FASHION & BEAUTY
13 Juli 2019

3 Tips Penting Memilih Bra untuk Anak Perempuan yang Baru Puber

Dukung aktivitas anak dengan bra yang tepat
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Bagi para gadis yang mulai beranjak remaja, bra bisa dianggap sebagai benda yang membingungkan atau sesuatu yang tidak nyaman untuk digunakan, apalagi saat pertama kali menggunakannya.

Namun saat putri Moms sudah memasuki masa pubertas, ini artinya Moms harus mulai membelikan bra untuknya. Tugas kita adalah membantu mereka mendapatkan bra dengan ukuran yang tepat dan pastinya nyaman untuk digunakan.

"Umur rata-rata di mana anak mulai harus menggunakan bra adalah di usia 11 tahun. Namun ada juga yang mulai menggunakan bra di usia 9 tahun, bahkan di usia 14 tahun,” ucap Maria Law, salah satu pendiri Sweetling.co.uk, sebuah perusahaan yang mendesain dan membuat bra pertama yang nyaman untuk anak perempuan.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Payudara dan Bra

Selain itu, bra tidak hanya harus nyaman saja, tetapi juga modis dan tidak ketinggalan jaman. Agar tidak salah pilih, yuk Moms coba lihat bagaimana cara tepat memilih bra untuk anak perempuan Moms yang baru saja puber.

1. Bahan yang Nyaman

3 Tips Penting Memilih Bra untuk Anak Perempuan yang Baru Puber 01.jpg

Foto: skafa.fe

Model bra yang lucu dengan motif yang menarik seringkali menjadi daya tarik tersendiri bagi para Moms atau remaja yang hendak memilih bra. Padahal hal terpenting yang seharusnya diperhatikan adalah bahan dari bra yang akan dibeli.

"Kenyamanan adalah hal paling utama yang harus diperhatikan saat membeli bra pertama kali,” ungkap Sophie Law, yang juga berasal dari Sweetling.

Motif dan desain memang perlu, namun yang terpenting adalah memastikan bahwa bahan bra yang digunakan nyaman. Untuk penggunaan sehari-hari, sebaiknya pilih bra yang terbuat dari bahan katun dan dapat menyerap keringat.

2. Pastikan Ukurannya Sesuai

3 Tips Penting Memilih Bra untuk Anak Perempuan yang Baru Puber 02.jpg

Foto: goodtoknow.co.uk

Penting bagi Moms untuk memastikan ukuran bra yang akan dibeli sesuai dengan ukuran payudara anak kita. Caranya tentu dengan mengukur payudara anak. Tidak ada standar yang tepat dalam hal ukuran bra. Payudara akan semakin bertumbuh seiring dengan bertambahnya berat badan anak.

Yang harus Moms ukur saat akan membelikan anak bra pertama adalah mengukur lingkar dada di bagian bawah payudara. Selanjutnya, ukur bagian samping (di bawah ketiak), hingga kebagian tengah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui?

Namun ingat, jangan sampai bra yang dibeli terlalu pas hingga mendekati sempit ya Moms. ada baiknya beli ukuran yang sedikit longgar, agar payudara juga bisa mendapatkan udara untuk bernapas.

3. Bentuk Bra yang Pas

3 Tips Penting Memilih Bra untuk Anak Perempuan yang Baru Puber 03.png

Foto: designmom.com

Dalam memilih bra untuk anak perempuan, Moms jangan lupa untuk memperhatikan bentuk bra yang akan dibeli. Hal ini seringkali dilupakan, padahal penting untuk mendapat bentuk yang pas.

Bra memang dirancang untuk menyokong payudara agar memiliki bentuk yang bagus. Sayangnya tidak semua bra mampu melakukan hal ini. Untuk itu, Moms harus memperhatikan tali bra, bahan bra, dan kawat di bagian bawah bra, apakah tepat atau tidak.

Baca Juga: Tips Lengkap Memilih Bra yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Itulah beberapa langkah yang harus Moms lakukan agar dapat memilih bra untuk anak perempuan kita dengan tepat. Bra yang tepat, akan membantu anak beraktivitas dengan optimal.

Artikel Terkait