KESEHATAN
11 Juli 2019

3 Hal yang Wajib Diwaspadai dari Kopi Susu Kekinian

Meski rasanya enak, kopi susu berbahaya bagi kesehatan lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setelah minuman boba, minuman dengan campuran brown sugar, dan makanan-makanan kekinian lainnya, kini masyarakat Indonesia tengah heboh dengan kopi susu kekinian yang mulai menjamur dengan berbagai macam nama unik.

Bahkan minuman kopi susu ini hadir dengan berbagai macam rasa unik sebagai inovasi terbarunya. Ada minuman kopi susu dengan tambahan rum yang menawarkan rasa unik, kopi susu dengan campuran pandan, kopi susu dengan campuran rasa tiramisu, dan masih banyak lagi.

Meskipun rasanya enak dan membuat ketagihan, sebenarnya mengonsumsi kopi susu terlalu sering tidak baik lho Moms. Ada banyak bahaya kopi susu bagi kesehatan, yang mengintai tubuh kita jika mengonsumsi kopi susu secara rutin.

Agar kita dapat lebih waspada, yuk cari tahu apa saja bahaya kopi susu bagi tubuh kita, Moms.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kopi Susu Hits di Jakarta, Sudah Coba?

1. Diabetes

kopi susu, bahaya kopi susu

Foto: medicalnewstoday.com

Kopi susu biasanya memiliki kadungan gula lebih banyak dari minuman lainnya. Hal ini dikarenakan walaupun telah dicampur dengan susu yang memiliki rasa manis, tidak jarang beberapa gerai menambahkan lagi cairan gula, untuk mempermanis rasa kopi susu yang disajikan.

Ini bisa menjadi salah satu bahaya kopi susu. Terlalu banyak gula inilah yang berbahaya bagi kita penikmat kopi susu. Seperti yang kita ketahui, diabetes merupakan penyakit kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal.

“Kita harus memilih makanan yang akan kita konsumsi dengan bijak. Kuncinya, memilih makanan sehat dan dengan porsi semampu kita, antara berat badan dan tingkat gula darah,” ujar Emmy Suhl dari Joslin Diabetes Center di Boston.

Jadi bukan tidak mungkin, jika banyak mengonsumsi kopi susu, maka akan memicu timbulnya diabetes dalam tubuh.

2. Menghilangkan Nilai Gizi

Kopi susu adalah minuman kopi yang dicampur dengan susu. Meski nikmat di lidah, campuran ini justru bisa menurunkan nilai gizi dari susu tersebut. Kandungan tanin pada kopi mampu mengikat zat besi yang ada di dalam susu. Alhasil, mendapatkan zat besi dari kopi susu tidak akan kita dapatkan.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan Tren! Coba Kopi Susu, Liwetan, dan Unicorn di Restoran Ini

3. Berkurangnya Kadar Kalsium dalam Susu

kopi susu, bahaya kopi susu

Foto: pinchofyum.com

Kopi yang dicampur dengan susuakan menghilangkan sebanyak 10 persen kadar kalsium yang terkandung dalam susu.

Bagi kita yang mungkin ingin menjaga kesehatan tulang dengan cara berbeda, yaitu minum kopi susu, berkurangnya kadar kalsium akan berpengaruh besar pada kesehatan tubuh. Hal inilah yang kemudian menjadi bahaya kopi susu bagi tubuh kita.

Itulah beberapa bahaya kopi susu yang akan kita temui jika sering mengonsumsi kopi susu. Namun jika Moms hanya sesekali meminumnya sebagai selingan saja, rasanya tidak apa-apa.

Artikel Terkait