BALITA DAN ANAK
10 Desember 2019

3 Tips Mengatasi Biang Keringat pada Balita

Benarkah biang keringat bisa sembuh sendiri?
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms tidak perlu khawatir bila melihat ada bintik-bintik kecil dikelilingi kemerahan di beberapa bagian tubuh Si Kecil. Saat suhu udara sedang tinggi seperti sekarang ini, kemungkinan itu adalah biang keringat (istilah medisnya miliaria rubra).

Dikutip dari situs web Parents, Jody A. Levine, M.D., direktur dermatologi di Plastic Surgery & Dermatology NYC mengatakan, biang keringat pada balita bisa muncul di leher, bahu, perut, dada, punggung, ketiak, serta pangkal paha. Terkadang gejala ini diikuti rasa gatal dan perih sehingga membuat Si Kecil tidak nyaman.

Di luar negeri, biang keringat pada balita, bayi, dan anak cenderung banyak terjadi saat musim panas.

Menurut Nnenna Agim, M.D., Direktur Divisi Dermatology di Children's Health yang juga dosen di UT Southwestern, biang keringat muncul saat pori-pori kulit tersumbat oleh keringat.

“Suhu tinggi adalah pemicu munculnya biang keringat pada balita karena banyaknya keringat akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan ruam,” kata dokter Agim.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Biang Keringat pada Balita

Tips Mengatasi Biang Keringan pada Balita

Pori-pori di daerah lipatan kulit lebih mungkin tersumbat karena udara yang panas dan biasanya sering digaruk oleh anak. Itu sebabnya, bayi dan balita yang berbadan gemuk dan cenderung memiliki lebih banyak lipatan kulit lebih rentan terkena biang keringat dibandingkan anak lain.

Biang keringat pada balita juga biasanya terjadi ketika dalam cuaca panas anak memakai pakaian terlalu tertutup atau terlalu tebal, terlalu banyak beraktivitas atau kepanasan sehingga banyak berkeringat.

Bila terjadi biang keringat pada balita, Moms dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengatasi biang keringat pada balita.

1. Dinginkan Suhu Tubuh Si Kecil

Tips mengatasi biang keringat pada balita (2).jpg

Foto: 123rf.com

Cara mengatasi biang keringat pada balita yang pertama adalah dinginkan suhu tubuh Si Kecil. Saat terjadi biang keringat pada balita, Moms bisa mendinginkan suhu tubuhnya.

Moms bisa melakukan ini dengan memakaikan baju yang tidak terlalu tebal pada anak. Selain itu, bisa juga dengan menyalakan pendingin udara.

Baca Juga: Ini Cara dan Obat Alami untuk Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

2. Oleskan Losion atau Salep

Tips mengatasi biang keringat pada balita (3).jpg

Foto: momjunction.com

Cara mengatasi biang keringat pada balita yang selanjutnya adalah mengoleskan losion atau salep. Moms juga bisa menggunakan losion losion calamine atau anhydrous lanolin atau salep hidrokortison dapat membantu meringankan gatal-gatal.

Tetapi, dokter Levine mengingatkan agar Moms hanya menggunakan losion atau salep atas persetujuan dokter anak atau dokter kulit.

Hindari membeli losion atau salep dan mengoleskannya pada biang keringat anak tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Alasannya, penggunaan losion atau salep yang tidak tepat justru dapat makin menyumbat pori-pori kulit dan memperparah biang keringat pada balita dan iritasi.

Lawrence F. Eichenfield, M.D., profesor pediatri dan dermatologi di University of California, San Diego, dan kepala dermatologi pediatri dan remaja di Rady Children's Hospital-San Diego mengatakan biang keringat pada balita dapat sembuh sendiri dalam beberapa hari.

Menurut National Health Service, calamine lotion tergolong sebagai obat kelas antihistamin topical dan antipruritik yang jadi obat ampuh untuk mengatasi biang keringat, termasuk biang keringat pada balita lho Moms.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Menghilangkan Biang Keringat pada Anak dan Dewasa

3. Segera Bawa ke Dokter jika Ada Gejala Lain

Tips mengatasi biang keringat pada balita (1).jpg

Foto: momjunction.com

Cara mengatasi biang keringat pada balita yang selanjutnya adalah segera bawa ke dokter jika ada gejala lain. Meski begitu, bila tak ditangani dengan benar, biang keringat pada balita juga bisa bertambah parah.

“Moms dan Dads harus mewaspadai bagian kulit yang berwarna merah gelap dan bintiknya tampak menggelembung, berbeda dari tampilan biang keringat yang biasa,” ujar dokter Eichenfield.

Bila ruam muncul pada bagian kulit yang tidak tertutup pakaian, kemungkinan itu adalah masalah kulit yang lain. Segera bawa Si Kecil ke dokter anak atau dokter kulit bila Moms melihat gejala ini pada Si Kecil.

Itulah beberapa cara mengatasi biang keringat pada balita yang bisa Moms lakukan. Selamat mencoba!

(AN)

Artikel Terkait