah banyak dikenal.

Sumber: netflix.com

Artikel ditulis oleh Teti
Disunting oleh Dina Vionetta

Nama Bong Joon-Ho tengah naik daun usai membawa banyak Piala Oscar dari film terbarunya yang fenomenal Parasite.

Sutradara asal Korea Selatan ini mengantongi penghargaan untuk kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Naskah Asli Terbaik, serta Film Internasional Terbaik.

Meski tidak seterkenal Parasite, karya-karya Bong Joon Ho lainnya sudah banyak dikenal, bahkan Quentin Tarantino mengatakan kalau karya-karya Joon Ho merupakan favorit-favoritnya.

Rekomendasi Film dari Bong Joon-Ho

Mau tahu film apa saja dari Bong Joon Ho yang layak ditonton? Berikut rekomendasinya!

1. Okja (2017)

okja.jpg

Foto: instagram.com/mads.and.movies

Film ini memang tidak bisa ditonton di layar besar alias bioskop dan hanya bisa disaksikan dengan aplikasi Netflix.

Film bergenre fantasi ini mengagabungkan pemain asal Korea Selatan dan aktor serta aktris Hollywood, seperti Tilda Swinton, Paul Dano, Steven Yeun, Lily Collins, dan Jake Gyllenhaal.

Film ini berkisah tentang persahabatan seorang gadis muda bernama Mija dengan hewan babi raksasa akibat modifikasi secara genetik bernama Okja.

Sebelum Parasite, sebenarnya Okja udah sempat terlebih dulu debut di Festival Film Cannes 2017.

Dalam pemutaran di Cannes, film ini sempat menuai kontroversi karena Okja belum tayang di bioskop. Padahal aturan menyebutkan jika film yang diputar di Cannes harus lebih dulu masuk bioskop Prancis.

Namun, meski begitu film ini mendapatkan standing ovation dari para penontonnya saat diputar di festival tersebut.

Baca Juga: 5 Film Indonesia yang Tayang Bulan Februari dan Wajib Ditonton!

2. Snowpiecer (2013)

snow.jpg

Foto: instagram.com/fanatico_por_series_filmes

Film yang dibintangi Chris Evans ini merupakan film bergenre fiksi ilimiah dan aksi yang diadaptasi dari sebuah novel grafis Perancis berjudul Le Transperceneige. Snowpiercer jadi film pertama Joon-ho yang dibuat dengan bahasa Inggris.

Selain Evans, alias Captain America, film ini juga dibintangi banyak artis Hollywood seperti Tilda Swinton dan Jamie Bell. Snowpiercer jadi film pertama Joon-ho yang dibuat dengan bahasa Inggris, hasil kerja sama produksi Korea Selatan dengan Ceko.

Snowpiercer membahas mengenai kelas sosial dalam sebuah kereta bernama Snowpiercer. Kereta itu digambarkan sebagai satu-satunya tempat yang bisa ditinggali di Bumi, setelah manusia gagal memerangi global warming pada 2014.

Film ini pun juga sukses mengantarkan Joon-ho meraih penghargaan "Best Director". Salah satunya dalam ajang Asia-Pacific Film Festival 2013.

Baca Juga: 5 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Berani Nonton?

3. Mother (2009)

mother.jpg

Foto: instagram.com/gautham_nc18

Seperti film Bong Joon Ho, film bergenre thriller ini juga menyabet berbagai penghargaan dari Asian Film Award 2010 sebagai Best Film, Best Director, dan Best Screenplay. Selain itu, film ini juga berhasil menyabet Best Screenplay dari Dubai International Film Festival.

Adapun film ini berkisan tentang seorang ibu yang berusaha melindungi anaknya yang diperankan Won Bin, yang memiliki keterbelakangan mental dan dituduh melakukan pembunuhan terhadap seorang gadis.

Sang Ibu tidak percaya dan berjuang mati-matian untuk membuktikan bahwa anaknya tidak bersalah. Konflik batin dalam film ini membuat penonton sangat merasakan perasaan Sang Ibu.

Dari daftar ini, adakah yang sudah Moms tonton?

Baca Juga: Akui Sempat Menyesal Terjun ke Dunia Akting, 7 Rekomendasi Film Dian Sastro Ini Patut Ditonton!

Artikel Terkait