KEHAMILAN
20 Februari 2020

3 Tips Cara Pakai Test Pack Agar Hasil Akurat

Pemeriksaan kehamilan dengan tespek punya akurasi tinggi. Ketahui cara memakainya dengan tepat!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Tes kehamilan dapat bekerja dengan mendeteksi human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon hCG merupakan hormon yang hanya ditemukan pada ibu hamil.

Hormon ini diproduksi oleh sel-sel di dalam rahim dan bertanggung jawab untuk memberi sinyal pada ovarium untuk menghasilkan estrogen dan progesteron untuk membantu pertumbuhan janin.

Kadar hCG akan terus meningkat seiring kehamilan. Ada dua cara untuk mendeteksi keberadaan hormon hCG, yaitu tes kehamilan dengan urin dan darah.

Pemeriksaan darah dapat dilakukan di laboratorium, sedangkan tes urin sangat mudah dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan test pack.

Keakuratan tes kehamilan telah meningkat selama bertahun-tahun, baik tes kehamilan urin maupun darah. Tingkat keakuratannya bahkan dapat mencapai hasil 97 hingga 99 persen!

Tentu saja, kesalahan dapat terjadi dan akurasinya sering tergantung pada bagaimana tes dilakukan.

Cara Pakai Test Pack yang Benar

Nah, karena itulah untuk mendapatkan hasil yang akurat meski memeriksakan sendiri di rumah dengan test pack, ada cara pakai test peck yang perlu Moms ikuti agar hasilnya akurat. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Ikuti Instruksi dengan Benar

Cara Pakai Tespek Agar Hasil Akurat - ikuti instruksi.jpg

Cara pakai test pack yang utama adalah pastikan Moms mengikuti instruksi dengan benar. Satu hal penting yang harus Moms lakukan sebelum mengetes kehamilan dengan test pack adalah membaca dengan seksama instruksi pemakaiannya.

Moms bisa saja mengetahuinya melalui pengalaman sendiri atau orang lain, melihat di YouTube, dan lainnya. Tapi beda tipe dan merk test pack bisa beda pula cara menggunakannya.

“Untuk Anda yang benar-benar ingin memastikannya, ini adalah bagaimana cara Anda menggunakannya dengan benar dan pastikan tanggalnya tidak kadaluarsa,” ujar Norman Tomaka, ahli farmasi in Melbourne, Florida, juru bicara American Pharmacists Association.

Ya, seperti makanan, test pack juga punya tanggal kadaluarsa! Jika sudah kadaluarsa, bahan kimia yang berperan mendeteksi hCG pada urin menjadi kurang sensitif, sehingga hasilnya dapat tidak akurat. Pastikan juga test pack aman digunakan dan sudah terdaftar, ya, Moms.

Baca Juga: Cacar Air saat Hamil Tua, Apakah Bisa Menular pada Bayi?

2. Cara Pakai Test Pack dengan Tepat

Cara Pakai Tespek Agar Hasil Akurat - cara menggunakan 1.jpg

Setelah membaca intruksi pemakaiannya, Moms bisa langsung menggunakannya. Secara umum biasanya penggunakan cara pakai test pack adalah sebagai berikut:

  • Tampung urin di dalam wadah yang bersih dan kering.
  • Masukkan test pack ke dalam wadah penampungan urin hingga ujungnya selama 10 detik.
  • Tunggu 2-3 menit untuk melihat hasilnya.

Ada juga test pack yang dapat digunakan tanpa menampung urin. Moms hanya tinggal mengucurkannya hingga membasahi alat dan hasilnya dapat terlihat. Karena itu penting, ya, Moms untuk melihat petunjuk pemakaiannya.

Baca Juga: Sakit Perut saat Menstruasi, Ini 7 Cara Mengatasinya!

3. Waktu Terbaik Melakukan Tes

Cara Pakai Tespek Agar Hasil Akurat - waktu terbaik melakukan tes.jpg

Selain cara pakai test pack harus tepat, waktu untuk pakai test pack pun tidak kalah penting. Untuk mendapat hasil tes kehamilan akurat, menurut American Pregnancy Association, Moms dapat mengeceknya setelah 1-2 minggu berhubungan intim di masa subur.

Jika hamil, tubuh Moms perlu waktu untuk meningkatkan kadar HCG yang terdeteksi. Ini biasanya memakan waktu t7-12 hari setelah implantasi telur berhasil.

Pembuahan biasanya sudah terjadi saat itu. Tapi Moms juga dapat bersabar sejenak menunggu hingga seminggu setelah terlambat datang bulan agar hasilnya lebih akurat.

Tubuh memerlukan waktu untuk menghasilkan hCG dalam jumlah cukup sehingga dapat terdeteksi. Bila kadarnya cukup tinggi, maka test pack dapat memberikan hasil yang positif.

Meski begitu, tetap ada kemungkinan terjadi kesalahan karena tubuh dapat mengeluarkan hCG lebih lambat dari rata-rata. "Setiap orang bisa berbeda-beda. Tidak ada jam biologis yang sempurna," tambah Norman Tomaka.

Ada anggapan juga yang mengatakan jika tes sebaiknya dilakukan di pagi hari untuk lebih akurat. Sebenarnya tes dapat dilakukan kapan saja, ya, Moms, tidak harus pagi hari. Namun saat pagi hari setelah bangun tidur, urin memang lebih pekat dengan konsentrasi hCG yang tinggi sehingga dapat lebih mudah terdeteksi.

Dengan kecanggihan alat test pack saat ini, pemeriksaan selain di pagi hari pun tetap dapat memberikan hasil yang akurat.

Baca Juga: Apakah Hepatitis B Memengaruhi Kesuburan?

Itulah tata cara pakai test pack yang benar agar hasilnya akurat. Selamat mencoba!

(DI/ERN)

Artikel Terkait