KESEHATAN
29 Juni 2019

3 Tanda Bahwa Moms Harus Ganti Alat Kontrasepsi

Apa saja ya?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Alat kontrasepsi adalah hal yang penting untuk dipikirkan jika memang berencana untuk mengatur jarak kelahiran antara kakak dan adik. Namun kenyataannya, memilih jenis kontrasepsi yang sesuai untuk diri sendiri bukanlah hal yang mudah.

Menurut Mary Jane Minkin, M.D., seorang profesor OBGYN klinis asal Yale Medical School menyatakan bahwa hampir setengah kelahiran bayi merupakan kehamilan yang tidak direncanakan, alias belum ada persiapan sebelumnya. Bahkan dari setengah kasus kehamilan yang tak direncanakan, sebagian besar menggunakan kontrasepsi.

Jadi untuk memastikan metode yang digunakan Moms sesuai dengan kondisi tubuh, ada 3 tanda penting yang harus diperhatikan jika sudah saatnya mengganti jenis kontrasepsi. Apa saja?

1. Pendarahan di Luar Jadwal Menstruasi

3 Tanda Bahwa Moms Harus Ganti Alat Kontrasepsi 1.jpg

Foto: todaysparent.com

Biasanya pendarahan memang akan terjadi ketika menggunakan metode kontrasepsi yang baru, namun biasanya tak akan lama. Jika terus-terusan terjadi, biasanya dokter akan memberikan obat hormon dengan dosis yang lebih tinggi.

Pendarahan seperti ini adalah hal yang wajar, namun jika Moms mengalami pendarahan berlebihan di luar jadwal menstruasi, mungkin sudah saatnya memikirkan alternatif alat kontrasepsi lain yang mungkin akan lebih sesuai dengan tubuh Moms. Selalu konsultasikan dengan dokter kandungan yang memang sudah dipercaya dan cocok.

Baca Juga: IUD, Kontrasepsi Aman untuk Wanita Tinggi Resiko Kanker Payudara

2. Perubahan Suasana Hati yang Cukup Parah Sehingga Mengganggu Aktivitas Sehari-Hari

3 Tanda Bahwa Moms Harus Ganti Alat Kontrasepsi 2.jpg

Foto: everydayhealth.com

Perubahan suasana hati atau mood swings bisa jadi masalah yang muncul jika menggunakan kontrasepsi hormonal karena kandungan progestinnya yang cukup signifikan.

Terlalu tinggi hormon progestin dalam tubuh akan membuat semacam perubahan suasana hati atau mood swings yang parah sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Jika didiskusikan dengan dokter, biasanya dokter akan menurunkan dosis progestin sehingga bisa mengendalikan perubahan suasana hati yang tak menentu.

Baca Juga: Untuk Pengantin Baru, Yuk Kenali Jenis-Jenis Alat Kontrasepsi!

3. Menurunnya Libido

3 Tanda Bahwa Moms Harus Ganti Alat Kontrasepsi 3.jpg

Foto: dissolve.com

Pil KB biasanya akan menekan ovulasi tubuh, namun masalahnya juga pil KB akan membuat ovarium menghentikan hormon testosteron dalam tubuh sehingga libido akan menurun.

Meskipun di beberapa kasus tak mengganggu kehidupan ranjang, namun tetap saja jangka panjangnya akan menjadi masalah. Jika kasusnya seperti ini, dokter biasanya akan menyarankan untuk mengganti kontrasepsi dengan hormon progestin yang lebih tinggi, seperti copper IUD.

Juga, pil KB biasanya akan membantu masalah jerawat karena menghentikan ovulasi dan testosteron. Namun jika tetap berjerawat meskipun sudah mengonsumsi pil KB, mungkin sudah saatnya Moms beralih ke jenis kontrasepsi lainnya.

(SN/IRN)

Artikel Terkait