KESEHATAN
16 Oktober 2019

3 Tips Menghilangkan Fobia Sendiri yang Bisa Meringankan Moms

Tapi, jangan lupa untuk konsultasi ke dokter apabila mengganggu
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Susahnya hidup dengan fobia. Saat mendengar sesuatu yang jadi ketakutannya, seseorang bisa cemas dan pingsan.

Karenanya Moms, orang yang memiliki fobia harus mencari cara untuk mengatasi ketakutannya terhadap objek atau situasi tertentu; terutama jika objek yang ditakuti adalah objek atau situasi yang akan ditemui sehari-hari. Sebutlah nasi, buah atau sayuran, keramaian, dan lain-lain.

Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia? Tentu ada. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi fobia.

Baca Juga: Fobia Ketinggian, Bisakah Diatasi?

1. Hadapi Fobia Perlahan

nintchdbpict000350478163.jpg

Foto: thesun.co.uk

Menghindari hal yang ditakuti adalah hal yang wajar. Namun, untuk mengatasi fobia, kita perlu belajar menghadapinya.

Paparan adalah salah satu cara paling efektif untuk mengatasi ketakutan kita. Selama proses paparan, kita akan belajar untuk keluar dari kecemasan dan ketakutan karena fobia yang dimiliki.

Misalnya, Moms fobia terbang dengan pesawat. Untuk menghadapinya, coba pilih penerbangan dengan waktu tempuh yang paling singkat. Mintalah keluarga atau sahabat untuk menemani. Pilih juga maskapai yang paling dipercaya. Baru setelah itu Moms bisa pelan-pelan mencoba penerbangan yang waktu tempuhnya lebih lama, misalnya dua jam.

Baca Juga: Tak Sama, Kenali Perbedaan Fobia dan Trauma

Mempelajari Teknik Relaksasi

5 Kebiasaan Ini Cocok Untuk Menenangkan Pikiran dan Relaksasi Saraf.jpg

Mencoba untuk mengatasi fobia tidak mudah. Paparan sederhana seperti foto objek yang ditakuti kadang bisa membuat jantung berdebar-debar dan napas ngos-ngosan.

“Saat kita terbebani saat menghadapi fobia, segera mundur dan gunakan teknik relaksasi untuk menenangkan diri. Belajar menenangkan diri bisa membuat kita lebih percaya diri dan lebih siap menghadapi ketakutan,” kata Barbara Cox, seorang psikolog yang berbasis di San Diego.

Tips relaksasi yang dapat dilakukan:

  • Duduk atau berdiri dengan nyaman dengan punggung lurus. Letakkan satu tangan di dada dan yang lainnya di perut.
  • Ambil napas perlahan melalui hidung, hitung sampai empat. Tangan di perut harus sampai naik. Tangan di Anda harus bergerak sangat sedikit.
  • Tahan napas sampai hitungan ketujuh.
  • Buang napas melalui mulut dalam hitungan kedelapan, mendorong udara keluar sebanyak yang kita bisa saat menghela napas. Tangan di perut harus bergerak saat mengembuskan napas, tapi tangan kita yang lain harus bergerak sangat sedikit.
  • Tarik napas lagi, ulangi siklus ini sampai Anda merasa rileks dan fokus.

“Latih teknik pernapasan dalam ini selama lima menit dua kali sehari. Setelah Anda merasa nyaman dengan teknik ini, Anda bisa mulai menggunakannya saat mengatasi fobia Anda,” tegas Dr Cox.

Tantang Pikiran Negatif

anxiety.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Saat memiliki fobia, kita cenderung melebih-lebihkan seberapa buruknya menghadapi situasi yang Anda takuti. Pada saat bersamaan, kita meremehkan kemampuan kita untuk mengatasi fobia tersebut. Karena itu, cara untuk mengatasinya adalah dengan menantang pikiran negatif.

“Apakah hal yang ditakuti pernah benar-benar terjadi? Apakah situasi atau objek tertentu akan membuat kita celaka? Begitu seterusnya dengan pertanyaan lain yang berkaitan dengan pikiran negatif kita,” tandas Dr Cox

Jika jawabannya adalah “tidak” atau “belum tentu”, maka kita perlu mengubah pikiran dengan, “Saya akan baik-baik saja,” atau pikiran positif lainnya. Hal ini akan membantu mengurangi ketakutan dan kecemasan Anda saat mengatasi fobia.

Baca Juga: 5 Artis Lokal yang Punya Fobia Unik, Siapa Saja Ya?

Nah, Moms, itulah cara-cara mengatasi fobia. Kalau Moms, pernah mencoba yang mana?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait