TRIMESTER 3
17 Oktober 2019

3 Tips Mengatur Keuangan Sebelum Cuti Melahirkan

Dijamin tidak khawatir lagi.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Hamil memang menyenangkan. Namun, pastinya ada bagian yang cukup menyulitkan. Salah satunya adalah mengatur keuangan sebelum cuti melahirkan dengan pengeluaran yang lebih besar untuk popok, tisu , pakaian, perlengkapan, dan hal-hal yang makin banyak.

Oleh karena itu, yuk, Moms. Ikuti tips mengatur keuangan sebelum cuti melahirkan ini.

1. Anggarkan Dana Bulanan Terbaru

3 Tips Mengatur Keuangan Sebelum Cuti Melahirkan 01.jpg

Foto: pixabay.com

Margaret Magnarelli, asisten editor pelaksana di majalah Money dan penulis buku teks Per$onal Finance, menyarankan menggunakan program seperti Quicken atau Mint untuk melacak pengeluaran bulanan.

Selain biaya rutin seperti listrik, rumah, air, dan lain-lain, Magnarelli menyarankan ibu untuk langsung menganggarkan pengeluaran baru seperti popok, tisu, dan susu formula.

Suze Orman, guru keuangan, penulis, dan pembawa acara The Suze Orman Show di CNBC, menekankan bahwa perlu mencari tahu persis berapa banyak anggaran yang akan dibutuhkan setiap bulan yang kini jauh berbeda dari pengeluaran sebelum cuti melahirkan.

"Periksa setiap uang yang telah dikeluarkan, tagihan yang dipasang di kartu kredit, dalam 12 bulan terakhir," kata Orman.

"Itu akan memberi tahu rata-rata jumlah uang yang benar-benar dihabiskan setiap bulan," jelas Orman.

Baca Juga: Agar Uang Bulanan Tidak Bocor, Ini Dia 11 Tips Hemat Jalan-Jalan ke Mal

2. Berapa Banyak yang Harus Ditabung sebelum Cuti?

3 Tips Mengatur Keuangan Sebelum Cuti Melahirkan 02.jpg

Foto: pixabay.com

Ibu hamil perlu menyimpan uang selama berbulan-bulan sesuai rencana melahirkan, serta dana darurat delapan bulan, menurut Orman, karena apa pun bisa terjadi: komplikasi medis untuk ibu atau bayi yang mungkin mahal dan mencegah kembali bekerja, serta hal tidak terduga lainnya.

Setelah memiliki jumlah total tabungan yang diperlukan, timbang pengeluaran yang terhadap pendapatan rumah tangga yang diharapkan selama periode waktu ini untuk melihat apakah akan mengalami kekurangan.

Jika demikian, ambil defisit ini dan bagilah dengan bulan-bulan yang tersisa sebelum melahirkan. Itu jumlah yang harus ditabung setiap bulan.

Baca Juga: 20 Kegiatan Produktif yang Bisa Dilakukan Saat Cuti Melahirkan

3. Buka Rekening Tabungan Baru untuk Dana Darurat

3 Tips Mengatur Keuangan Sebelum Cuti Melahirkan 03.jpg

Foto: pixabay.com

Cara terbaik untuk membantu menghemat uang adalah dengan membuat akun baru yang langsung, yang langsung disetorkan saat gaji masuk saat masih bekerja.

"Simpan dana darurat ini di bank untuk kepentingan tidak terduga," tutup Magnarelli.

Nah, Moms, itulah tips mengatur keuangan untuk menyongsong masa cuti melahirkan. Dengan mengikutinya, Moms bisa menanggalkan rasa khawatir Moms tentang kehabisan uang di masa cuti melahirkan.

Baca Juga: Raisa Siap Comeback, Ini 4 Cara Kembali Semangat Kerja Setelah Cuti Melahirkan

(TPW)

Artikel Terkait